Sponsors Link

Bahaya Menahan Kencing Terlalu Lama bagi Sistem Kemih

Sponsors Link

Ada begitu banyak penyakit ginjal dan saluran kemih pada manusia. Kebanyakan disebabkan oleh kebiasaan yang salah yang sering kita lakukan. Padahal kebiasaan itu mungkin adalah kebiasaan sepele. Namun kita tidak sadar bahwa kebiasaan sepele sekalipun jika dilakukan terus menerus bisa menyebabkan gangguan kesehatan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Salah satunya adalah menahan kencing terlalu lama. Lalu apa saja bahaya menahan kencing terlalu lama? Berikut penjelasannya.

ads
  1. Anyang-anyangan

Salah satu bahaya jika kita sering menahan kencing terlalu lama adalah muncul rasa tidak nyaman atau rasa sakit di sekitar area kemaluan atau perut bawah. Inilah yang sering disebut sebagai anyang-anyangan. Rasa sakit berupa anyang-anyangan ini pun tidak bisa disepelekan, karena merupakan sebuah Ciri Ciri Kandung Kemih Bermasalah atau tanda awal bahwa ada yang tidak beres di kandung kemih, seperti infeksi kandung kemih. Maka dari itu, jika Anda merasa sering anyang-anyangan, segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

  1. Infeksi saluran kemih

Bahaya menahan kencing terlalu lama berikutnya adalah meningkatnya risiko terserang Penyakit Infeksi Saluran Kemih. Infeksi saluran kemih ini sendiri disebabkan oleh infeksi bakteri pada saluran kemih. Jika kita menahan urine terlalu lama di kandung kemih dan tidak segera mengeluarkannya, maka urine akan lebih mudah terinfeksi bakteri. Bakteri pun akan lebih mudah berkembang biak di dalam kandung kemih, sehingga peluang untuk menderita infeksi saluran kemih akan meningkat.

Peluang tersebut juga akan semakin meningkat jika Anda memiliki kebiasaan buruk tidak membersihkan kemaluan secara sempurna setelah buang air besar maupun air kecil. Karena bisa jadi bakteri masuk ke organ kemih dari proses cebok yang tidak sempurna.

  1. Infeksi kandung kemih

Kandung kemih adalah organ yang bertugas untuk penampungan urine sebelum dibuang dari tubuh. Anatomi Kandung Kemih ini bisa mengalami infeksi juga. Dan peluang terjadinya infeksi kandung kemih akan meningkat jika seseorang memiliki kebiasaan menahan air kencing terlalu lama. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa urine adalah media yang baik untuk perkembangbiakan bakteri, maka urine yang terlalu lama disimpan di kandung kemih akan memungkinkan bakteri berkembang lebih cepat di sana. Dan hal ini bisa menciptakan kondisi infeksi pada kandung kemih.

Gejala dari penyakit infeksi kandung kemih ini adalah munculnya rasa sakit pada area perut bagian bawah, frekuensi buang air kecil yang lebih sering namun volume urine menurun, muncul darah pada saat buang air kecil (hematuria), dan munculnya rasa sakit saat buang air kecil.

  1. Batu ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu penyakit di sistem kemih yang sudah tidak lagi asing di telinga. Penyakit ini disebabkan oleh adanya endapan kristal pada saluran kemih yang menyebabkan saluran kencing tersumbat. Sumbatan batu ginjal ini terbentuk dari senyawa dalam urine yang mengeras dan menjadi batu di dalam tubuh. Ciri ciri Batu Ginjal salah satunya adalah rasa sakit di sistem kemih.

Kondisi batu ginjal bisa diperbesar peluangnya jika seseorang suka menahan kencing. Saat air kencing sering ditahan, maka elemen atau senyawa dalam air kencing (sisa metabolisme tubuh) yang seharusnya dibuang itu akan lebih lama menggenang di saluran kemih. Dan bisa jadi akan mengendap. Dan endapan itu jika sudah dalam kurun waktu lama dan menumpuk setiap harinya, bisa menjadi batu ginjal.

Sponsors Link

  1. Gagal ginjal

Bahaya menahan kencing terlalu lama berikutnya adalah gagal ginjal. Gagal ginjal itu sendiri adalah kondisi dimana ginjal mengalami penurunan fungsi, baik secara kronis maupun bertahap. Menahan kencing terlalu lama bisa mempengaruhi fungsi ginjal. Sehingga bisa membuat kerusakan pada ginjal, terutama jika kebiasaan itu dilakukan setiap hari. Maka peluang gagal ginjal kronis akan meningkat.

Sponsors Link

  1. Infeksi Ginjal

Infeksi Ginjal merupakan salah satu jenis penyakit yang sering juga disebabkan oleh kebiasaan buruk suka menahan air kencing terlalu lama. Hal ini memang akan meningkatkan terjadinya risiko berbagai penyakit ginjal, sehingga perkembangbiakan bakteri di dalam saluran kemih akan meningkat. Dan jika bakteri di kandung kemih berhasil mencapai ginjal, maka akan muncul juga penyakit infeksi ginjal.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai bahaya menahan kencing terlalu lama yang perlu diwaspadai bagi sistem kemih manusia. Semoga informasi di atas berguna untuk Anda. Bagi Anda yang masih memiliki kebiasaan buruk ini, sebaiknya segera hindari. Biasakan diri untuk bisa membuang urine tepat waktu. Jika merasa ingin buang air kencing, jangan menahannya. Itu semua juga untuk kesehatan Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,