Sponsors Link

Beeturia: Penyebab Urine Berwarna Merah

Sponsors Link

Bit adalah sayuran akar yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bit mengandung banyak vitamin dan nutrisi seperti vitamin C, serat dan juga kalium. Mengkonsumsi bit berguna untuk meningkatkan energi, meningkatkan kekuatan otak dan juga sistem kekebalan tubuh anda. Namun, ada efek samping dari mengkonsumsi bit yang mengejutkan untuk beberapa orang. Bit bisa menyebabkan beeturia yakni pada saat urine berubah menjadi merah atau merah muda di mana menurut sebuah penelitian bisa mempengaruhi sekitar 14 persen populasi.

ads

Gejala Beeturia

Gejala utama dari beeturia adalah air seni dan tinja yang berubah warna. Urine bewarna merah atau merah muda sesudah mengkonsumsi bit atau makanan dan juga jus yang mengandung ekstrak atau pigmen bit. Tingkat perubahan warna bisa bervariasi antara satu orang dengan yang lainnya tergantung dari apa yang anda konsumsi. Sebagai contoh, jus bit mentah bisa menyebabkan urin berwarna merah tua atau merah muda gelap. Namun jika anda mengkonsumsi bit yang sudah dimasak, maka warna urin mungkin akan berwarna merah muda atau merah.

Penyebab Beeturia

Melihat perubahan warna urine menjadi merah atau merah muda untuk pertama kalinya mungkin akan menakutkan dan anda akan langsung berpikir ada hal buruk yang sedang terjadi di dalam tubuh anda. Namun sebenarnya, beeturia sendiri bukanlah sebuah kondisi yang berbahaya.

Perubahan warna bisa terjadi karena senyawa dalam bit yang disebut dengan betanin yakni yang membuat sayiuran memiliki pigmen berwarna merah. Beberapa orang akan kesulitan mencerna pigmen tersebut. Sesudah anda mengkonsumsi bit, maka betanin akan berjalan ke seluruh tubuh dan akhirnya menuju bagian organ ginjal. Pada a saat itulah, ini akan mengubah warna urin anda menjadi merah atau merah muda.

Meski beeturia umumnya bukanlah menjadi masalah dan bisa hilang dengan sendirinya, namun urine berwarna merah atau merah muda sesudah mengkonsumsi bit terkadang juga bisa dijadikan pertanda masalah kesehatan pada tubuh anda. Untuk itulah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter apabila urine anda berubah warna setiap kali anda makan bit.

Memiliki warna urine merah atau merah muda sesudah mengkonsumsi bit terkadang juga menjadi gejala kekurangan zat besi. Ini bisa terjadi pada saat darah anda tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke segala bagian tubuh. Sebuah studi menemukan jika kondisi ini bisa terjadi pada sekitar 66 hingga 80 persen orang dengan anemia defisiensi besi yang tidak diobati.

Gejala Lain Kekurangan Zat Besi

Gejala lain yang bisa terjadi ketika tubuh kekurangan zat besi meliputi:

  • Kelelahan.
  • Rambut rontok.
  • Kram kaki.
  • Sesak napas.
  • Kedinginan.
  • Perubahan suasana hati.

Beeturia juga bisa terjadi pada seseorang dengan asam lambung rendah. Tingkat asam lambung yang sehat bisa membantu tubuh menyerap mineral, nutrisi dan vitamin. Asam lambung rendah bisa menyebabkan sulit mencerna dan menyerap nutrisi sehingga tubuh akan kesulitan memetabolisme pigmen merah di dalam bit dan akhirnya anda akan melihat urine berwarna merah sesudah makan atau minum jus bit. Sedangkan untuk tanda tanda dari asam lambung rendah adalah kembung, gas dan juga sembelit.

Diagnosis Beeturia

Meski anda meyakini jika pigmen dalam bit yang bertanggung jawab atas perubahan warna urine menjadi merah, namun tetap sangat penting untuk berbicara pada dokter jika perubahan warna urin sering terjadi. Dokter nantinya akan melakukan beberapa tes untuk melihat apakah kondisi yang mendasarinya menyebabkan perubahan warna tersebut. Beberapa tes tersebut diantaranya adalah:

Sponsors Link

  • Hitung darah lengkap: Tes ini akan memungkinkan dokter untuk memeriksa jumlah sel darah merah untuk mengkonfirmasi atau menyingkirkan anemia.
  • Urinalisis: Dokter akan memakai tes ini untuk memeriksa fungsi ginjal dengan memeriksa urin untuk jejak darah dan bakteri.
  • Analisis feses: Sampel tinja diperiksa untuk kemungkinan darah dalam tinja.
  • Tes Heidelberg: Ini akan memungkinkan dokter memeriksa asam lambung anda.

Dokter akan mendiagnosis beeturia apabila tes darah untuk penyakit ginjal dan tes laboratorium yang lainnya sudah kembali normal dan tidak ada penyebab kencing berdarah atau feses anda.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup