Sponsors Link

Batu Ginjal – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Bagi semua orang, ginjal adalah salah satu organ tubuh yang paling penting. Organ yang satu ini memiliki banyak fungsi penting yang tidak bisa tergantikan di dalam sistem tubuhmu. Oleh karena itulah, merawat organ yang satu ini merupakan sebuah kewajiban bagi semua orang termasuk dirimu. Baik kamu masih remaja ataupun sudah memasuki masa tua, kamu harus melakukan perawatan terhadap organ ginjal yang kamu miliki.

ads

Pada artikel yang lain kita telah mempelajari banyak hal tentang bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal.  Misalnya kita telah mempelajari bagaimana melakukan penanganan batu ginjal, cara mencegah gagal ginjal, cara mengobati ginjal bocor, penyebab penyakit ginjal, beberapa ciri-ciri penyakit ginjal seperti gejala sakit ginjal pada wanita atau gejala batu ginjal pada pria dan lain sebagainya. Tetapi kita masih perlu mempelajari hal lain tentang ginjal.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan ginjal mengalami kerusakan. Salah satu penyebabnya adalah karena penyakit yang menyerang ginjal. Beberapa di antara penyakit yang menyerang ginjal tersebut antara lain adalah gagal ginjal, ginjal bengkak, ginjal bocor, ginjal mengecil dan juga batu pada ginjal. Batu pada ginjal adalah salah satu masalah yang cukup serius bagi kita karena bisa memicu pertumbuhan dan munculnya penyakit yang lain. Sering kali kidney stone merupakan awal dari munculnya gagal ginjal dan berbagai masalah ginjal lainnya.

Batu pada ginjal atau kidney stone merupakan penyakit ginjal yang cukup berbahaya. Kidney stone adalah keadaan adanya padatan kristal yang berada di salah satu saluran kemih atau ginjal, sehingga menyumbat transportasi cairan pada saluran-saluran tersebut. Apabila kidney stone membesar, maka ginjal atau saluran kemih akan mengalami iritasi yang relatif parah dan bisa mengakibatkan cairan yang ada di dalam tubuh tidak bisa dikeluarkan dengan optimal. Oleh karena itulah, apabila keadaan ini telah terjadi gagal ginjal, ginjal bengkak, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana caranya supaya kamu bisa mengatasi penyakit yang satu ini dengan baik? Apa saja yang harus kamu ketahui agar kamu bisa menyelamatkan dirimu dari serangan kidney stone? Apa saja yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi batu pada ginjal? Apabila itu adalah pertanyaan-pertanyaan yang kamu miliki, maka beruntung sekali karena kamu akan mempelajarinya dalam artikel kita kali ini.

Tunggu apa lagi? Silakan kamu baca tentang penyakit ini di bawah ini ya!

Penyebab Penyakit Kidney Stone

Agar bisa mencegah penyakit batu pada ginjal yang satu ini, tentu saja aspek pertama yang perlu kita ketahui adalah tentang penyebab terjadinya batu pada ginjal. Dengan mengetahui penyebab batu pada ginjal tersebut, maka dari situlah kita bisa mengantisipasi batu pada ginjal. Dengan kata lain, mengetahui tentang penyebab batu ginjal adalah langkah pertama untuk melakukan pencegahan dan perlawanan terhadap penyakit batu pada ginjal.

Sponsors Link

Sampai saat ini, ada banyak hal yang diketahui bisa berpotensi berhubungan dengan munculnya penyakit batu pada ginjal. Penyebab-penyebab ini mungkin tidak semuanya dialami oleh para penderita batu pada ginjal, akan tetapi penyebab umum di bawah ini dapat dikategorikan dan diantisipasi sebagai penyebab gagal ginjal. Beberapa penyebab yang memungkinkan terjadinya batu pada ginjal adalah sebagai berikut.

  • Terjadinya infeksi ginjal
  • Gaya hidup yang buruk dan kurang banyak minum air
  • Konsumsi makanan tinggi kalsium yang terlalu banyak
  • Konsumsi makanan dengan kandungan oksalat yang terlalu banyak
  • Terjadinya proses pembentukan urine yang tidak sempurna sehingga gagal menghasilkan zat pemisah antara zat-zat kristal yang ada di saluran kemih
  • Memakan terlalu banyak makanan yang mengandung kadar asam urat tinggi
  • Kadang kala, batu ginjal juga disebabkan karena faktor genetika alias karena masalah keturunan
  • Memakan terlalu banyak makanan tinggi protein terutama protein hewani tanpa diimbangi dengan minum air yang cukup
  • Terlalu banyak asam amino sistinuria yang diproduksi oleh ginjal
ads

Cara Mengatasi atau Pengobatan Kidney Stoe

Mengetahui penyebab kidney stone mungkin membantu kita dalam melakukan pencegahan terhadap kidney stone, akan tetapi hal tersebut kurang apabila kamu ingin untuk menyelesaikan masalah batu pada ginjal dengan sempurna. Oleh karena itu kita pun memerlukan untuk mengetahui cara untuk mengatasi masalah batu pada ginjal. Dengan demikian kita bisa membantu mengatasi masalah kidney stone yang mungkin muncul pada diri sendiri, pada anggota keluarga kita, ataupun pada teman-teman kesayangan kita.

