Sponsors Link

5 Buah Untuk Ginjal Bengkak yang Wajib Dikonsumsi

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu organ yang penting dalam proses ekskresi manusia yang berfungsi sebagai penyaring sisa kotoran dan toksin yang ada di dalam darah lalu dibuang bersama dengan sisa cairan tubuh lainnya dalam bentuk air urine. Nantinya urine akan disalurkan ke kandung kemih melewati ureter yang ditampung hingga anda merasa ingin buang air kecil. Hal tersebut akan terganggu apabila terjadi adanya hambatan atau penyumbatan di dalam saluran ureter. Urine yang harusnya dibuang tidak akan keluar atau bisa saja kembali naik ke dalam ginjal. Hal tersebut menyebabkan ginjal mengalami bengkak.

ads

Ginjal bengkak atau biasa disebut hidruonefrosis adalah sebuah kondisi yang menunjukkan adanya penumpukkan urine di salah satu atau kedua ginjal manusia. Ginjal bengkak disebabkan karena urine yang tidak bisa keluar dengan lancar ke kandung kemih untuk kemudian dibuang.

Kondisi ini dapat dialami di sa;ah satu ginjal saja atau biasa disebut dengan hidronefrosis unilateral ataupun pada kedua ginjal atau disebut dengan hidronefrosis bilateral. Normalnya, ginjal bengkak dialami oleh orang dewasa. Namun, tidak menutup kemungkinan balita dapat mengalami penyakit ini mengingat pada saat bayi ada di dalam kandungan, kondisi ini sudah dapat diketahui dengan cara USG.

Gejala penyakit ginjal bengkak salah satunya adalah meningkatnya keinginnan untuk buang air kecil dan juga beser atau sering buang air kecil. Jika sudah masuk ke tahap ginjal bengkak yang parah, akan muncul gejala seperti mual, muntah, demam, urine yang tidak keluar seluruhnya, nyeri saat buang air kecil dan nyeri di bagian perut atau panggul.

Maka dari itu, bagi penderita nya akan diberikan beberapa pantangan ginjal bengkak agar kondisi ginjalnya yang sedang bengkak tidak semakin parah dan perlahan sembuh seperti semula. Sebaliknya, seorang penderita ginjal bengkak harus tahu makanan dan buah untuk ginjal bengkak yang aman dan mengobati kondisi ginjal agar cepat kembali sehat. Untuk itu, mari simak barsama-sama dibawah ini terdapat beberapa daftar buah untuk ginjal bengkak yang menyehatkan dan mudah ditemukan di sekitar anda:

1. Anggur Merah

Pada dasarnya semua jenis anggur memiliki mnafaat yang tinggi untuk tubuh anda khususnya pada bagian ginjal. Anggur mengandung beberapa vitamin dan mineral yang berguna untuk ginjal seperti Kalium, Natrium, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B6, Zat Besi, Kalori, Kalsium dan lainnya. Beberapa vitamin dan mineral pada anggur yang sudah disebutkan diatas dapat melakukan aksi pembersihan atau detoksifikasi pada ginjal anda yang penih dengan kotoran atau racun yang menumpuk dan sulit untuk dihancurkan dan dibuang bersama urin.

Namun, ada hal yang harus diperhatikan untuk mengonsumsi salah satu buah untuk ginjal bengkak satu ini, yaitu pembatasan pengonsumsian buah anggur. Anda hanya diperbolehkan mengonsumsi sebganya dua sampai tiga buah saja setiap harinya mengingat anggur adalah salah satu buah yang mengandung kadar air tinggi.

2. Apel

Buah dengan warna merah ini adalah salah satu buah yang mudah didapatkan dimanapun anda berada. Apel sendiri memiliki abnyak vitamin dan mineral seperti kalori, Vitamin A, Vitamin C, Magnesium, Kalium, Natrium dan lain lain yang mampu mendukung ginjal dalam hal membersihkan ginjal dan membantu ginjal lebih lancar dalam proses pengeluaran racun didalamnya. Sehingga ginjal tidak memiliki kemungkinan untuk bengkak jika anda rajin mengonsumsi buah ini.

Sponsors Link

Perlu diingat bahwa dalam mengonsumsi buah apel hendaknya dibatasi cukup separuh dari satu buah apel saja setiap harinya karena apel mengandung banyak air.

3. Cerry

Buah untuk ginjal bengkak satu ini memiliki bentuk yang kecil, mini, berwarna merah dan punya rasa yang unik karena memiliki campuran rasa manis dan asam yang berbeda. Cerry mengandung beberapa zat penting seperti anti-oksidan yang antinya mampu melindungi ginjal dari serangan bakteri dan virus penyebab ginjal bengkak dan kanker. Selain itu, ceri memiliki zat yang bertindak sebagai anti inflamasi yang melindungi ginjal dari radang ginjal yang berlebih akibat bengkaknya ginjal yang ana miliki.

ads

4. Strawberry

Buah berwarna merah segar ini menjadi salah satu buah untuk ginjal bocor yang cocok untuk dikonsumsi. Selain memiliki rasa manis asam yang menyegarkan dan enak, strawberry memiliki dua buah zat yang berperan sebagai anti inflamasi yang bernama anthocyanin dan ellagitannins. Zat anthocyanin adalah salah satu zat yang memberikan warna merah pada strawberry dan memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi yang mampu membantu melindungi struktur sel pada bagian ginjal anda serta mencegah terjadinya kerusakan yang bersifat oksidatif.

Strawberry juga memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi serta serat pangan yang mampu memberikan perlindungan pada beberapa organ di dalam tubuh seperti jantung dan ginjal. Terakhir, strawberrry dibekali zat anti-kanker yang akan mencegah virus dan bakteri penyebab kanker dalam ginjal.

5. Raspberry

Buah yang masih satu rumpun dengan strawberry ini memiliki kandungan phytonutrient  yang mammpu melindungi ginjal dari kerusakan dan menetralkan segala macam virus dan racun yang ada di ginjal. Selain itu, buah yang termasuk berry-berry an ini juga memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas dan mecegah adanya kerusakan sel pada ginjal.

6. Manggis

Rata-rata orang memiliki pengetahuan mengenai khasiat buah manggis untuk ginjal yang sangat minim sehingga mereka sering mengabaikan buah ginjal ini. Buah manggis  mengandung zat zanthones yang mampu meredakan pembangkakak pada ginjal, mengobati infeksi dan juga sebagai penghancur batu ginjal alami. Selain buahnya, manggis juga memiliki banyak khasiat untuk ginjal pada bagian kulitnya. Jika kulitnya dikeringkan dan diseduh menjadi teh atau ditumbuk dan diminum sebagai obat, anda akan mendapatkan tambahan anti oksidan di dalam tubuh.

Selain macam-macam buah diatas, terdapat makanan dan bahan lainnya yang memiliki efek yang baik bagi ginjal bengkak yang anda miliki. Jika dikonsumsi secara teratur kualitas ginjal anda akan membaik dan meningkat seiring berjalannya waktu. Makanan yang baik untuk ginjal tersebut diantaranya:

  1. Ikan
  2. Minyak Zaitun
  3. Yoghurt
  4. Kubis
  5. Labu
  6. Aneka rempah-rempah alami
  7. Bawang merah
  8. Paprika Merah
  9. Bawang Putih
  10. Kecambah
    Sponsors Link

  11. Bayam
  12. Putih Telur
  13. Wortel
  14. Lobak
  15. Jahe
  16. Kunyit
  17. dan lainnya.

Itulah diatas macam-macam buah untuk ginjal bengkak yang sangat disarankan dan wajib dikonsumsi oleh penderitanya. Selain itu, rata-rata buah diatas adalah buah yang mudah ditemui dan dapat dibeli dengan harga yang terjangkau dibanding harus berobat ke dokter dan menggunakan obat kimia secara berlebihan dan merogoh kocek anda lebih dalam. Dalam hal ini, anda cukup rajin mengonsumsi makanan sehat untuk ginjal dan minuman pembersih ginjal. Anda juga harus menghindari macam-macam  kebiasaan yang bisa merusak ginjal  agar penyakit ginjal bengkak anda tidak kambuh kembali dan mungkin akan menjadi semakin parah dengan muncul penyakit lainnya seperti infeksi ginjal, hematuria , dan kista ginjal polikistik.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman