Sponsors Link

Bahaya Minuman Bersoda bagi Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Minuman bersoda mungkin di era modern ini menjadi salah satu minuman yang populer. Apalagi ada banyak merk minuman bersoda yang ada di pasaran. Minuman soda memang memiliki rasa yang nikmat dan sensasi sejuk. Setelah makan, biasanya minuman soda bisa melegakan tenggorokan. Akan tetapi, sudah ada banyak pihak yang mengatakan bahwa minuman bersoda ini tidak baik bagi kesehatan. Bahkan mengonsumsi minuman soda dinilai merupakan salah satu Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Ginjal. Lalu apa saja bahaya minuman bersoda bagi ginjal yang harus diwaspadai?

ads

Berdasarkan Kandungannya

Berikut ini adalah beberapa bahaya dari minuman bersoda bagi ginjal yang diklasifikasikan berdasarkan kandungan yang ada di dalam minuman bersoda.

  1. Asam sofat

Dalam minuman bersoda, ada senyawa yang bernama asam sofat. Asam sofat ini kandungannya sangat tinggi di dalam minuman bersoda. Ternyata kandungan ini bisa meningkatkan risiko dari pembentukan batu ginjal di dalam saluran kemih. Tentunya, jika seseorang memiliki kebiasaan minum minuman bersoda, risiko batu ginjal akan meningkat.

  1. Sodium

Bahaya minuman bersoda bagi ginjal selanjutnya yang berasarkan kandungannya adalah adanya zat yang bernama sodium. Sodium pada minuman soda juga cukup banyak. Jika kandungan sodium yang berlebihan ini masuk ke dalam tubuh, apalagi jika dikonsumsi secara rutin setiap harinya, maka ginjal akan lebih berat dalam bekerja menyaring limbah dari darah. Hal ini bisa mempengaruhi fungsi ginjal dan juga meningkatkan risiko Gagal Ginjal Kronis.

  1. Pemanis buatan

Sama seperti sodium dan asam sofat, pemanis buatan juga seringkali ada di minuman bersoda. Sebagian minuman bersoda bahkan diklaim sebagai minuman yang tidak mengandung gula. Namun soda tetap memiliki rasa manis. Tentu saja rasa manis ini berasal dari pemanis buatan. Pemanis buatan dalam tubuh juga bisa berbahaya, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan atau secara terus menerus. Hal ini bisa mempengaruhi fungsi ginjal.

  1. Kafein

Bahaya minuman bersoda bagi ginjal berikutnya berkaitan dengan kafein. Kafein mungkin memang memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh. Namun tetap saja Pengaruh Kafein pada Ginjal memang ada dan perlu diperhatikan kembali. Kafein itu sendiri juga merupakan salah satu zat yang bisa membahayakan ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan dan tidak sesuai kadar normal.

  1. Sirup jagung

Kandungan lain dari minuman bersoda adalah sirup jagung. Sirup jagung atau fruktosa ini memiliki kalori yang bisa meningkatkan tekanan darah dan juga kadar gula dalam darah. Hal ini juga bisa mempengaruhi fungsi ginjal, karena kebanyakan penyebab gagal ginjal juga adalah hipertensi dan diabetes.

Itulah beberapa bahaya minuman bersoda bagi ginjal berdasarkan kandungannya.

Sponsors Link

Berdasarkan Penelitian

Selain itu, ada juga beberapa penelitian yang mengkaji masalah ini. Berikut beberapa di antaranya.

  1. Meningkatkan kadar protein pada urine

Salah satu penelitian dari University of Japan mengamati perilaku konsumsi soda dan kaitannya terhadap ginjal. Penelitian ini melihat pola 12.000 karyawan dengan melakukan tes urine. Hasil penelitian mengatakan bahwa mereka yang memiliki kebiasaan minum 2 kaleng soda atau lebih dalam satu hari ternyata memiliki kandungan protein yang lebih banyak pada urine mereka jika dibandingkan dengan karyawan yang tidak mengonsumsi soda atau yang mengonsumsi soda lebih sedikit dari 2 kaleng.

Protein yang tinggi pada urine memang merupakan salah satu pertanda bahwa ginjal sudah tidak bisa bekerja dengan baik. Akan tetapi, orang dengan protein berlebihan pada urine belum bisa dianggap mengalami gagal ginjal. Hanya saja, jika kondisi tersebut berlanjut, maka kemungkinan risiko ginja rusak akan meningkat.

Sponsors Link

  1. Menyebabkan gagal ginjal

Ada lagi sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2008. Penelitian ini melihat pengaruh minuman bersoda terhadap kesehatan ginjal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi soda 2 atau lebih porsi per hari akan memiliki gagal ginjal kronis jika dibandingkan dengan mereka yang tidak minum soda. Minuman soda dinilai merupakan salah satu Penyebab Ginjal Rusak yang perlu diperhatikan asupannya bagi tubuh.

  1. Menyebabkan batu ginjal

Tidak hanya gagal ginjal, riisko dari Batu Ginjal juga bisa meningkat dari konsumsi soda. Hal ini dikarenakan soda bisa menarik senyawa kalsium dari tulang dan sendi dan melarutkan kalsium ke dalam darah. Kalsium yang berlebih ini akan disaring oleh ginjal. Jika kalsium terlalu lama mengendap, maka akan bisa mengkristal dan menjadi batu ginjal.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai bahaya minuman bersoda bagi ginjal yang perlu diwaspadai. Marilah menjaga pola makan secara lebih sehat. Hindari konsumsi soda secara berlebihan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman