Sponsors Link

Cara Mengeluarkan Batu Ginjal yang Sudah Besar

Sponsors Link

Penyakit Batu Ginjal terbentuk dari senyawa-senyawa tertentu yang kemudian mengeras di dalam saluran kemih. Batu ginjal ini menjadikan beberapa gejala yang cukup mengganggu. Batu ginjal ukurannya berbeda-beda. Ada yang kecil dan ada batu ginjal yang sudah besar. Cara mengeluarkan batu ginjal yang masih kecil ukurannya bisa dilakukan dengan rawatan rumahan.

ads

Namun jika ukuran batu ginjal sudah besar, perawatan rumahan tidak bisa lagi dilakukan karena ukuran batu ginjal yang besar tidak bisa keluar secara normal dari uretra. Untuk kasus demikian, perawatan lanjutan diperlukan untuk mengeluarkannya. Berikut beberapa cara mengeluarkan batu ginjal yang ukurannya sudah besar yang bisa dilakukan sesuai dengan kondisi masing-masing pasien.

  1. ESWL

Extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL) merupakan salah satu prosedur yang bisa dilakukan untuk membantu mengeluarkan batu ginjal dari tubuh. Sistemnya adalah untuk menghancurkan batu ginjal sehingga batu ginjal akan terpecah menjadi serpihan yang lebih kecil. Jika serpihan batu ginjal sudah lebih kecil, diharapkan batu ginjal bisa keluar tanpa operasi. ESWL menggunakan gelombang suara ultrasound atau frekuensi tinggi.

Pasien akan berbaring di bawah mesin yang disebut dengan istilah lithotriper. Mesin inilah yang akan mengirimkan gelombang ultrasound ke tubuh dan memecah batu ginjal menjadi lebih kecil.

  1. Ureteroskopi

Teknik untuk mengeluarkan batu ginjal yang sudah besar ukurannya berikutnya adalah dengan ureteroskopi. Teknik ini dilakukan dengan sebuah alat yang disebut sebagai ureteroskop. Dimana alat tersebut dimasikkan ke ueter dari saluran uretra. Alat ini akan mencoba menemukan letak batu ginjal.

Jika batu ginjal sudah diketahui posisinya, batu akan dihancurkan dengan laser atau instrumen lainnya. Teknik ini dilakukan khususnya untuk menangani kasus batu ginjal yang terjebak di saluran ureter. Ketahui juga beberapa Perawatan Setelah Laser Batu Ginjal setelah prosedur laser dilakukan.

  1. Operasi atau bedah terbuka

Batu ginjal yang sudah besar dan tidak dimungkinkan untuk dikeluarkan dengan teknik-teknik di atas, bisa jadi akan dikeluarkan dalam proses bedah terbuka atau Jenis Operasi Batu Ginjal. Namun di zaman modern seperti saat ini, teknik ini jarang digunakan dan hanya digunakan jika Ukuran Batu Ginjal yang Harus Dioperasi memang sudah sangat besar. Bedah terbuka ini juga sering disebut sebagai operasi pengangkatan batu ginjal.

Sponsors Link

  1. PNCL

Percutaneous Nephrolithotomy atau PNCL merupakan teknik yang bisa dilakukan juga untuk membantu menghancurkan batu ginjal. Caranya adalah dengan membuat sayatan di permukaan kulit yang dekat dengan ginjal. Kemudian sebuah alat yang bernama nephroscope dimasukkan untuk memecah dan juga mengangkat serpihan batu ginjal.

Teknik ini adalah alternatif lain dari teknik ESWL, yaitu jika ESWL tidak bisa dilakukan karena beberapa faktor penyebab. Misalnya jika pasien memiliki berat badan berlebihan atau obesitas.

Demikianlah beberapa cara mengeluarkan batu ginjal yang sudah besar yang bisa dilakukan oleh dokter dan tim medis yang bersangkutan. Jika Gejala Awal Penyakit Batu Ginjal terjadi pada Anda, sebaiknya lakukan pemeriksaan agar mengetahui seberapa ukuran batu ginjal Anda dan bagaimana cara mengeluarkan batu ginjal sesuai dengan ukurannya. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan