Sponsors Link

Banyak Minum Tapi Jarang Kencing – Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Beberapa orang mengeluh sulit buang air kecil, atau jumlah urine yang di keluarkan sedikit, padahal ia minum banyak setiap harinya. Apakah hal tersebut menandakan adanya penyakit ginjal yang patut diwaspadai? Lebih jauh lagi, apakah hal tersebut menunjukkan gejala penyakit infeksi saluran kemih? Sebagai orang awam yang tidak tahu banyak hal mengenai kesehatan secara akurat, ada banyak sekali dugaan dan prasangka yang timbul saat tubuh tidak berfungsi seperti seharusnya. Terutama saat anda banyak minum tapi jarang kencing, tentu anda bertanya-tanya kemanakah sejumlah air yang masuk ke tubuh tersebut? Sangat tidak mungkin jika tubuh menyerap semua air tersebut.

ads

Perlu anda perhatikan korelasi antara jumlah air yang anda minum setiap hari dengan jumlah urine yang dikeluarkan. Seharusnya, tidak ada perbedaan signifikan antara jumlah air yang anda minum dengan urine yang dihasilkan. Jika anda mengalami banyak minum tapi jarang kencing, hal ini tentu mengkhawatirkan, bukan? Perubahan volume air kencing memang bisa saja menunjukkan kondisi tubuh anda, bahkan hal tersebut menjadi gejala beberapa kondisi yang membahayakan kesehatan anda.

Berikut beberapa penyebab banyak minum tapi jarang kencing yang perlu anda perhatikan:

  1. Mengalami dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi saat tubuh kehilangan sebagian besar cairan, dan untuk mengganti sejumlah cairan yang hilang, tubuh akan menyerap sebanyak mungkin cairan yang didapatkan. Dalam kondisi ini, tubuh akan menyerap sebagian besar cairan yang masuk ke tubuh, sehingga jumlah air yang dikeluarkan baik dalam bentuk urine maupun keringat akan berkurang secara drastis.

  1. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu

Obat-obatan tertentu dapat merangsang perubahan hormon di dalam tubuh. Jumlah urine yang dihasilkan tubuh dapat dipengaruhi oleh dua jenis hormon. Hormon antidiuretik (ADH) dan hormone insulin. Jika kandungan air di dalam darah sedikit, maka hormon ADH akan banyak disekresikan ke ginjal untuk menyerap lebih banyak air sehingga urine yang dihasilkan sedikit. Saat konsentrasi hormon insulin rendah, maka urine yang dihasilkan banyak. Sebaliknya, saat konsentrasi hormon insulin tinggi, maka jumlah urine yang dihasilkan sedikit.

  1. Mengalami gangguan ginjal

Gangguan ginjal ada bermacam-macam. Seperti batu ginjal, gagal ginjal kronis, penyakit bawaan (kongenital), dan sebagainya. Gangguan gagal ginjal misalnya. Saat jumlah urine menurun/tidak normal seperti yang seharusnya, hal ini menunjukkan adanya penurunan fungsi ginjal. Jika dibiarkan terus menerus hingga stadium lanjut, hal ini akan berdampak pada rusaknya fungsi ginjal secara menyeluruh. Tubuh akan kesulitan mengeluarkan urine, jumlah urine yang dihasilnya sangat sedikit, hingga sama sekali tidak bisa kencing. Hal ini sudah menunjukkan ciri-ciri gagal ginjal akut, membuat anda harus melakukan cuci darah, dan jika terus dibiarkan fungsi ginjal akan rusak total sehingga harus melakukan transplantasi ginjal.

  1. Mengalami gangguan saluran kandung kemih

Selain gangguan ginjal, hal lain yang dapat menyebabkan banyak minum tapi jarang kencing adalah gangguan saluran kemih dan kandung kemih. Jumlah air seni yang dihasilkan tubuh bisa saja tertahan saat terjadi penyempitan saluran kemih, tersumbatnya saluran kemih, dan infeksi kandung kemih.

Sponsors Link

Jika kondisi banyak minum tapi jarang kencing sudah berlangsung cukup lama, anda harus waspada dan sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk pengecekan lebih lanjut. Jangan pernah menganggap sepele, karena hal tersebut bisa saja merupakan gejala awal dari penyakit ginjal serius. Kurangi kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal seperti minum minuman beralkohol dan mengkonsumsi kafein dalam kadar tinggi. Berhenti menunda-nunda kencing, karena hal tersebut dapat membahayakan saluran kemih anda. Konsumsi air mineral secukupnya, imbangi dengan makanan berprotein seperti telur dan ikan, hindari penggunaan obat-obatan tertentu secara berlebih, dan istirahatlah yang cukup di malam hari. Semoga informasi ini bermanfaat!

Sponsors Link
>
, , ,