Sponsors Link

15 Buah buahan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal Wajib Dimakan

Sponsors Link

Buah buahan yang baik untuk kesehatan ginjal sangat diperlukan oleh berbagai macam orang. Tidak peduli apakah kamu tua atau muda, laki-laki atau perempuan, semuanya perlu dan harusnya mengonsumsi buah-buahan yang baik untuk kesehatan ginjal. Dengan melakukan hal tersebut, maka semua orang pasti bisa memiliki ginjal yang sehat dan tentunya bisa menghindari dari berbagai masalah penyakit ginjal yang disebabkan karena pola hidup dan pola konsumsi yang tidak sehat. Bahkan, buah-buahan untuk ginjal ni merupakan salah satu hal yang wajib di konsumsi untuk menerapkan cara menjaga kesehatan ginjal atau tips menjaga kesehatan ginjal.

ads

Ginjal memang organ kecil yang ukurannya tidak lebih dari setengah genggaman tangan orang dewasa, akan tetapi organ yang satu ini memiliki berbagai macam fungsi yang sangat penting untuk tubuh kita secara keseluruhan. Misalnya, ginjal membantu jantung untuk mengatur tekanan darah, mengatur kadar kalium di dalam tubuh, dan lain sebagainya. Oleh karena pentingnya kesehatan ginjal itulah, maka tentu saja kamu harus mengetahui apa saja makanan yang baik untuk kesehatan ginjal, termasuk di antaranya adalah buah buahan yang baik untuk kesehatan ginjal. Dengan mengetahui beberapa makanan yang baik untuk ginjal tersebut, maka kamu bisa menggunakannya sekaligus untuk penanganan batu ginjal atau melakukan berbagai cara mencegah gagal ginjal.

Apa saja buah-buahan tersebut? Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Buah Delima

Buah delima merupakan salah satu buah yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah ini, apabila dimakan oleh para penderita penyakit ginjal, khususnya pada bagian bijinya dan ketika dibuat jus buah delima, bisa dipergunakan sebagai salah satu obat alami dan sebagai ramuan tradisional untuk membantu mengatasi masalah batu ginjal. Manfaat ini bisa dirasakan oleh para penderita batu ginjal, kemungkinan besar disebabkan karena rasa buah delima yang asam serta adanya sifat astringen khususnya pada bagian buah dan bijnya.

Para penderita penyakit ginjal, khususnya pasien penyakit batu ginjal bisa mengonsumsi buah delima secara langsung atau mengonsumsinya dengan cara dibuat jus terlebih dahulu untuk kemudian meminumnya kapan saja. Dengan demikian batu ginjal yang ada di dalam saluran kandung kemih atau pada tempat yang lain bisa dihancurkan dan batu ginjal pun bisa teratasi dengan baik. Selain itu, pada umumnya buah delima juga sangat baik untuk kesehatan ginjal dan kesehatan tubuh kita.

2. Buah Lemon

Selain buah delima, buah lemon juga merupakan salah satu buah buahan yang baik untuk kesehatan ginjal dan bisa digunakan untuk mengobati batu ginjal. Buah lemon memiliki kadar keasaman dan kandungan yang baik untuk menghancurkan batu ginjal baik batu ginjal yang terdapat di dalam saluran kandung kemih atau berada di dalam ginjal itu sendiri.

Ada banyak cara mengonsumsi buah lemon yang bisa digunakan untuk mengonsumsi buah lemon. Pada pasien penderita batu ginjal, bisa memanfaatkan buah lemon dengan cara meminum jus lemon. Para pasien batu ginjal bisa meminumnya sekali teguk atau sesuai dengan kemampuan pasien dalam meminum jus tersebut. Oleh karena kandungan asamnya sangat tinggi, lemon sebaiknya tidak dikonsumsi secara intens. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari masalah yang lebih parah seperti misalnya munculnya iritasi pada dinding lambung dan lain sebagainya. Prinsipnya, minumlah jus lemon dengan kadar yang tepat.

Sponsors Link

3. Buah Manggis

Buah yang baik untuk kesehatan berikutnya adalah buah manggis. Buah ini sebenarnya merupakan buah yang telah banyak dikenal sebagai buah yang bisa bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit tubuh. Walaupun begitu, sayangnya sekarang ini justru lebih sedikit generasi muda yang mengetahui tentang khasiat manggis untuk tubuh manusia, sehingga manggis jarang dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu tertentu. Konsumsi manggis yang berlebihan memang tidak disarankan karena bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan tubuh, akan tetapi apabila konsumsi manggis dilakukan dengan kadar yang tepat, maka buah ini akan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

ads

Ada banyak sekali manfaat manggis untuk tubuh manusia. Manggis bisa digunakan untuk menjaga kebugaran tubuh secara umum, memperbaiki kondisi lambung yang terserang masalah asam lambung atau masalah yang lain, mempercepat proses penyembuhan ginjal yang sedang mengalami kebocoran dan masih ada lagi berbagai macam manfaat lainnya. Berbagai manfaat tersebut bisa terjadi karena di dalam manggis terdapat sebuah senyawa yang sangat baik untuk mengatasi masalah kerusakan sel-sel tubuh, yaitu senyawa xanthone. Adanya senyawa xanthone inilah yang bisa membuat manggis sangat bermanfaat untuk kesehatan organ tubuh, khususnya kesehatan ginjal.

Senyawa xanthone mungkin terdengar asing bagi kita pada umumnya. Senyawa ini memang jarang disebutkan dan dibahas dalam percakapan kita sehari-hari, akan tetapi kamu hanya perlu memahami saja bahwa senyawa xanthone merupakan salah satu jenis senyawa yang bisa digunakan untuk mengatasi radikal bebas dengan efektif, sehingga sangat baik dan berguna untuk membersihkan tubuh dari berbagai macam racun ataupun zat berbahaya yang menjadi penyebab ginjal mengalami kebocoran, iritasi, infeksi dan berbagai masalah yang lain. Oleh karena itulah, dengan mengonsumsi manggis jumlah xanthone akan meningkat sehingga bisa membantu tubuh untuk mengatasi masalah ginjal ataupun menjaga kesehatannya.

Selain memiliki kandungan senyawa xanthone yang tinggi, buah manggis juga bermanfaat untuk memperlancar aliran darah. Aliran darah yang lancar di dalam tubuh akan membantu untuk menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke. Beban kerja yang dimiliki oleh ginjal juga akan menjadi lebih ringan sehingga ginjal pasti bisa bekerja dengan lebih baik. Tidak hanya itu, buah manggis juga akan membantu tubuh dalam menjaga tingkat kolesterol supaya tetap stabil. Tingkat kolesterol yang stabil akan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh pada umumnya. Dengan kata lain, mengonsumsi manggis dengan cukup akan membuat tubuh kita sehat. Buah manggis termasuk salah satu dari buah yang bisa dimanfaatkan dalam cara mengobati ginjal bocor.

4. Buah Apel

Selain lemon, manggis, dan delima, buah apel merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan serat sangat tinggi dan mampu mencegah timbulnya peradangan pada sel-sel tubuh. Selain itu, buah apel juga akan membantu kita mengurangi jumlah kolesterol yang buruk, mencegah timbulnya konstipasi, dan mencegah munculnya serangan penyakit jantung atau kanker.

Apabila buah apel dikonsumsi secara teratur, maka khususnya penderita ginjal bocor akan mampu mendapatkan asupan gizi yang baik tanpa harus mencederai ginjal yang mereka miliki. Oleh karena itulah buah apel merupakan salah satu jenis buah yang layak dikonsumsi sebagai diet khususnya pada penderita ginjal bocor atau ginjal bengkak. Selain itu, buah apel juga bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ginjal ataupun kesehatan tubuh pada umumnya.

5. Buah Cranberi

Selain beberapa buah di atas, salah satu jenis buah yang baik untuk kesehatan ginjal adalah buah cranberi. Buah ini bisa membantu membersihkan organ ginjal yang kita miliki. Buah yang berasal dari kelompok beri-berian ini memiliki kandungan vitamin C, magnesium, potassium, vitamin A dan lain-lain yang cukup tinggi. Kandungan-kandungan itulah yang membuat buah cranberi memiliki potensi manfaat yang besr untuk tubuh manusia.

Buah berukuran kecil yang berbentuk bulat dan berwarna merah mampu juga bisa dimanfaatkan untuk membantu mengurangi adheshi pada kandungan kemih serta mencegah munculnya infeksi pada saluran kencing. Dengan demikian, mengonsumsi buah cranberi sesuai dengan kadar yang seimbang akan membantu ginjal menjadi lebih sehat dan apabila terlanjur mengalami sakit, kesembuhannya akan terbantu apabila para pasien mengonsumsi buah cranberi secara rutin.

Sponsors Link

Itulah beberapa buah buahan yang baik untuk kesehatan ginjal. Selain lima buah-buahan di atas, beberapa buah-buahan di bawah ini juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan ginjal. Beberapa buah-buahan tersebut antara lain adalah:

  • Semangka
  • Anggur merah
  • Anggur hijau
  • Blueberi
  • Rasberi
  • Stroberi
  • Anggur ungu
  • Ceri
  • Redberry
  • Jeruk Bali

Itulah beberapa jenis buah buahan yang baik untuk kesehatan ginjal dan juga bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan penyakit ginjal ataupun berbagai macam jenis penyakit lain yang mungkin diderita oleh tubuh manusia. Dengan mengonsumsi buah-buahan di atas secara rutin, maka kesehatan tubuh dan organ ginjal secara khusus, pasti akan terjaga dengan baik. Jangan lupa untuk menghindari makanan penyebab sakit ginjal dan memakan banyak makanan yang baik untuk ginjal.

Tunggu apalagi? Selamat menjaga kesehatan ginjalmu ya!

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan