Sponsors Link

Apakah Mengkonsumsi Bayam Bisa Menyebabkan Batu Ginjal?

Sponsors Link

Semua orang sepertinya sudah mengetahui jika bayam merupakan salah satu jenis sayuran sehat yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh sebab menjadi sayuran padat akan nutrisi. Namun ternyata, dibalik begitu banyak manfaat bayam untuk kesehatan, ada beberapa orang yang tidak ingin mengkonsumsi bayam karena pemberitaan yang banyak beredar mengenai sayur bayam bisa menyebabkan ciri ciri batu ginjal atau sering disebut dengan kencing batu. Namun, apakah anggapan tersebut memang benar atau hanya mitos belaka?. Langsung saja anda simak ulasan bermanfaat dari kami tentang anggapan jika bayam bisa menyebabkan batu ginjal berikut ini.

ads

Apakah Batu Ginjal?

Batu ginjal atau kencing batu merupakan salah satu macam macam penyakit ginjal penyakit yang sudah mulai banyak terjadi di tengah tengah masyarakat modern sekarang ini. Dari Riset Kesehatan Dasar disingkat Riskedas Kementerian Kesehatan tahun 2013, menyatakan jika penyakit ginjal yang paling sering dialami masyarakat Indonesia salah satunya adalah batu ginjal atau nephrilithiasis. Dari data tersebut juga dibuktikan jika pengidap batu ginjal lebih sering dialami pria jika dibandingkan dengan wanita.

Umumnya, batu ginjal bisa terbentuk dari penumpukkan atau kalsium yang berubah menjadi kristal dimana semua itu tidak dibutuhkan oleh tubuh. Kalsium yang kemudian akan mengkristal dan menjadi batu merupakan jenis batu ginjal kalsium oksalat.

Apakah Benar Bayam Menyebabkan Batu Ginjal?

Lalu, apakah anggapan jika makan sayur bayam bisa menyebabkan batu ginjal pada anak atau orang dewasa memang benar adanya?. Sebetulnya, mengkonsumsi sayur bayam bukan menjadi penyebab dari batu ginjal, namun isu yang banyak beredar mengenai bayam yang bisa menyebabkan batu ginjal terjadi karena bayam mengandung kalsium oksalat. Sayur bayam memang mengandung oksalat, namun mengkonsumsi satu porsi bayam tidak langsung bisa menyebabkan batu ginjal.

Dalam setiap 100 gram sayur bayam kira kira mengandung oksalat sekitar 970 miligram atau 0.97 gram. Jika setiap kali makan sayur bayam atau satu porsi, maka berarti anda sudah mengkonsumsi antara 50 hingga 100 gram bayam. Sedangkan untuk kalsium oksalat sendiri sebenarnya tidak berbahaya jika dikonsumsi tidak berlebihan. Namun, kadar oksalat yang bisa menimbulkan bahaya dan bahkan bisa menyebabkan kematian adalah jika kadar oksalat mencapai lima gram. Untuk itu, jika anda hanya mengkonsumsi sayur bayam dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan, maka tidak akan berbahaya untuk kesehatan seperti menyebabkan ciri ciri penyakit ginjal

Sponsors Link

Bayam Tetap Penting Untuk Dibatasi

Meskipun mengkonsumsi bayam tidak secara langsung menyebabkan ciri ciri batu ginjal awal, akan tetapi bagi seseorang yang memiliki risiko gangguan ginjal, kadar kalsium berlebih, kadar vitamin D berlebih, gangguan sistem pencernaan atau memiliki kondisi lain yang berhubungan dengan batu ginjal, ada baiknya tetap membatasi konsumsi sayur bayam sebab bayam menjadi salah satu makanan yang dihindari penderita batu ginjal.

Akan lebih baik jika anda mengkonsumsi sayuran yang cukup bervariasi setiap hari dan jangan hanya mengkonsumsi sayur bayam. Variasikan jenis sayuran yang anda konsumsi seperti contohnya salad, capcay, pecel, sop sayuran dan jenis sayuran lainnya.

Pencegahan Batu Ginjal

Selain membatasi asupan sayur bayam, ada beberapa cara lain yang bisa anda lakukan agar terhindar dari batu ginjal. Beberapa cara tersebut diantaranya adalah: 

Sponsors Link

  • Jaga berat badan: Berat badan berlebih atau obesitas bisa meningkatkan risiko masalah ginjal.
  • Minum air cukup: Minumlah setidaknya dua liter air setiap hari sebab dehidrasi atau kekurangan cairan bisa meningkatkan pengkristalan kalsium.
  • Periksakan diri ke dokter: Memeriksakan diri ke dokter juga harus dilakukan khususnya jika anda memang memiliki risiko tinggi terkena penyakit ginjal dan masalah kesehatan lain yang membuat tubuh anda semakin rentang dengan batu ginjal.

Dari ulasan singkat yang sudah kami berikan diatas, isu mengenai bayam bisa menyebabkan batu ginjal dan menjadi pantangan batu ginjal sebenarnya tidak akan terjadi apabila hanya dikonsumsi dalam batas wajar dan tidak berlebihan sebab segala sesuatu yang dikonsumsi terlalu berlebihan tentu bisa berdampak buruk bagi tubuh.

Sponsors Link
>
, , ,