Sponsors Link

9 Buah untuk Batu Ginjal yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang rentan terkena penyakit. Penyakit yang bisa muncul pada ginjal diantaranya adalah batu ginjal. Penyakit batu ginjal dapat muncul karena konsenterasi mineral yang ada di dalam ginjal menyebabkan terbentuknya batu yang dapat menyumbat ureter. Penyebab penyakit batu ginjal pada pria mirip dengan penyebab penyakit batu ginjal pada wanita. Diantara penyebab-penyebab tersebut adalah kurangnya minum air putih dan terlalu banyak memakan-makanan yang tidak sehat, terutama makanan yang mengandung kalsium oksalat. Kalsium oksalat merupakan salah satu dari jenis jenis batu ginjal yang paling banyak ditemukan pada penderita batu ginjal. Kita patut waspada jika muncul gejala batu ginjal pada pria maupun gejala batu ginjal pada wanita seperti seringnya buang air kecil dan rasa sakit ketika buang air kecil.

ads

Cara terbaik untuk mencegah ataupun meredakan penyakit batu ginjal adalah dengan mengubah pola hidup yang lama menjadi pola hidup sehat. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk batu ginjal. Ada banyak makanan-makanan di luar sana yang baik untuk batu ginjal. Salah satunya adalah buah-buahan. Berikut akan dibahas buah untuk batu ginjal yang menyehatkan.

1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang mengandung magnesium. Penderita batu ginjal sering dihubungkan dengan kurangnya magnesium. Magnesium dapat membantu mencegah kalsium untuk menyatu dengan oksalat yang dapat memicu pembentukan batu kalsium oksalat. Jika konsumsi Anda terlalu banyak dan tidak diimbangi dengan magnesium, maka kemungkinan besar kalsium tidak dapat terserap dengan baik dan akhirnya menggumpal membentuk batu ginjal.

2. Pear

Buah untuk batu ginjal lainnya yang baik untuk kesehatan yaitu buah pear. Buah pear baik dikonsumsi oleh penderita gatu ginjal karena mengandung elemen-elemen yang dapat membantu memecah asam pembentuk batu ginjal.

3. Semangka

Semangka juga merupakan salah satu buah untuk batu ginjal yang baik untuk dikonsumsi. Semangka dapat melakukan detoksifikasi di dalam tubuh.

4. Jeruk

Di dalam jeruk terdapat kandungan sitrat. Kandungan sitrat yang ada di dalam buah jeruk dapat mencegah pembentukan batu ginjal yaitu dengan cara menambah sitrat dan mengurangi tingkat keasaman pada urin.

5. Delima

Biji buah delima kaya akan kandungan potasium. Potasium berguna untuk mencegah pembentukan mineral kristal yang nantinya akan berkembang menjadi batu ginjal. Astrigen yang ada pada buah delima juga berguna untuk membuang racun di dalam ginjal dan menurunkan tingkat keasaman urin.

Sponsors Link

6. Lemon

Lemon memiliki konsenterasi sitrat yang tertinggi dibanding buah lainnya.Meminum jus lemos setiap hari terbukti mampu mengurangi tingkat pembentukan batu ginjal. Senyawa hydroxycitrate yang terkandung dalam lemon dapat mencairkan kristal kalsium oksalat. Lemon paling baik dikonsumsi bersama minyak zaitun, karena minyak zaitun berperan dalam mendorong batu ginjal dari ureter menuju kandung kemih.

7. Melon

Jumlah garam potasium di dalam buah melon sangat tinggi, sehingga dapat membantu dalam mengatur tingkat keasaman urin. Cobalah minum jus melon ditambah dengan seperempat sendok teh bubuk ketumbar. Ramuan ini dapat membantu membersihkan ginjal dan menyingkirkan batu ginjal – batu ginjal berukuran kecil. Dianjurkan untuk meminum ramuan ini dua sampai tiga kali sehari untuk hasil maksimal.

8. Kurma

Kurma mengandung serat yang cukup tinggi. Serat ini mampu menurunkan resiko pembentukan batu ginjal. Kurma juga mengandung magnesium yang baik untuk pembersihan ginjal. Cara terbaik dalam mengkonsumsi kurma untuk penyembuhan batu ginjal adalah dengan merendamnya di dalam air selama semalam, lalu dikonsumsi dengan terlebih dahulu membuang bijinya.

9. Cranberi

Cranberi adalah buah yang berasal dari tumbuhan rawa di Amerika utara. Bentuk tumbuhannya adalah belukar. Buahnya mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Meminum jus cranberi dapat meningkatkan magnesium dan sitrat di dalam urin.

Sponsors Link

Tidak semua buah baik untuk kesehatan ginjal dan dapat mengurangi resiko penyakit batu ginjal. Ada juga buah – buahan yang justru dapat memperbesar resiko pembentukan batu ginjal. Biasanya karena di dalam buah ini mengandung oksalat yang cukup tinggi. Berikut adalah beberapa buah yang perlu dihindari demi mencegah penyakit batu ginjal:

  • Jambu biji
  • Belimbing
  • Kiwi
  • Aprikot
  • Buah ara
  • Blackberi
  • Blueberi
  • Buah kismis
  • Rhubarb
  • Anggur
  • Raspberi
  • Stroberi
  • Labu kuning dan labu merah

Itulah buah untuk batu ginjal yang perlu diketahui oleh masyarakat umum. Buah-buah yang telah disebutkan di atas baik untuk dikonsumsi karena mengandung zat-zat seperti magnesium, sitrat, potasium sitrat dan zat-zat lainnya yang dapat membantu mengurangi resiko pembentukan batu ginjal. Selain buah, mengkonsumsi sayuran untuk penderita batu ginjal tentunya juga baik dilakukan. Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati, maka mulailah dari sekarang untuk mengkonsumsi makanan-makanan sehat agar dapat terhindar dari penyakit batu ginjal. Karena jika sudah terkena penyakit batu ginjal maka pengobatannya akan lebih merepotkan.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan