Sponsors Link

11 Buah Buahan Penghancur Batu Ginjal yang Alami

Sponsors Link

Ginjal yang sehat adalah ginjal yang dapat berfungsi dengan baik. Setiap orang tentunya ingin memiliki ginjal yang sehat. Namun tak dapat dipungkiri, bahwa kondisi ginjal manusia tidak selalu dalam keadaan yang sehat. Adakalanya ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik. Salah satu penyebabnya adalah karena adanya batu ginjal yang menghambat kinerja ginjal. Penyebab penyakit batu ginjal yang paling utama adalah karena pola makan yang tidak sehat. Selain itu, dehidrasi merupakan faktor penyebab batu ginjal pada pria yang paling berpengaruh.

ads

Operasi merupakan cara paling ampuh dan cepat dalam penanganan batu ginjal. Meskipun begitu, cara ini dianggap mahal dan tidak praktis karena butuh prosedur yang panjang sebelum melakukan operasi. Ada cara lain yang dapat ditempuh oleh penderita batu ginjal yaitu adalah dengan mengkonsumsi makanan penghancur batu ginjal. Buah-buahan merupakan makanan salah satu jenis makanan yang dapat membantu menghancurkan batu ginjal. Berikut adalah buah-buahan penghancur batu ginjal yang perlu diketahui.

1. Buah Lemon

Lemon dapat membantu mengurangi batu ginjal yang sudah terlanjur terbentuk. Fungsi lemon yaitu untuk mencairkan batu ginjal yang ukurannya kecil-kecil lalu membuangnya ke luar tubuh. Buah lemon paling baik dikonsumsi dengan cara dijus bersama dengan minyak zaitun. Kandungan sitrus yang ada pada lemon dipercaya dapat mencairkan batu ginjal. Sedangkan minyak zaitun memiliki peran sebagai pelumas agar batu ginjal yang telah cair ini dapat dikeluarkan. Cara membuat jus ini adalah dengan mengisi seperempat gelas dengan perasan buah lemon dan minyak zaitun, lalu tambahkan air sebanyak 240 ml. Ramuan ini diminum sebanyak dua sampai tiga kali sehari.

2. Cuka Sari Buah Apel

Cuka dari sari buah apel juga merupakan makanan penghancur batu ginjal lainnya. Fungsinya mirip dengan lemon yang mencairkan batu ginjal serta dapat juga mengeluarkannya dari tubuh. Cuka dari sari apel juga dapat mencegah penyakit batu ginjal kambuh lagi di masa mendatang. Kandungan cuka sari apel ini adalah asam sitrat. Asam sitrat dapat berperan dalam mencairkan batu ginjal dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Selain itu, asam sitrat juga dapat membuat basa darah dan urin serta dapat menambah tingkat basa perut sehingga dapat mencegah pembentukan batu ginjal. Agar hasilnya maksimal, cuka sari apel dikonsumsi dengan cara dimasukkan sebanyak dua sendok makan ke dalam air putih. Lalu minum tiga kali sehari, pagi, siang dan sore setiap hari.

3. Buah Delima

Buah delima memiliki rasa yang asam dan terdapat kandungan astrigen di dalamnya. Astrigen dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Selain itu delima juga mampu mencegah batu ginjal jenis tertentu terbentuk dan antioksidannya dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Sebaiknya meminum jus buah delima sebanyak satu atau dua gelas setiap harinya untuk hasil maksimal.

4. Buah Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan magnesium yang tinggi. Magnesium yang terkandung di dalam alpukat berguna untuk menghambat bersatunya oksalat dengan kalsium. Sehingga dengan mengkonsumsi alpukat dapat mencegah dan mengurangi pembentukan batu ginjal jenis oksalat.

5. Buah Melon

Buah melon kaya akan potasium. Zat ini merupakan sejenis garam yang dapat membantu menghancurkan batu ginjal. Melon juga merupakan jenis buah diuretik yang dapat membantu mengeluarkan urin. Buah ini paling baik dikonsumsi dengan cara di buatkan jus.

Sponsors Link

6. Buah Pisang

Serupa dengan buah alpukat, buah pisang juga kaya akan magnesium. Zat ini sangat berguna dalam memperlambat pembentukan batu ginjal. Cara terbaik untuk mengkonsumsi pisang untuk penyembuhan batu ginjal adalah dengan dibuat smoothie. Minum smoothie pisang setiap hari pada malam hari sampai batu ginjal dapat dikeluarkan. Mencampur buah alpukat dan buah pisang juga sangat berkhasiat untuk mengobati batu ginjal. Buat smoothie dari dua buah ini dan tambahkan dua sendok madu.

7. Pear

Buah buahan penghancur batu ginjal lainnya yaitu pear. Buah pear baik dikonsumsi oleh penderita gatu ginjal karena mengandung elemen-elemen yang dapat membantu memecah asam pembentuk batu ginjal.

8. Jeruk

Di dalam jeruk terdapat kandungan sitrat. Kandungan sitrat yang ada di dalam buah jeruk dapat mencegah pembentukan batu ginjal dengan cara menambah sitrat dan mengurangi tingkat keasaman pada urin.

Sponsors Link

9. Semangka

Semangka juga merupakan salah satu buah untuk batu ginjal yang baik untuk dikonsumsi. Semangka dapat melakukan detoksifikasi di dalam tubuh.

10. Kurma

Kurma mengandung serat yang cukup tinggi. Serat ini mampu menurunkan resiko pembentukan batu ginjal. Kurma juga mengandung magnesium yang baik untuk pembersihan ginjal. Cara terbaik dalam mengkonsumsi kurma untuk penyembuhan batu ginjal adalah dengan merendamnya di dalam air selama semalam, lalu dikonsumsi dengan terlebih dahulu membuang bijinya.

11. Cranberi

Cranberi adalah buah yang berasal dari tumbuhan rawa di Amerika utara. Bentuk tumbuhannya adalah belukar. Buahnya mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Meminum jus cranberi dapat meningkatkan magnesium dan sitrat di dalam urin.

Itulah buah buahan penghancur batu ginjal yang perlu diketahui. Sebagian besar buah yang telah disebutkan di atas adalah buah-buah yang mudah ditemukan di sekitar kita, maka mengkonsumsinya tidaklah sulit. Jika rutin dikonsumsi, sembuh dari batu ginjal bukanlah hal yang mustahil.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan