Sponsors Link

15 Buah untuk Penderita Ginjal dan Diabetes yang Wajib Dikonsumsi

Sponsors Link

Penyakit ginjal dan diabetes tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Diabetes menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami gagal ginjal. Jika Anda menderita salah satu atau bahkan kedua penyakit ini, Anda harus menjalani diet sehat yang dianjurkan oleh dokter. Diet sehat ini tentu saja meliputi berbagai pantangan makanan penderita ginjal serta jenis-jenis makanan sehat untuk ginjal dan diabetes apa saja yang baik untuk dikonsumsi.

ads

Untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang, penderita ginjal dan diabetes harus mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna. Buah adalah jenis makanan yang tetap dibutuhkan oleh penderita ginjal dan penderita diabetes. Namun tidak semua jenis buah boleh dikonsumsi oleh penderita kedua penyakit tersebut. Berikut adalah jenis buah yang boleh dikonsumsi penderita ginjal dan diabetes:

1. Apel

Buah apel memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat mengonsumsi buah apel antara lain adalah mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, menurunkan berat badan, dan menjaga kesehatan ginjal. Apel adalah buah yang tidak mengandung banyak gula sehingga aman untuk dimakan penderita diabetes. Tentu saja apel harus dikonsumsi dalam jumlah wajar sesuai anjuran dokter dan tidak berlebihan. Bagi penderita ginjal dan diabetes, disarankan mengonsumsi separuh buah apel per hari. Namun jika Anda penderita gagal ginjal akut atau gagal ginjal kronis, buah apel harus dihindari karena kandungan air pada buah apel akan memberatkan kerja ginjal dan memperparah kerusakan organ ginjal.

2. Ceri

Buah berwarna merah dengan ukuran sebesar kelereng ini ternyata tinggi kandungan anti oksidan dan memiliki sifat anti inflamasi. Satu buah ceri memiliki kandungan potassium dan fosfor yang sangat rendah sehingga tidak berbahaya bagi penderita ginjal dan diabetes. Selain itu, buah ceri tidak mengandung banyak protein dan mampu mengurangi jumlah kalium dalam tubuh. Buah ceri sangat baik untuk kesehatan ginjal dan tidak akan memicu naiknya gula darah pada penderita diabetes.

3. Raspberry

Salah satu buah yang sangat baik untuk penderita sakit ginjal adalah raspberry. Buah ini mengandung phytonutrient dan asam ellagic yang baik untuk ginjal. Kedua zat itu bisa mencegah ginjal dari kerusakan karena mampu melawan radikal bebas yang ada di tubuh dan mencegah kerusakan sel-sel yang sehat di dalam tubuh. Selain itu, raspberry juga ampuh membunuh sel kanker. Berbagai kandungan vitamin yang ada dalam buah raspberry adalah flavonoid, vitamin C, serat, folat, dan vitamin B. Konsumsi buah raspberry tentu tidak boleh berlebihan dan harus sesuai dengan anjuran dokter.

4. Blueberry

Buah berry berwarna biru ini memiliki rasa yang lezat jika diolah menjadi selai dan bahan makanan yang lainnya. Buah ini ternyata tidak hanya memiliki rasa yang lezat, tetapi juga kaya manfaat untuk kesehatan ginjal. Dalam blueberry terdapat kandungan anti oksidan yang bernama anthocyanidis. Warna biru pada buah blueberry juga dihasilkan oleh zat ini. Selain dapat menjaga kesehatan ginjal, memakan buah blueberry juga bisa menjaga kekuatan tulang.

5. Stroberi

Masih dari keluarga buah berry, stroberi juga sangat baik untuk kesehatan ginjal. Kandungan zat yang ada dalam buah stroberi adalah dua jenis fenol yakni anthocyanidis dan ellagitanins yang baik untuk pembentukan sel-sel dalam tubuh sekaligus sebagai anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Warna merah pada buah stroberi dihasilkan oleh kedua zat fenol tersebut dan mampu mencegah kerusakan oksidatif dalam tubuh. Stroberi memiliki sifat anti inflamasi untuk mencegah peradangan serta sumber serat dan vitamin C alami yang baik untuk tubuh.

Sponsors Link

6. Buah berry yang lain

Keluarga buah berry tidak hanya ada strawberry, raspberry, dan blueberry saja. Masih ada cranberry, redberry, dan lain sebagainya yang punya manfaat sama baiknya untuk organ ginjal. Semua buah berry memiliki kandungan anti oksidan dan anti inflamasi yang tinggi. Kedua zat tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan organ ginjal. Jadi bagi penderita penyakit ginjal dan diabetes, tidak usah khawatir karena kandungan dalam buah berry tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh. Bagi penderita saluran kemih, buah berry bisa meningkatkan fungsi kandung kemih Anda.

7. Anggur merah

Anggur merah adalah satu buah untuk penderita ginjal dan diabetes. Sama dengan apel, buah ini dapat melakukan detoksifikasi pada tubuh, yakni mengeluarkan semua racun dan kotoran dari dalam tubuh. Namun karena buah anggur merah memiliki banyak kandungan air, konsumsinya harus dibatasi agar tidak memberatkan kerja ginjal.

ads

8. Kiwi

Buah berwarna hijau yang satu ini adalah buah untuk penderita ginjal dan diabetes karena kandungan yang dimilikinya. Kandungan nutrisi yang ada di buah kiwi adalah vitamin C, potassium, dan serat yang baik untuk penderita diabetes. Serat akan mencegah naiknya kadar gula dalam darah dan menjaganya untuk tetap stabil. Sementara vitamin C dan potassium dapat mencegah terjadinya komplikasi akibat diabetes seperti penyakit ginjal dan penyakit jantung.

9. Pir

Buah pir juga baik untuk penderita diabetes karena tidak mengandung banyak gula. Kadar vitamin K pada buah ini mampu memenuhi kebutuhan vitamin harian untuk penderita diabetes. Namun karena kandungan air pada buah pir cukup banyak, penderita ginjal harus mengontrol porsi buah pir yang dimakan.

10. Jeruk

Jeruk memiliki kandungan fenolik asam, flavanon, dan flavonol yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Pada penderita diabetes, satu buah jeruk per hari bisa mencukupi kebutuhan harian vitamin C. Selain itu, kandungan folat dan kalium dalam jeruk akan menjaga keseimbangan tekanan darah. Buah jeruk mampu memperlambat laju glukosa dalam usus dan hati, serta memperlambat kenaikan kadar glukosa dalam darah. Namun konsumsi buah jeruk dibatasi dan sesuai dengan anjuran dokter.

11. Jambu Merah

Buah jambu merah adalah buah untuk penderita diabetes dan ginjal. Buah ini mengandung banyak vitamin A dan vitamin C yang aman bagi penderita diabetes. Dengan memakan buah ini, buang air besar akan menjadi lancar karena jambu biji mengandung serat yang tinggi. Penderita diabetes memang sering kali mengalami sembelit karena batasan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh.

12. Semangka

Kandungan kalium dalam semangka baik untuk meningkatkan fungsi ginjal dan menjaga kestabilan kadar asam urat dalam darah. Memakan buah ini dapat menghindarkan ginjal dari kerusakan, terutama jika kerusakan tersebut adalah komplikasi dari diabetes. Buah semangka juga mengandung lycopene yang bisa mengurangi efek yang timbul dari kerusakan saraf yang sering menyerang penderita diabetes.

13. Persik

Buah persik memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk penderita diabetes dan ginjal. Kandungan yang ada di dalamnya adalah vitamin A, B, C, kalsium, zat besi, fosfor, dan kalium. Buah ini bisa mengatasi berbagai penyakit seperti infeksi kandung kemih, batu ginjal, hipertensi, gangguan pencernaan, asam lambung, asma, dan anemia.

Sponsors Link

14. Buah Naga

Buah naga adalah sumber nutrisi yang baik untuk penderita diabetes. Kandungan vitamin C, vitamin B, kalsium, dan zat besi yang tinggi pada buah naga sangat baik untuk meningkat sistem imun pada penderita diabetes. Manfaat lain yang bisa didapatkan dari buah naga adalah menjaga kadar gula dalam darah, mengatasi susah buang air besar, dan mencegah kanker pada saluran pencernaan.

15. Aprikot

Buah aprikot adalah makanan yang baik untuk penderita diabetes. Aprikot adalah sumber vitamin A alami yang dibutuhkan oleh penderita diabetes. Memakan 1 buah aprikot sama saja dengan memenuhi lebih dari 50 persen kebutuhan vitamin A harian. Vitamin A adalah nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata penderita diabetes.

Itulah berbagai buah untuk penderita ginjal dan diabetes. Konsumsi buah-buahan ini harus dalam batas wajar dan di bawa pengawasan dokter. Konsumsi buah yang berlebihan tidak akan mendatangkan banyak manfaat, namun justru menurunkan kondisi kesehatan penderita ginjal dan diabetes. Makan makanan bergizi yang termasuk dalam makanan untuk penderita ginjal dan diabetes yang menyehatkan.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan