Sponsors Link

Penyebab Batu Ginjal Sudah Keluar Tapi Masih Sakit

Sponsors Link

Batu ginjal merupakan salah satu gangguan pada ginjal yang disebabkan oleh mengerasnya senyawa-senyawa di dalam ginjal. Senyawa yang berkumpul dan mengeras itu akan membentuk batu dan menyumbat saluran ekskresi. Batu ginjal itu sendiri memiliki beberapa Jenis Jenis Batu Ginjal yang dibedakan berdasarkan jenis senyawa yang menyebabkan batu.

ads

Bagi orang-orang dengan gangguan batu ginjal yang masih kecil, batu ginjal bisa keluar sendiri tanpa perlu melalui operasi. Namun jika ukuran batu ginjal sudah besar, beberapa langkah pengobatan bahkan Jenis Operasi Batu Ginjal perlu dilakukan. Akan tetapi, setelah batu ginjal keluar, mungkin memang masih  ada gejala yang dirasakan.

Penyebab

Berikut beberapa penyebab batu ginjal sudah keluar tapi masih sakit.

  1. Masih ada sisa batu ginjal

Jika seseorang mengalami batu ginjal dan sudah merasa batu ginjalnya sudah keluar, namun rasa sakit masih dirasakan, bisa jadi masih ada sisa batu ginjal di dalam tubuhnya yang belum keluar. Dalam artian, batu ginjalnya belum keluar semua secara tuntas. Karena bisa jadi batu ginjal yang terbentuk bukan hanya satu serpihan, melainkan lebih dari satu serpihan.

  1. Ada luka di dalam

Salah satu Efek Samping Batu Ginjal yang mungkin terjadi adalah hematuria atau kencing berdarah. Hematuria ini terjadi jika di dalam tubuh ada organ yang terluka, sehingga menyebabkan urine yang keluar bercampur dengan darah. Luka itu bisa juga disebabkan oleh batu ginjal yang bergerak ke bawah. Jika batu ginjal sudah keluar tapi masih sakit, cobalah untuk menghubungi dokter untuk mengetahui apakah ada luka atau infeksi di dalam tubuh.

  1. Proses penyembuhan

Perlu diketahui bahwa setiap penyakit pasti membutuhkan proses untuk bisa sembuh. Termasuk batu ginjal. Batu ginjal yang sudah keluar bisa jadi masih meninggalkan sisa-sisa gejala. Sehingga bisa jadi rasa sakit masih dirasakan selama masa penyembuhan tersebut. Misalnya jika sebelumnya di dalam saluran ekskresi ada luka akibat batu ginjal, maka rasa sakit tersebut muncul dari sana selama masa penyembuhan.

Atau jika Anda menjalani operasi batu ginjal, tentu juga butuh masa penyembuhan agar semua gejala bekas operasi dan bekas batu ginjal benar-benar hilang. Termasuk rasa sakit yang ada.

Itulah beberapa kemungkinan batu ginjal yang tetap terasa sakit walaupun sudah dikeluarkan.

Cara Mengatasi

Jika Anda mengalami batu ginjal sudah keluar tapi masih sakit, sebaiknya tanyakan ke dokter yang bersangkutan agar dokter bisa memberikan penjelasan. Jika diperlukan, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan kembali untuk mengetahui apakah batu ginjal sudah benar-benar berhasil dikeluarkan, atau masihkah ada sisa batu ginjal di tubuh yang masih belum tuntas untuk dikeluarkan.

Sponsors Link

Jika Anda baru saja menjalani operasi Penyakit Batu Ginjal, jangan lupa untuk mengikuti semua rekomendasi dokter dan tetap menjaga konsumsi obat-obatan yang mungkin diberikan sesuai dengan anjuran. Selain itu jika muncul gejala yang mencurigakan pasca operasi pengangkatan batu ginjal, sebaiknya segeralah menghubungi dokter.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai penyebab batu ginjal sudah keluar tapi masih sakit dan cara mengatasinya. Ketahui juga beberapa Tanda Batu Ginjal Sudah Sembuh. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, ,