Sebenarnya terdapat berbagai macam cara untuk mengatasi penyakit kidney stone. Cara mengatasi atau pengobatan batu pada ginjal ini bisa kamu coba dari obat-obatan medis sampai dengan berbagai macam obat-obatan tradisional alias herbal yang diramu dengan berbagai macam bahan-bahan alami dari berbagai macam tumbuhan ataupun sayuran yang ada di sekitar kita. Pada bagian artikel berikut ini kita akan membahas beberapa cara mengatasi atau mengobati kidney stone agar kamu bisa mengatasi masalah batu pada ginjal dengan cepat sebelum bertambah parah

1. Meminum jus lemon segar

Pengobatan herbal atau tanpa obat medis yang pertama kali bisa kamu coba untuk kidney stone yang pertama adalah dengan menggunakan buah lemon. Buah lemon yang memiliki kadar keasaman yang tinggi beserta berbagai macam kandungan lainnya, sangat baik untuk menghancurkan batu ginjal yang telah terbentuk di dalam ginjalmu. Untuk mengonsumsinya juga mudah sekali. Kamu hanya perlu meminum jus lemon beberapa kali dalam sehari sesuai dosis agar membantu menghancurkan kidney stone di dalam tubuhmu.

2. Mengonsumsi minyak zaitun

Cara mengatasi kidney stone berikutnya adalah dengan memanfaatkan minyak zaitun. Minyak yang satu ini sebenarnya telah lama dikenal sebagai salah satu bahan obat-obatan herbal yang sangat baik karena memiliki banyak khasiat untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan tubuh kita. Salah satu penyakit yang bisa diatasi oleh minyak zaitun adalah masalah ginjal yaitu ketika ginjal memiliki kidney stone.

3. Cuka apel

Pernah tau yang namanya cuka apel? Cuka apel murni sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk menjadi salah satu obat-obatan tradisional dalam mengatasi kidney stone, terutama dengan mencampurnya dengan lemon plus minyak zaitun supaya khasiatmya menjadi lebih efektif. Kamu bisa meminumnya setelah sebelumnya kamu meminum jus lemon atau minyak zaitun, dengan syarat pada minuman yang kedua ini jumlah jus lemon dan minyak zaitun dikurangi setengah porsi dari sebelumnya.

4. Uva ursi

Selain lemon, uva ursi adalah salah satu jenis tanaman yang juga banyak dikenal mengandung khasiat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal dan juga kandung kemih. Tanaman yang satu ini mengandung banyak senyawa-senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti tanin, flavonoid, piceosides, triterpen, dan lain sebagainya.

Adanya kandungan-kandungan di atas membuat uva ursi bisa dimanfaatkan sebagai anti bakteri untuk menjaga kesehatan saluran kemih dan kandung kemih. Selain itu, uva ursi juga memiliki sifat diuretik yang bagus untuk mengikat air dan melawan batu ginjal. Manfaat lain dari tanaman yang satu ini adalah adanya potensi uva ursi untuk digunakan sebagai salah satu hal dalam mengatasi peradangan kronis pada kandung kemih atau ginjal sehingga kesehatan saluran kemih serta ginjal bisa terjaga dengan baik.

Sponsors Link

5. Akar dandelion

Selain pengobatan dan cara mengatasi ginjal di atas, ada alternatif lain yang bisa kamu coba untuk mengatasi kidney stone. Akar dandelion adalah salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah di atas. Kamu bisa mengonsumsi akar dandelion dalam jumlah kurang lebih 500 mg dalam dua kali sehari sebagai salah satu bentuk pengobatan sekaligus pencegahan terhadap munculnya batu pada ginjal.

Apabila kamu membutuhkan alternatif lain dalam mengatasi masalah kidney stone, maka kamu juga bisa mencoba beberapa cara lain untuk mengatasi kidney stone di bawah ini. Berikut ini beberapa pengobatan tambahan untuk kidney stone.

  • Teh Horsetail
  • Jus Buah Delima
  • Seledri
  • Mengkudu
  • Daun tempuyung
  • Daun dadap
  • Daun gempur batu
  • Daun alpukat
  • Buah manggis
  • Teh basil
  • Jus seledri
  • Jus basil
  • Keji keling
  • Kumis kucing

Ciri-ciri dan Gejala Penyakit Kidney Stone

Masalah terakhir yang perlu kamu ketahui tentang penyakit batu pada ginjal adalah tentang ciri-ciri atau gejala dari penyakit tersebut. Dengan mengetahui ciri-ciri inilah kita bisa mengambil langkah untuk menangani masalah tersebut dengan cepat dan tidak terlambat. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri atau gejala penyakit kidney stone yang bisa kamu gunakan untuk mengantisipasi apakah kamu terkena penyakit batu pada ginjal atau tidak.

  • Suhu badan tinggi dalam jangka waktu yang lama
  • Warna urine berubah menjadi lebih pekat
  • Terdapat rasa nyeri yang parah pada bagian sisi tubuh atau punggung di bawah pinggul
  • Munculnya mual dan muntah yang intens
  • Munculnya nyeri saat buang air kecil
  • Seringnya buang air kecil
  • Walaupun lebih sering, akan tetapi air kencing lebih sulit keluar
  • Bau urine menjadi sangat bau

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang penyakit batu pada ginjal. Jangan lupa untuk menjauhi makanan penyebab sakit ginjal dan memakan makanan yang baik untuk ginjal. Semoga dengan mengetahui beberapa hal di atas kamu bisa mengatasi penyakit batu pada ginjal dengan tepat ya. Selamat merawat ginjalmu!

Sponsors Link
>
, , ,