Sponsors Link

6 Penyakit Penyebab Bau Urine Abnormal

Sponsors Link

Air seni memang secara alami memiliki bau yang khas untuk kebanyakan orang. Urin biasanya tidak mempunyai bau yang kuat meski terkadang memang berbau lebih menyengat dari biasanya. Meski hal ini normal, namun terkadang bau urine abnormal dan tidak biasa bisa dijadikan pertanda dari masalah medis yang mendasarinya tidak hanya sekedar gangguan ginjal.

ads

Kapan Harus ke Dokter?

Anda harus segera menemui dokter apabila memiliki kondisi bau urine abnormal yang sangat kuat dan berlangsung lebih dari 2 hari. Selain itu, anda juga harus memeriksakan diri ke dokter jika memiliki beberapa gejala lainnya seperti:

  • Kembung
  • Urine berbau harum.
  • Gangguan mental.
  • Muntah.
  • Mual
  • Memiliki penyakit hati, dehidrasi kronis atau diabetes.

Asparagus dan Bau Urin

Salah satu jenis makanan yang bisa membuat bau urin jadi menyengat adalah asparagus akibat kandungan senyawa sulfur alami dalam asparagus yang disebut dengan asam asparagusic.

Meski memang tidak berbahaya dan bukan menjadi salah satu dari macam macam penyakit ginjal, namun asam asparagusic ini bisa menghasilkan bau kuat dan aneh sesudah anda mengkonsumsi sesuatu yang mengandung asparagus. Sedangkan untuk sebagian orang lagi tidak mengalami perubahan pada urin sesudah mengkonsumsi asparagus. Selain itu, genetikan juga akan menentukan apakah asparagus bisa membuat bau urin menjadi sangat kuat atau tidak.

Apabila tubuh menghasilkan bau sesudah mengkonsumsi asparagus, maka bau ini akan hilang sesudah asparagus melewati sistem pencernaan dan anda harus menghubungi dokter jika bau tersebut tidak hilang sesudah 12 jam.

Pada Wanita Hamil

Selama masa kehamilan, maka hormon kehamilan yang disebut dengan HcG akan meningkat yang bisa membuat urin berbau kuat khususnya di awal kehamilan. Selain itu, seorang wanita yang mempunyai penciuman lebih sensitif selama masa kehamilan juga bisa membuat keluhan urin berbau semakin meningkat.

Wanita yang sedang dalam masa kehamilan juga harus minum air lebih banyak supaya tidak mengalami dehidrasi sebab dehidrasi bisa menyebabkan asam urat menumpuk dan menghasilkan bau kuat di dalam urin.

Penyebab Medis Urin Berbau

Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan baru urin sangat kuat atau tidak seperti biasanya. Beberapa penyebab tersebut diantaranya:

1. Dehidrasi

Dehidrasi bisa terjadi pada saat seseorang tidak minum cairan dalam jumlah cukup. Apabila seseorang mengalami dehidrasi, maka akan melihat air seni berwarna kuning gelap atau oranye berbeda dengan warna urine sehat dan berbau amonia.

Umumnya orang hanya mengalami dehidrasi ringan dan tidak butuh penanganan medis. Minum cairan lebih banyak khususnya air biasanya sudah bisa mengembalikan bau urine seperti normal dan anda akan lebih sering buang air kecil.

2. Infeksi Saluran kemih

Penyakit infeksi saluran kemih yang disebut dengan ISK biasanya bisa menyebabkan bau urine yang sangat kuat, ingin buang air kecil yang kuat dan saat buang air kecil terasa panas. Bakteri yang ada di dalam urin menjadi penyebab infeksi saluran kemih. Jika dokter mendiagnosis seseorang memiliki ISK, maka antibiotik akan diberikan untuk mengatasi bakteri tersebut.

3. Diabetes

Gejala paling umum dari diabetes adalah urine yang berbau harum. Penderita diabetes yang tidak diobati akan memiliki kadar gula darah tinggi yang membuat urine berbau manis. Jika ini memang terjadi, maka segera hubungi dokter sebab diabetes yang tidak diobati bisa berbahaya dan bahkan menyebabkan kematian serta ada hubungan gagal ginjal dengan diabetes.

4. Fistula Kandung Kemih

Fistula kandung kemih bisa terjadi ketika seseorang cedera atau cacat yang memungkinkan bakteri dari usus masuk ke kandung kemih dan menjadi salah satu ciri ciri kandung kemih bermasalah. Fistula kandung kemih bisa terjadi juga karena cedera bedah atau penyakit sus seperti kolitis, radang usus atau penyakit Crohn.

Sponsors Link

5. Penyakit Hati

Bau urin yang sangat kuat berbeda dengan air kencing berbau kopi juga bisa menjadi tanda dari penyakit hati dengan beberapa gejala seperti:

  • Berat badan yang menurun.
  • Kulit dan bagian putih mata yang menguning disebut penyakit kuning.
  • Mual dan muntah.
  • Sakit perut.
  • Kelemahan.
  • Kembung.

6. Fenilketonuria

Fenilketonuria merupakan penyakit genetik yang tidak bisa disembuhkan. Penyakit ini bisa membuat seseorang tidak bisa memecah asam amino yang disebut dengan fenilalanin kemudian menyebabkan air seni berbau. Pada saat metabolit metabolit tersebut menumpuk, maka urin bisa berbau seperti tikus.

Sponsors Link
>
, , , ,