Sponsors Link

5 Penyebab Bau Air Kencing Menyengat

Sponsors Link

Jika anda mencium bau air kencing menyengat, bisa saja ini menjadi pertanda jika anda sedang mengalami kondisi atau gangguan kesehatan tertentu. Sebenarnya, bau air kencing yang kurang begitu sedap merupakan hal yang wajar terjadi sebab dalam air seni mengandung banyak zat buangan hasil dari metabolisme tubuh.  Salah satu zat yang membuat air kencing jadi berbau adalah kandungan amonia didalamnya. Namun dalam kondisi yang normal, kencing tidak akan menimbulkan bau yang sangat kuat. Namun jika memang bau air kencing menyengat anda alami, maka ini menandakan anda mengalami beberapa gangguan medis seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

ads
  1. Dehidrasi

Penyebab utama dari bau air kencing menyengat yang pertama disertai dengan warna urine kuning pekat adalah tanda jika tubuh anda mengalami dehidrasi. Ketika mengalami dehidrasi, maka berarti tubuh sedang kekurangan cairan dalam jumlah yang cukup banyak dan tentunya bisa mengganggu fungsi tubuh.

Selain kencing yang bau dan juga berwarna lebih pekat, dehidrasi juga bisa menyebabkan beberapa gejala lainnya seperti tubuh yang merasa lelah, kulit kering, mulut kering, pusing, sembelit, penyebab jarang buang air kecil dan kepala yang terasa berkunang kunang. Jika kondisi tersebut yang anda alami, maka sebaiknya perbanyak minum air putih dan segera periksakan diri ke fasilitas terdekat.

  1. Infeksi Saluran Kencing

Penyakit infeksi saluran kemih juga bisa menyebabkan bau kencing jadi menyengat. Bau tidak sedap tersebut bisa terjadi karena bakteri yang berkembang di dalam saluran sehingga membuat tubuh terinfeksi. Infeksi tersebut bisa terjadi pada uretra yakni saluran yang menjadi penghubung antara ginjal dan juga kandung kemih, ginjal dan juga kandung kemih. Beberapa gejala lain yang bisa terjadi ketika terkena infeksi adalah rasa nyeri saat buang air kecil, mual dan muntah, mengalami demam dan juga meriang.

  1. Gangguan Metabolik

Gangguan metabolik adalah gangguan pada tubuh yang terjadi pada saat proses metabolisme sedang terjadi yang menyebabkan urin berbau tidak sedap. Proses metabolisme merupakan proses pemecahan zat zat gizi agar bisa dipakai dengan mudah oleh jaringan jaringan tubuh. Gejala lain yang bisa terjadi ketika tubuh sedang mengalami gangguan metabolik adalah terjadi penurunan berat badan secara ekstrim, kehilangan nafsu makan, mual dan muntah bahkan hingga sampai menyebabkan koma.

  1. Diabetes Tidak Terkendali

Kencing yang berbau menyengat juga bisa jadi pertanda dari diabetes yang tidak terkontrol dimana ada perbedaan urine normal dan diabetes. Yang dimaksud dengan tidak terkontrol adalah seseorang yang tidak bisa mengendalikan kadar gula darah dengan baik sehingga sampai menyebabkan komplikasi dan masalah bagi tubuh. Pada saat kadar gula darah meningkat, maka bau kencing juga akan berubah menjadi bau manis dan juga seperti buah.

  1. Penyakit Liver

Masalah pada hati atau liver seringkali ditandai lewat urin yang tampak lebih gelap seperti warna teh berbeda dari warna urine sehat dan bau yang lebih menyengat. Jika ini terjadi, maka segera periksakan diri anda ke dokter khususnya jika bau air kencing menyengat diikuti dengan gejala lainnya seperti kembung, lemah, sakit di area perut, penurunan berat badan dan kulit yang berubah menjadi kuning. Penyakit liver ini membutuhkan penanganan terbaik agar tidak berkembang menjadi kondisi berbahaya.

Kondisi Lain Penyebab Kencing Menyengat

Beberapa kondisi lain yang bisa menyebabkan bau kencing jadi menyengat selain gangguan kesehatan juga bisa disebabkan karena beberapa kondisi fisik yang wajar, seperti: 

Sponsors Link

  • Sedang dalam masa ovulasi: Dalam sebuah penelitian mengatakan jika seorang perempuan yang sedang masuk ke masa subur bisa mengalami bau kencing yang lebih menyengat. Ini bisa terjadi karena hormon bisa berpengaruh pada kandungan amonia dalam urin sehingga bau urin jadi lebih menyengat.
  • Sedang dalam masa kehamilan: Tidak hanya selama masa ovulasi, namun bagi wanita yang sedang hamil, maka hormon kehamilan juga bisa mempengaruhi bau air kencing khususnya pada trimester pertama pada saat proses terbentuknya urine.
  • Mengkonsumsi suplemen atau vitamin: Jika bau urin berubah juga tidak perlu panik karena bisa saja disebabkan karena suplemen atau obat yang sedang dikonsumsi. Zat yang ada dalam obat atau suplemen bisa berpengaruh pada air kencing yang membuat baunya semakin menyengat.

Sponsors Link
>
, , ,