Sponsors Link

Batu Ginjal Bolehkah Minum Susu ? Ini Penjelasannya

Sponsors Link

Batu ginjal merupakan salah satu gangguan yang terjadi di ginjal dan saluran kemih. Ciri ciri Batu Ginjal Awal ditandai dengan munculnya batu atau kristal di ginjal karena penumpukan senyawa-senyawa tertentu. Batu ginjal berbeda-beda ukurannya. Pada awalnya mungkin ukuran batu ginjal kecil. Namun lama kelamaan akan menjadi besar dan akan semakin sulit untuk dikeluarkan.

ads

Ketika seseorang menderita Penyakit Batu Ginjal, memang ada makanan dan minuman yang perlu dihindari untuk meminimalisir atau mencegah pembentukan batu ginjal menjadi semakin besar. Salah satunya yang sering dibahas adalah susu. Batu ginjal bolehkah minum susu? Berikut beberapa penjelasannya.

Susu dan Batu Ginjal

Seperti yang diketahui bersama, susu sebenarnya adalah minuman yang sehat dan menyehatkan. Namun konsumsi susu yang terlalu berlebihan tidak baik juga untuk kesehatan. Salah satunya untuk orang yang menderita batu ginjal. Hal ini dikarenakan kebanyakan Penyebab Batu Ginjal Kalsium Oksalat disebabkan oleh terlalu banyaknya kandungan kalsium pada darah. Sedangkan susu itu sendiri adalah salah satu bahan makanan yang tinggi akan kalsium.

Walau beberapa pasien batu ginjal memang disarankan untuk menghindari susu, terutama susu kalsium tinggi, namun tidak semua pasien batu ginjal memiliki kecenderungan yang sama. Karena Jenis Jenis Batu Ginjal bukan hanya oksalat saja.

Sehingga orang yang menderita batu ginjal sebaiknya mengetahui kebutuhan kalsium tubuhnya dan jenis batu ginjalnya agar mengetahui batas kadar susu yang boleh dikonsumsi dan kadar susu yang tidak boleh dikonsumsi.

Hal ini dikarenakan kebutuhan kalsium masing-masing orang berbeda-beda. Sedangkan, membatasi konsumsi kalsium juga perlu dipikirkan lagi karena bagaimana pun juga tubuh tetap membutuhkan kalsium agar tulang dan gigi bisa tetap kuat. Maka dari itu, berkonsultasi dengan dokter tetap diperlukan bagi penderita batu ginjal yang ingin minum susu. Tujuannya adalah mengetahui kadar susu yang boleh dan tidak boleh diminum.

Tips

Batu ginjal bolehkah minum susu? Jawabannya adalah tergantung dari kondisi masing-masing pasien batu ginjal itu sendiri. Jika dokter melarang konsumsi makanan tinggi kalsium, maka susu sebaiknya dihindari. Namun tidak semua pasien batu ginjal memiliki kecenderungan yang sama. Berikut beberapa tips yang perlu diketahui.

Sponsors Link

  • Selalu tanyakan pada dokter mengenai jenis makanan dan minuman yang dilarang dan direkomendasikan untuk Anda. Karena jenis batu ginjal ada bermacam-macam, dan tentunya setiap jenis batu ginjal memiliki pantangan masing-masing.
  • Jika dokter mengatakan bahwa Anda harus membatasi konsumsi susu karena dikhawatirkan dapat memperparah batu ginjal Anda, maka hindari konsumsi susu. Hindari juga beberapa produk olahan susu lainnya. Misalnya keju, krim keju, yogurt, susu fermentasi, dan sebagainya.
  • Ketahui juga suplemen-suplemen yang Anda konsumsi. Sebaiknya sebelum mengonsumsi suplemen, konsultasikan juga dengan dokter karena beberapa suplemen yang dikonsumsi berlebihan bisa jadi juga bisa menyebabkan batu ginjal atau meningkatkan risiko batu ginjal. Misalnya Vitamin C Penyebab Batu Ginjal jika dikonsumsi dengan dosis berlebihan.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai batu ginjal bolehkah minum susu? Kesimpulannya adalah penderita batu ginjal perlu berkonsultasi dengan dokter karena kondisi setiap pasien batu ginjal berbeda-beda. Jika memang dokter melarang Anda untuk tidak mengonsumsi susu, sebaiknya hindari susu dan produk olahan susu. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman