Sponsors Link

Apakah Berpuasa Untuk Kondisi Ginjal Kronis Diperbolehkan ?

Sponsors Link

Semua umat muslim tentunya sangat ingin menjalani ibadah puasa ketika bulan Ramadhan sebaik mungkin. Hal serupa juga dirasakan oleh penderita beberapa penyakit kronis seperti penyakit ginjal yang tetap ingin bisa menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan penuh namun tanpa perlu berdampak buruk bagi kesehatan khususnya karena memang sudah mengalami penyakit kronis tertentu. Lalu, apakah berpuasa untuk kondisi ginjal kronis sebenarnya memang diperbolehkan? dan apa saja yang harus lebih diperhatikan penderita macam macam penyakit ginjal jika memang ingin menjalankan ibadah puasa?, berikut ulasan selengkapnya untuk anda agar tidak salah dalam berpuasa dan tidak menyebabkan kondisi semakin buruk untuk penyakit ginjal yang sedang diderita.

ads

Dampak Puasa Untuk Ginjal Kronis

Berpuasa berarti mengharuskan seseorang untuk bisa menahan rasa lapar dan juga haus sekitar 14 jam yang juga harus dilakukan seseorang yang memiliki ciri ciri penyakit ginjal kronis yang masih ingin berpuasa. Menjalankan ibadah puasa mungkin tidak akan terasa sulit bagi seseorang yang memiliki kondisi tubuh sehat dan tidak menderita penyakit apapun termasuk penyakit ginjal. Akan tetapi untuk penderita gagal ginjal kronis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar ibadah puasa yang sedang dijalani tidak sampai mengganggu kesehatan dari organ ginjal. Lalu, hal apa saja yang harus diperhatikan untuk penderita penyakit ginjal kronis dan apa saja dampak berpuasa untuk kondisi ginjal kronis?.

Dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan pada pasien dengan macam macam penyakit ginjal khususnya ginjal kronis seperti penyakit ginjal bawaan, gagal ginjal kronis dan sebagainya membuktikan jika puasa tidak berbahaya untuk dilakukan. Bahkan untuk beberapa jenis penyakit ginjal, puasa bisa meningkatkan kualitas hidup penderita sekaligus mendukung pengobatan yang sedang dilakukan. 

Sponsors Link

Apakah Semua Penderita Bisa Berpuasa?

Namun sayangnya, tidak semua penderita gangguan ginjal diperbolehkan untuk berpuasa. Semua tergantung dari kondisi fisik masing masing penderita. Seorang penderita masalah ginjal yang memiliki kadar gula tidak terkendali, komplikasi penyakit hidronefrosis, tekanan darah tinggi, poliuria dan mengalami infeksi sampai komplikasi fungsi jantung sebaiknya tidak disarankan untuk menjalankan ibadah puasa sebab bisa memperburuk penyakit yang sedang diderita.

Sementara untuk penderita masalah ginjal yang tidak mengalami komplikasi, maka diperbolehkan untuk menjalani ibadah berpuasa namun sebaiknya penderita dan juga keluarga berdiskusi dengan tim medis yang menangani penyakit tersebut.

Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Puasa diperbolehkan untuk penderita masalah ginjal yang masih memiliki kondisi fisik stabil dan juga kuat seperti penderita batu ginjal. Namun kembali lagi harus tetap dipertimbangkan serta sudah mendapatkan izin dari dokter. Ada beberapa hal yang harus lebih diperhatikan bagi penderita penyakit ginjal kronis selama menjalani ibada puasa dan beberapa diantaranya adalah: 

Sponsors Link

  • Pastikan untuk tetap mengkonsumsi beberapa jenis obat yang diberikan oleh dokter pada saat sahur dan buka puasa.
  • Saat berbuka puasa, jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung fosfor dan juga kalium tinggi seperti contohnya aprikot, kurma, teh, gorengan, soda, keju dan juga kopi.
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan cara lebih banyak minum air pada saat sahur dan berbuka yakni mengkonsumsi 1 hingga 2 liter air dalam satu hari agar terhindar dari dehidrasi.
  • Cairan yang sebaiknya dikonsumsi penderita masalah ginjal kronis sebaiknya merupakan air mineral dan hindari minuman yang bisa memperberat kerja ginjal seperti teh dan kopi.
  • Lakukan pemeriksaan teratur setidaknya sebanyak 1 hingga 2 kali dalam satu minggu selama bulan puasa.
  • Jika terjadi gejala seperti pembengkakan di beberapa bagian tubuh, pusing, sulit dalam bernapas dan kelelahan, maka disarankan untuk segera membatalkan puasa dan memeriksakan diri ke dokter.

Dari ulasan diatas bisa disimpulkan jika berpuasa untuk ginjal kronis seperti ciri ciri penyakit batu ginjal sebenarnya diperbolehkan asalkan sudah memenuhi beberapa persyaratan seperti kondisi penderita yang masih kuat secara fisik, tidak memiliki komplikasi dari penyakit ginjal, memperhatikan asupan makanan dan cairan saat sahur dan berbuka puasa serta sudah dikonsultasikan dan mendapat izin dari dokter yang menangani penyakit tersebut.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup