Sponsors Link

Benarkah Batu Ginjal Menyebabkan Gagal Ginjal ? Ini Penjelasannya

Sponsors Link

Beberapa penyakit yang menyerang ginjal ada yang disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat. Salah satunya adalah batu ginjal. Batu ginjal itu sendiri merupakan kondisi dimana ada sumbatan berupa batu di ginjal. Batu ini sendiri terbentuk dari sisa-sisa metabolisme yang mengendap dan lama kelamaan mengeras membentuk batu di ginjal. Gangguan batu ginjal harus segera diatasi. Karena jika tidak, bisa menyebabkan berbagai komplikasi. Salah satunya adalah batu ginjal menyebabkan gagal ginjal.

ads
  • Batu ginjal menyebabkan sumbatan

Seperti yang diketahui bersama bahwa batu ginjal adalah komponen yang mempengaruhi kelancaran sistem kemih dalam bekerja. Ciri ciri Batu Ginjal Awal tergantung dari ukurannya. Ukuran batu ginjal memang bermacam-macam. Dan semakin besar ukuran batu ginjal, tentu saja potensi untuk menciptakan sumbatan akan lebih besar. Hal tersebut akan menjadikan sistem kemih tidak lancar dalam memproses urine dan juga mengeluarkan urine. Terlihat dari gejala batu ginjal yang salah satunya adalah mengalami penurunan volume urine.

  • Sumbatan akan memperburuk fungsi ginjal

Jika urine terhalangi untuk keluar, dalam artian Penyakit Batu Ginjal menyebabkan urine terjebak di dalam tubuh, maka hal tersebut akan mempengaruhi fungsi ginjal dimana ginjal akan mendapat tekanan. Dan hal ini jika terjadi dalam waktu yang lama akan membuat batu ginjal menyebabkan gagal ginjal akut. Walau gagal ginjal akut bisa untuk disembuhkan, namun tentu saja permasalahan batu ginjal perlu untuk diatasi dengan baik.

  • Meningkatkan risiko gagal ginjal kronis

Sayangnya, bukan hanya gagal ginjal akut yang bisa terjadi pada akibat dari batu ginjal. Namun, lebih dari itu, batu ginjal menyebabkan gagal ginjal kronis juga. Dan ini merupakan ancaman yang berbahaya.

Gagal ginjal kronik pada batu ginjal terjadi jika sistem kemih memang sudah tidak mampu menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya karena adanya sumbatan atau peradangan pada ginjal tersebut. Sehingga ginjal lama kelamaan akan mengalami penurunan fungsi. Dan jika terjadi pada jangka panjang, bisa menyebabkan kerusakan ginjal kronis atau gagal ginjal kronis. Bahkan bisa jadi Gagal Ginjal Usia Muda juga terjadi.

Cara Mengatasi

Bagi Anda yang mengalami gejala batu ginjal, mengingat bahaya dari batu ginjal menyebabkan gagal ginjal, maka ada baiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Penanganan batu ginjal akan diberikan sesuai dengan ukuran batu ginjal itu sendiri. Jika batu belum membesar, maka penanganan sederhana mungkin bisa dilakukan, dan risiko gagal ginjal masih kecil.

Sponsors Link

Namun jika batu sudah berukuran besar, maka risiko gagal ginjal juga meningkat. Untuk batu ginjal yang berukuran besar, maka penanganan bisa dilakukan dengan jalan operasi pengangkatan batu ginjal. Walau pasti ada Efek Samping Operasi Laser Batu Ginjal, namun cara itu memang harus dilakukan untuk mencegah komplikasi dari batu ginjal yang salah satunta adalah gagal ginjal.

Demikianlah penjelasan mengenai batu ginjal yang dapat menyebabkan gagal ginjal sehingga memang sangat perlu untuk dicegah sejak awal. Selalu cegah Penyakit Ginjal sejak dini agar terhindar dari segala macam gangguan kesehatan jangka pendek maupun jangka panjang. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , ,