Sponsors Link

Bahaya Pembengkakan Ginjal – Penyebab dan Cara Mengobatinya

Sponsors Link

Maksud dari pembengkakan ginjal adalah suatu kondisi dimana terjadinya sedikit pembengkakan pada salah satu ataupun kedua organ ginjal. Ginjal bengkak merupakan salah satu tanda yang muncul apabila ginjal sedang mengalami gangguan kesehatan. Di artikel ini kami akan membahas secara tuntas bahaya pembengakakan ginjal serta penyebab – penyebab dan cara mengatasi penyakit ginjal bengkak ini.

ads

Penyebab Ginjal Bengkak

  1. Batu Ginjal

Nefrolitiasis atau yang biasa disebut penyakit batu ginjal ini menjadi salah satu penyebab terjadinya pembengkakan di ginjal. Pembengkakan yang terjadi diakibatkan oleh adanya material dengan tekstur keras atau batu ginjal yang terbentuk di dalam ginjal. Semakin besar ukuran material itu maka akan semakin terasa pula pembengkakan pada ginjal.

  1. Infeksi Ginjal

Terjadinya infeksi pada salah satu bagian ginjal juga dapat menjadi faktor penyebab munculnya ginjal bengkak. Ada banyak sekali penyebab infeksi ginjal sehingga kita harus senantiasa berhati – hati dan selalu menjaga kesehatan organ ginjal.

Baca juga :

  1. Trauma Ginjal

Trauma pada ginjal juga dapat menjadi salah satu penyebab dari bengkaknya ginjal dan biasanya kondisi ini dibarengi dengan trauma pada organ vital lain. Salah satu contoh trauma ginjal yang paling sering terjadi adalah ketika seseorang mengalami kecelakaan lalu lintas. Kondisi seseorang yang jatuh saat mengalami kecelakaan juga dapat berdampak pada trauma ginjal.

  1. Sindroma Polikistik Ginjal

Sindroma polikistik ginjal adalah suatu kondisi yang terjadi secara genetik di mana terdapat kista di bagian ginjal. Kondisi ini juga menjadi salah satu faktor penyebab ginjal mengalami pembengkakan dan obatnya justru masih belum ditemukan.

Baca juga :

  1. Penyempitan Ureter

Terjadinya penyempitan ureter atau yang biasa disebut saluran kencing juga menjadi penyebab ginjal megalami pembengkakan. Salah satu cara untuk mendeteksi adanya penyempitan pada ureter adalah dengan melakukan pemeriksaan pencitraan sebagai langkah diagnosis.

  1. Tumor Ginjal

Ginjal yang mengalami pembengkakan juga bisa menjadi tanda atau gejala dari kemunculan tumor dalam organ ginjal. Pada usia 50 tahun keatas resiko kemunculan tumor atau kanker ginjal cukup besar. Selain itu tidak ada gejala khusus yang memang dapat dirasakan di awal atau ketika tumor masih kecil.

Baca juga :

  1. Tumor Ureter

Tumor ureter adalah suatu penyakit kemunculan benjolan atau tumor dan tumbuh di bagian kandung kemih. Kondisi benjolan yang semakin membesar dapat memicu penyumbatan sehingga pada akhirnya juga dapat memunculkan kondisi ginjal bengkak.

Sponsors Link

  1. Batu Kandung Kemih

Selain batu ginjal ternyata ada juga batu kandung atau batu ureter. Kondisi penyakit ini juga memiliki gejala ginjal bengkak karena terbentuknya batu yang dapat menyumbat pada saluran keluarnya urin. Letak batu tersebut bisa dimana saja, bisa saja di kandung kemih, uretra, ureter, atau bahkan ginjal.

Baca juga :

  1. Pembekuan Darah

Kondisi darah yang membeku ternyat juga bisa menjadi faktor tersumbatnya aliran darah yang bergerak kearah ginjal. Tersumbatnya aliran darah inilah yang membuat seseorang mengalami ginjal bengkak. Ketika saluran ginjal tersumbat, maka secara tidak langsung segala zat dan cairan juga akan terhenti dan lama – kelamaan menumpuk. Kondisi pembekuan darah ini biasa disebut dengan istilah skar dan juga harus sesegera mungkin anda periksakan.

  1. Pembesaran Prostat

Kondisi ini dialami oleh penderita berjenis kelamin pria. Kondisi ini juga tidak boleh dianggap enteng karena terjadinya gangguan pada prostat juga dapat berpengaruh juga terhadap kesehatan ginjal, termasuk ginjal bengkak. Kondisi ini banyak dialami oleh para pria ketika sudah mulai ada kelenjar prostat yang membengkak dan anda harus selalu mewaspadainya.

ads
  1. Kerusakan Fungsi Saraf Kandung Kemih

Salah satu bentuk gangguan lain pada kandung kemih adalah kerusakan fungsi saraf. Kondisi ini juga dapat menjadi faktor pemicu timbulnya pembengkakan pada organ ginjal. Oleh karena itu segeralah periksakan bila anda merasa ada yang tak beres di area sekitar ginjal atau pinggang.

Baca juga :

  1. Pembesaran Rahim Yang Menekan Ureter Saat Kehamilan

Ini berlaku bagi penderita wanita atau ibu – ibu yang mengalami proses melahirkan anak. Adanya kondisi pembesaran rahim yang menekan saluran ureter juga dapat menjadi penyebab pembengkakan ginjal.

Bahaya Ginjal Bengkak

  1. Kambuhnya Batu Ginjal

Sebagai salah satu penyebab ginjal bengkak, batu ginjal muncul akibat gaya hidup tidak sehat seperti kurang air mineral dan konsumsi alkohol berlebihan. Meskipun batu dalam ginjal sempat diluruhkan tapi itu tidak membuat ginjal anda benar – benar aman karena bisa saja masih terdapat sebagian kecil endapan yang tersisa di ginjal dan lama – kelamaan akan membesar lagi.

  1. Rasa Sakit Yang Tiada Henti

Hal ini terjadi karena pembengkakan yang semakin besar sehingga timbul juga rasa sakit di area tubuh tertentu. Semakin besar pembengkakan tentu akan semakin terasa sakit nya.

Baca juga :

  1. Komplikasi Pada Organ Lain

Sebagai salah satu organ yang memegang peranan vital, terjadinya pembengkakan pada ginjal tentu juga akan berdampak kepada kinerja organ vital lain seperti paru – paru dan jantung.

  1. Gangguan Ketika Kencing

Hampir semua penyakit yang menimpa ginjal dapat berdampak pada terganggu nya proses buang air kecil atau kencing, termasuk juga ginjal bengkak yang diakibatkan oleh kista. Hal ini dikarenakan terjadinya penyumbatan yang disebabkan oleh kista ginjal, sehingga mengalami kesulitan ketika buang air kecil.

Baca juga :

  1. Hipertensi

Salah satu fungsi ginjal adalah menjaga tekanan darah. Apabila fungsi ini terganggu tentunya resiko hipertensi juga dapat terjadi mengingat kedudukan nya sebagai organ vital tubuh.

  1. Kerusakan Ginjal

Kondisi ginjal bengkak yang kurang mendapat perhatian medis juga bisa menyebabkan fungsi ginjal terus menurun. Akan terjadi kerusakan pada organ ginjal dan kemudian infeksi akan menyebar mulai dari saluran kemih hingga ke seluruh organ tubuh.

  1. Stroke dan Sakit Jantung

Penderita pembengkakan ginjal yang mulai terserang hipertensi juga akan menimbulkan resiko lainnya seperti serangan jantung ataupun stroke, mengingat fungsi ginjal dalam menjaga tekanan darah juga terganggu.

Baca juga :

  1. Gagal Ginjal

Hal ini menjadi suatu kondisi yang sangat ditakuti setiap penderita gangguan pada ginjal, termasuk juga ginjal bengkak. Jika kerusakan pada ginjal memasuki tahap yang cukup parah maka fungsi ginjal juga akan semakin menurun dan berakhir di gagal ginjal jika kurang mendapat pertolongan medis.

  1. Penyumbatan Saluran Kemih

Sudah dibahas sebelumnya bahwa saluran kemih yang tersumbat juga menjadi penyebab sekaligus bahaya dari ginjal yang membengkak. Hal ini dikarenakan kurang maksimal nya fungsi ginjal sehingga akan mengganggu ketika berkemih dan akhirnya kristal yang menyumbat saluran kemih juga akan sulit terbawa pula.

Baca juga :

  1. Sepsis

Ini merupakan suatu kondisi dimana bakteri memasuki aliran darah yang diakibatkan kurang nya fungsi dari ginjal untuk membersihkan darah. Kurang maksimalnya fungsi ginjal ini juga bisa disebabkan kondisinya yang membengkak akibat infeksi.

Sponsors Link

  1. Abses Ginjal

Ini merupakan suatu kondisi dimana bakteri memasuki aliran darah yang diakibatkan kurang nya fungsi dari ginjal untuk membersihkan darah. Kurang maksimalnya fungsi ginjal ini juga bisa disebabkan kondisinya yang membengkak akibat infeksi.

  1. Gangguan pada kehamilan

Kondisi ginjal yang membengkak akibat infeksi juga mengakibatkan komplikasi pada wanita hamil. Selain itu jika tidak segera ditangani maka akan meningkatkan risiko kelahiran prematur atau bayi lahir dengan berat badan di bawah rata – rata.

Karena adanya pembengkakan pada ginjal maka secara tidak langsung fungsi ginjal pun ikut terganggu. Hal ini juga memberi dampak negatif bagi para penderita ginjal bengkak, contohnya seperti dibawah ini :

  1. Darah Tercampur Zat-Zat Hasil Metabolisme

Yang dimaksud zat – zat hasil metabolisme ini adalah racun yang seharusnya dibersihkan oleh organ ginjal. Pembengkakan yang terjadi juga memungkinkan fungsi ginjal sebagai pembersih darah kurang maksimal.

  1. Kurang bisa mengatur volume cairan tubuh

Salah satu fungsi organ ginjal adalah mengeluarkan hormon ADH yang merupakan singkatan dari Anti Diuretic Hormone untuk mengatur volume cairan tubuh. Hal ini juga berdampak susahnya mengontrol volume air ketika buang air kecil.

  1. Terlalu banyak pH dalam darah

Gangguan pada ginjal juga memberikan dampak kondisi kadar pH yang berlebihan dalam darah sehingga tingkat keasaman nya juga otomatis meningkat.

Cara Mengobati Ginjal Bengkak

Langkah pertama yang harus kita ambil adalah mencari tahu apa penyebab dari ginjal yang bengkak. Solusi terbaik adalah melalui jalur diagnosa, dengan cara ini dokter akan mengetahui faktor penyebab atau penyakit yang mendasari terjadinya pembengkakan pada ginjal. Disinilah keputusan pengobatan paling tepat dapat diambil sesuai dengan penyebabnya..

Penggunaan obat herbal ataupun medis tidak ada bedanya. Sama – sama berkhasiat jika dikonsumsi sesuai aturan yang tepat dan konsisten. Namun ada baiknya semua keputusan yang diambil harus melalui persetujuan dokter demi kebaikan penderita ginjal bengkak itu sendiri.

Seringkali juga kami menganjurkan pada anda agar banyak – banyak meminum air putih. Hal ini dikarenakan mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :