Sponsors Link

Biaya Transplantasi Ginjal di Dunia Terlengkap

Sponsors Link

Meskipun syarat transplantasi ginjal tidak mudah dan belum tentu mampu dipenuhi semua orang, transplantasi ginjal masih menjadi cara menyembuhkan ginjal yang rusak paling efektif. Penderita sakit ginjal yang ingin melakukan transplantasi biasanya adalah pasien gagal ginjal kronis yang sudah mengalami ginjal rusak permanen. Gagal ginjal memang menjadi penyebab cuci darah yang paling umum. Banyak orang ingin melakukan transplantasi karena efek samping cuci darah yang tidak baik untuk jantung dan bisa menyebabkan hipertensi. Tidak heran jika transplantasi menjadi satu-satunya cara berhenti cuci darah yang diinginkan banyak orang.

ads

Namun kendala terbesar dari operasi ini adalah biaya transplantasi ginjal yang sangat mahal, sehingga tidak semua orang bisa melakukannya. Berikut biaya transplantasi ginjal di seluruh dunia yang harus diketahui:

1. Biaya Transplantasi Ginjal di Indonesia

Di negara kita, transplantasi ginjal hanya bisa dilakukan di satu rumah sakit saja. Rumah sakit tersebut adalah Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) di Jakarta yang sudah berstandar internasional. Terdapat dua jenis operasi yang bisa dipilih oleh pasien, yaitu:

  • Laparotomi atau operasi terbuka untuk transplantasi ginjal. Prosedur ini membutuhkan biaya sekitar Rp 200 juta hingga Rp 300 juta.
  • Laparoskopi yaitu metode transplantasi ginjal dengan menggunakan alat yang lebih canggih. Biayanya selisih Rp 50 juta lebih mahal, yaitu sekitar Rp 250 juta hingga Rp 350 juta.

2. Biaya Transplantasi Ginjal di Amerika

Amerika Serikat memiliki kemajuan ilmu pengetahuan yang sangat canggih. Prosedur transplantasi ginjal bukanlah hal baru di negara tersebut dan bisa dilakukan di banyak rumah sakit. Tenaga ahli dan peralatan yang digunakan tentu berbeda dengan yang ada di Indonesia. Biaya transplantasi ginjal di Amerika sangat mahal, yaitu sekitar USD 200 ribu atau sekitar Rp 2,7 milyar.

3. Biaya Transplantasi Ginjal di Eropa

Selain Amerika, Eropa juga menjadi rujukan banyak pasien yang ingin melakukan transplantasi ginjal. Kemajuan teknologi kedokteran bukan menjadi satu-satunya faktor, tetapi juga dipengaruhi oleh ketersediaan donor. Jumlah donor ginjal di Eropa relatif tinggi. Demikian pula dengan biaya operasinya, yang berkisar di atas USD 100 ribu atau sekitar  Rp 1,3 milyar.

4. Biaya Transplantasi Ginjal di China

Negeri China adalah salah satu negara yang bangkit menjadi macan Asia dalam beberapa tahun terakhir. Teknologi di bidang kedokteran pun juga berkembang dengan pesat. Kini proses transplantasi organ dapat dilakukan di China dan menjadi salah satu yang terbaik. Rata rata biaya yang harus dikeluarkan pasien untuk melakukan operasi transplantasi ginjal di China adalah sekitar USD 10,531 atau Rp 142 juta.

5. Biaya Transplantasi Ginjal di Singapura

Inilah negara terdekat yang sering dijadikan rujukan pasien asal Indonesia untuk melakukan transplantasi organ, termasuk ginjal. Dengan tenaga ahli yang kompeten, biaya transplantasi ginjal di Singapura berikisar antara SGD 40 ribu sampai SGD 90 ribu atau sekitar Rp 400 juta hingga Rp 900 juta.

Sponsors Link

6. Biaya Transplantasi Ginjal di Australia

Selain Singapura, Australia juga menyediakan pelayanan yang terbaik untuk pasien yang ingin menjalani transplantasi ginjal. Menurut survey yang pernah dilakukan di kota Sydney, diperlukan biaya sekitar USD 40 ribu atau sekitar Rp 540 juta untuk melakukan transplantasi ginjal di Sydney.

7. Biaya Transplantasi Ginjal di India

Setelah Amerika, India adalah negara kedua yang menyediakan layanan transplantasi ginjal terbanyak di rumah sakit. Terdapat berbagai macam paket transplantasi organ yang disediakan oleh rumah sakit di India, dan biayanya mulai dari USD 17 ribu atau sekitar Rp 230 juta.

8. Biaya Transplantasi Ginjal di Malaysia

Malaysia juga merupakan negara terdekat yang menyediakan prosedur transplantasi ginjal selain Singapura. Rumah sakit di Malaysia bahkan menyediakan paket tertentu untuk prosedur ini yang sudah meliputi semua biaya transportasi pulang pergi, akomodasi selama perawatan, makan selama di rumah sakit. Biayanya tergantung dari penyakit pasien dan prosedur apa yang ingin dilakukan. Untuk transplantasi ginjal pasien biasanya dikenakan harga mulai dari USD 20 ribu hingga USD 30 ribu atau sekitar Rp 270 juta hingga Rp 406 juta.

Sponsors Link

Perlu diketahui bahwa semua biaya tersebut hanya biaya transplantasi saja, tidak termasuk donor ginjal yang ingin ditransplantasikan. Pasien harus mngeluarkan biaya tersendiri untuk mendapatkan donor ginjal. Jika donor masih hidup, maka harga yang diberikan sesuai permintaan sang pendonor. Di Indonesia sendiri biaya yang diperlukan antara Rp 50 juta hingga Rp 200 juta. Namun jika donor berasal dari anggota keluarga sendiri, kemungkinan pasien tidak akan dikenakan biaya untuk mendapatkan donor ginjal selama ginjal pendonor cocok dengan pasien.

Melihat biaya transplantasi ginjal yang sangat mahal, lebih baik melakukan cara merawat ginjal agar tetap sehat dari sekarang bukan? Sebenarnya cara merawat ginjal tidaklah sulit, cukup dengan menghindari kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal seperti suka memakan makanan yang dilarang untuk penyakit ginjal dan suka minum minuman penyebab gagal ginjal seperti minuman bersoda dan minuman berenergi. Lebih baik Anda memakan makanan pencuci ginjal yang bisa membersihkan ginjal secara alami dan memakan buah yang baik untuk fungsi ginjal agar ginjal tetap bisa bekerja dengan baik. Jangan lupa pula untuk rajin berolahraga dan menerapkan gaya hidup yang sehat.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan