Sponsors Link

Biopsi: Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Sponsors Link

Ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh manusia yang rentan terkena penyakit. Batu ginjal dan gagal ginjal atau ginjal rusak adalah beberapa penyakit ginjal yang sering ditemui. Penyebab batu ginjal pada pria dan wanita biasanya karena dehidrasi dan banyak mengkonsumsi makanan-makanan tertentu yang tinggi gula, kalsium maupun sodium. Sedangkan gagal ginjal bisa terjadi karena pengaruh rokok terhadap ginjal serta penyebab ginjal rusak lainnya. Selain penyakit-penyakit tersebut, ada juga kondisi-kondisi medis yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit ginjal seperti misalnya hiperkalkemia dan uremia. Jika penyakit-penyakit ginjal tersebut menunjukkan gejala yang jelas, maka diagnosis akan lebih mudah dilakukan. Namun adakalanya gejala yang ditunjukkan tidak terlihat. Maka dari itu diagnosis dengan biopsis perlu dilakukan. Biopsis tidak hanya dapat dilakukan untuk penyakit ginjal, tetapi juga untuk kanker. Dalam artikel ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai Biopsis.

ads

Apa Itu Biopsis?

Biopsi adalah tindakan medis yang dilakukan untuk mendiagnosa suatu penyakit dengan cara mengambil sampel jaringan dari tubuh pasien. Biopsi sangat berguna untuk mendeteksi adanya tanda-tanda kanker. Beberapa penyakit lain juga dapat didiagnosa dengan cara biopsi. Jaringan sel yang akan dijadikan sampel biopsi adalah jaringan sel yang abnormal. Biasanya dapat diketahui dari hasil sinar-X. Terdapat beberapa jenis biopsi yang dapat dijadikan pilihan, yaitu:

1. Biopsi Sumsum Tulang (Marrow Bone Biopsy)

Di dalam tulang-tulang besar manusia seperti tulang pinggul dan tulang paha, sel-sel darah diproduksi di dalam sumsum tulang. Biopsi sumsum tulang dapat dilakukan jika dokter mengetahui bahwa darah pasien dalam keadaan abnormal. Tes ini berguna untuk mengetahui ada tidaknya kanker dalam tubuh pasien atau penyakit lain seperti leukimia, lymphoma, anemia dan lainnya. Biosi jenis ini dapat dilakukan dengan menusukkan jarum panjang ke dalam tulang pinggul pasien. Pasien mungkin akan merasakan sakit karena tulang bagian dalam tidak bisa mati rasa. Sedangkan sisanya hanya merasakan nyeri pada awalnya saja karena efek dari anastesi lokal.

2. Biopsi Endoskopik (Endoscopic Biopsy)

Biopsi endoskopik dilakukan jika ingin memperoleh sampel dari organ-organ dalam seperti paru-paru, usus besar dan kandung kemih. Prosedur biopsi endoskopik dilakukan dengan menggunakan tabung fleksibel berukuran kecil bernama endoskop. Endoskop memiliki kamera kecil dan senter pada ujungnya. Gambar yang ditangkap kamera dan senter ini nantinya akan dapat dilihat oleh dokter dari monitor. Alat bedah kecil juga dipasangkan pada endoskop untuk mengambil sampel.

 3. Biopsi Jarum (Needle Biopsy)

Biopsi jarum dilakukan untuk memperoleh sampel dari kulit atau jaringan lainnya yang mudah dijangkau. Selama proses biopsi ini, dokter menggunakan jarum untuk mengekstrak sel dari wilayah yang dianggap bermasalah. Biopsi jarum biasanya digunakan pada tumor yang bisa diraba oleh dokter, seperti misalnya benjolan pada payudara dan pembesaran pada kelenjar getah bening.

Sponsors Link

4. Biopsi Kulit (Skin Biopsy)

Jika terdapat ruam atau nanah pada tubuh pasien yang tidak sembuh-sembuh juga meski sudah diberi resep dokter dan penyebabnya belum diketahui, maka dokter dapat melakukan biopsi di area sekitar kulit. Prosedurnya dapat dilakukan dengan menyuntikkan cairan anastesi kepada pasien lalu mengambil sampelnya dengan pisau bedah.

5. Biopsi Operasi (Surgical Biopsi)

Terkadang pasien punya masalah pada wilayah-wilayah yang tidak dapat dijangkau menggunakan metode biopsi yang telah dijelaskan di atas. Misalnya jika ada tumor di dalam lambung yang dekat dengan aorta. Dalam hal ini operasi untuk mendapatkan sampel perlu dilakukan.

Demikianlah informasi mengenai biopsi. Biopsi merupakan salah satu prosedur yang dilakukan untuk mendiagnosis beberapa penyakit, terutama kanker. Ada beberapa macam biopsi. Pemilhan prosedur biopsi tergantung pada letak wilayah abnormal dalam tubuh pasien yang dicurigai bermasalah.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan