Sponsors Link

Batu Ginjal pada Anak : Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Sponsors Link

Mungkin Penyakit Batu Ginjal sudah tidak asing di telinga. Penyakit ini ditandai dengan adanya sumbatan pada ginjal dan menjadikan gangguan saat berkemih. Gangguan ini rupanya tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa, melainkan bisa juga menyerang anak. Walau kondisi batu ginjal pada anak terbilang cukup jarang, akan tetapi kondisi ini tentu perlu dicegah dan diwaspadai orang tua. Berikut beberapa penjelasan mengenai gangguan batu ginjal yang menyerang anak.

ads

Penyebab

Batu Ginjal memang seringkali terjadi pada orang dewasa. Namun tidak menutup kemungkinan gangguan ini terjadi pada anak-anak. Penyebab batu ginjal pada anak yang paling besar adalah dikarenakan anak memang memiliki beberapa kondisi atau kelainan tertentu sehingga menyebabkan batu ginjal ini mudah terbentuk. Selain itu, ada juga beberapa pasien anak yang tidak diketahui apa alasan terciptanya batu ginjal pada tubuhnya. Namun beberapa faktor risiko berikut bisa meningkatkan potensinya.

  • Kadar kalsium yang tinggi pada darah
  • Kadar oksalat yang tinggi pada urine
  • Kadar asam urat pada urine yang tinggi
  • Ketidaknormalan saluran kemih sejak lahir
  • Kebiasaan mengonsumsi makanan asin
  • Faktor genetika
  • Obesitas
  • Adanya benda asing pada saluran kemih

Itulah beberapa penyebab atau faktor risiko yang bisa meningkatkan potensi anak terkena penyakit batu ginjal ini.

Gejala

Batu ginjal pada anak mirip dengan batu ginjal pada orang dewasa, termasuk pada gejala yang muncul. Berikut ada beberapa Ciri ciri Batu Ginjal yang bisa terjadi pada anak.

  • Sakit pada area punggung bawah secara tiba-tiba
  • Sakit pada area perut dan selakangan
  • Hematuria atau darah bercampur urine
  • Mual dan muntah
  • Rasa sakit saat buang air kecil
  • Gejala infeksi saluran kemih yang terjadi berkali-kali
  • Demam

Itulah beberapa gejala dari batu ginjal yang bisa menyerang anak. Namun tidak semua anak yang menderita batu ginjal akan mengalami gejala di atas, karena semua gejala tergantung dari ukuran batu ginjal dan juga kondisi masing-masing anak.

Pengobatan

Pada dasarnya batu ginjal pada anak bisa diobati dan disembuhkan. Namun cara penyembuhannya tergantung pada Jenis Jenis Batu Ginjal, yaitu ukuran batu ginjal, material pembentuk batu ginjal, dan juga posisinya. Batu ginjal yang masih memiliki ukuran kecil dan masih mampu dihilangkan lewat saluran kemih secara alami, bisa dihilangkan dengan banyak-banyak mengonsumsi air putih. Batu ginjal lama kelamaan akan luruh dan hilang bersama urine si penderita. Namun masalahnya, jika penderitanya adalah anak-anak, mungkin akan sulit memberikan pengertian pada mereka untuk lebih sering minum air putih. Di situlah peran orang tua untuk bisa memberikan pemngertian pada anak-anak.

Sponsors Link

Lain halnya jika ukuran batu ginjal ini sudah besar dan relatif tidak bisa hilang lewat saluran kemih. Maka akan dibutuhkan perawatan medis yang lebih kompleks. Pada kondisi inilah biasanya muncul gejala rasa sakit. Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Gelombang kejut lithotripsy (SWL)

Pengobatan pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan teknik SWL atau gelombang kejut lithotripsy. Prosedur ini dilakukan dengan menghasilkan gelombang kejut dari sebuah alat tertentu. Tujuannya adalah untuk membantu menghancurkan batu ginjal agar lebih mudah luruh dan dibuang bersama urine.

  • Pengangkatan batu dengan ureteroscope

Pengobatan lainnya bisa dilakukan yaitu dengan pengangkatan batu ginjal dengan metode ureteroscope. Mekanisme ini dilakukan dengan memasukkan alat, dan batu akan diangkat oleh ujung alat tersebut.

Sponsors Link

  • Lithotripsy dengan uretroscope

Cara lainnya adalah dengan menggunakan sinar laser untuk membantu menghancurkan batu ginjal. Batu ginjal akan terpotong-potong menjadi ukuran yang lebih kecil sehingga bisa dihilangkan dengan banyak-banyak minum air putih.

  • Percutaneous nephrolithotomy

Cara ini bisa dilakukan dengan memasukkan selang pada ginjal dengan pembedahan di bagian punggung. Lalu batu akan dihilangkan dengan mekanisme tertentu, yaitu dengan alat yang bernama nephroscope.

Walau memang ada beberapa Resiko Operasi Batu Ginjal, akan tetapi anak-anak yang menderita batu ginjal sebagian besar bisa sembuh secara total tanpa adanya komplikasi jangka panjang. Namun, orang tua memang perlu tahu beberapa cara pencegahan, yaitu dengan membiasakan anak minum air putih secara cukup setiap hari. Cara ini adalah cara paling sehat dan juga bisa mencegah pengendapan-pengendapan limbah di ginjal dan saluran kemih lainnya.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai batu ginjal pada anak yang perlu diketahui. Jika anak Anda mengalami kondisi tersebut, segera lakukan pemeriksaan agar bisa ditangani sesuai dengan kebutuhannya. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,