Sponsors Link

Bau Mulut karena Sakit Ginjal : Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Ginjal adalah organ tubuh yang berperan dalam pembuangan zat sisa atau zat limbah yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh. Ginjal membuang limbah melalui urine. Jika ginjal terganggu, proses tersebut tidak akan lagi terjadi secara normal sehingga pembuangan limbah terhambat. Akibatnya akan muncul berbagai keluhan dan gejala, salah satunya adalah bau mulut.

ads

Penyebab

Bau mulut karena sakit ginjal memang bisa saja terjadi. Hal ini berkaitan dengan terganggunya fungsi ginjal atau tidak bekerjanya organ ginjal secara normal sehingga limbah sisa metabolisme terjebak dalam tubuh. Limbah tersebut seharusnya dikeluarkan dari tubuh. Jika limbah tidak dikeluarkan dan mengendap di tubuh dalam jangka waktu lama, maka memang akan muncul Ciri Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal berupa bau mulut yang cukup mengganggu.

Bau mulut pada penderita sakit ginjal kebanyakan diderita oleh orang-orang dengan Gagal Ginjal Kronis. Gejalanya adalah memiliki bau mulut seperti bau urine, karena tingginya kadar amoniak dalam darah. Amonia dalam darah yang tinggi akan berhubungan dengan organ pernafasan dan kelebihan amonia akan terbuang ketika bernafas. Hal inilah yang menyebabkan bau mulut. Selain berbau amonia atau urine, bau mulut karena sakit ginjal juga bisa seperti bau amis atau fishy.

Namun, jika Anda mengalami masalah bau mulut, tidak perlu selalu berpikir bahwa penyebab bau mulut selalu karena adanya Penyakit Ginjal. Karena masih ada kemungkinan lain yang menyebabkan gejala bau mulut, misalnya:

  • Masalah pada gigi, misal gigi berlubang, sisa akar gigi, gigi keropos, dan lain-lain.
  • Masalah pada gusi, misal peradangan gusi, infeksi pada gusi, dan lain-lain.
  • Masalah pada sistem pernafasan, seperti sinusitis, batuk berkrpanjangan, dan lain-lain.
  • Masalah pada mulut, misalnya mulut kering (xerostomia), dan lain-lain.
  • Kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut.
  • Dan sebagainya

Cara Mengatasi

Jika Anda mengalami gejala bau mulut, perhatikan saja gejala-gejala lain yang ada di tubuh Anda. Apakah ada gejala sakit ginjal lainnya yang Anda derita? Misalnya edema atau pembengkakan di beberapa bagian tubuh, perubahan volume dan frekuensi vuang air kecil, perubahan warna urine, sakit pinggang, dan Gejala Awal Penyakit Ginjal lainnya. Jika ada gejala-gejala tersebut, mungkin memang benar bahwa gejala bau mulut karena sakit ginjal terjadi kepada Anda. Sebaiknya:

Sponsors Link

  • Berkonsultasilah dengan dokter mengenai gejala-gejala yang Anda derita. Terutama jika sebelumnya belum pernah memeriksakan diri ke dokter terkait kondisi ginjal Anda.
  • Dokter kemungkinan akan melakukan pemeriksaan yang bisa memudahkan untuk diagnosis. Misalnya tes urine dan tes darah.
  • Jika terbukti memang ada gangguan di ginjal, lakukan pengobatan sesuai dengan rekomendasi dokter. Selain itu ikuti aturan main dokter dalam merekomendasikan Anda untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.
  • Jika gagal ginjal sudah parah, Cara Mengatasi Penyakit Ginjal cuci darah mungkin akan dilakukan untuk meredakan gejala yang diderita.

Namun jika Anda tidak memiliki gangguan ginjal, maka masalah bau mulut ini bisa didiskusikan dengan dokter gigi yang lebih memahami mengenai permasalahan tersebut untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai bau mulut karena sakit ginjal yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , ,