Sponsors Link

Bahaya Kurang Minum Air Putih bagi Saluran Kemih

Sponsors Link

Air putih merupakan jenis minuman yang paling murni dan paling direkomendasikan untuk tetap menjaga tubuh agar selalu sehat dan terhidrasi. Bahkan para pakar kesehatan menyarankan agar manusia bisa mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari. Akan tetapi, rupanya masih banyak orang yang mengabaikan hal tersebut karena memang tidak terbiasa dengan konsumsi air putih yang banyak. Padahal, ada beberapa bahaya kurang minum air putih, terutama bagi organ ginjal, seperti berikut ini.

ads
  1. Dehidrasi

Bahaya pertama tentu saja berkaitan dengan kadar cairan di dalam tubuh, dimana seseorang yang kurang minum air putih akan lebih rentan mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini sendiri juga berbahaya bagi organ ginjal. Penyebab dan bahaya dehidrasi bagi ginjal dan saluran kemih juga sering dibahas. Dehidrasi bisa diperparah dengan kondisi tubuh yang kehilangan cairan terlalu banyak, misalnya sedang diare, sedang berkeringat, atau saat muntah-muntah. Sedangkan dehidrasi itu sendiri perlu untuk dihindari agar tidak menciptakan berbagai masalah kesehatan, terutama pada anatomi saluran kemih. Dan perlu diketahui bahwa Hubungan Dehidrasi dengan Ginjal itu sangat erat.

  1. Metabolisme tidak lancar

Tubuh manusia sebagian besar kandungannya adalah air. Air ada pada darah, pada organ, dan sebagainya. Itu berarti, air mengandung peranan yang sangat penting bagi tubuh dalam menjalankan sistem metaolisme secara keseluruhan. Bahaya kurang minum air putih juga bisa berdampak langsung pada sistem metabolisme tubuh yang tidak lancar, sehingga bisa muncul berbagai jenis keluhan pada tubuh manusia, seperti:

  • Sakit kepala
  • Tubuh mudah lelah
  • Mudah mengantuk
  • Tampak pucat
  • Pingsan
  • Jantung berdebar
  1. Anemia

Bahaya kurang minum air putih berikutnya adalah bisa menyebabkan anemia. Anemia adalah kondisi di mana tuuh kekurangan sel darah merah. Hal ini bisa terjadi karena proses pembentukan sel darah merah terganggu akibat kurangnya air. Padahal Hubungan Anemia dengan Ginjal juga erat, dimana anemia adalah salah satu merupakan gejala awal dari berbagai gangguan ginjal, karena ginjal juga berhubungan dengan proses produksi sel darah merah di sumsum tulang. Maka dari itu, konsumsi air putih secara cukup sangat penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  1. Penurunan fungsi ginjal

Air putih yang tidak dikonsumsi secara cukup setiap harinya memang bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, terutama pada organ yang berhubungan langsung dengan darah dan pembentukan urine, yaitu ginjal. Ginjal adalah organ yang bekerja secara langsung untuk membuang sisa metabolisme dan air sebagai urine.

Sponsors Link

Jika pasokan air berkurang, dan sistem metabolisme darah sudah tidak stabil, ginjal akan bekerja menyaring darah secara tidak normal juga. Hal ini jika terjadi secara berlebihan dan terus menerus akan menyebabkan ginjal mengalami penurunan fungsi kerja, dan nantinya bisa menjadi Penyebab Penyakit Ginjal.

  1. Batu ginjal

Salah satu penyakit ginjal yang bisa disebabkan oleh kurang minum adalah batu ginjal. Itulah sebabnya mengapa penderita batu ginjal selalu disarankan untuk banyak minum. Batu ginjal terjadi jika ada endapan sisa metabolisme tubuh di saluran kemih yang nantinya akan mengeras membentuk kristal. Jika kita jarang minum air putih, maka akan memperbesar peluang untuk terjadinya endapan itu. Dan itu berarti,salahs atu bahaya kurang minum air putih adalah bisa menyebabkan Penyakit Batu Ginjal.

Sponsors Link

  1. Infeksi saluran kemih

Penyakit lain yang bisa disebabkan oleh kurang minum air adalah infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri di saluran kemih yang berkembang biak secara berlebihan dan menginfeksi organ. Jika kita jarang minum, maka kita akan jarang mengeluarkan urine. Dan hal itu berarti penumpukan bakteri akan meningkat, sehingga dapat meningkatkan risiko Penyakit Infeksi Saluran Kemih.

  1. Gagal ginjal

Walau gagal ginjal lebih sering terjadi pada orang dengan riwayat diabetes atau hipertensi, bukan hal yang mustahil jika gagal ginjal kronis bisa juga terjadi kepada orang yang jarang minum air putih. Penurunan fungsi ginjal yang disebabkan oleh kurang minum air putih jika terjadi secara terus menerus lama-lama juga akan menyebabkan kerusakan ginjal. Dan jika kerusakan ginjal itu adalah kerusakan permanen, maka itu berarti mengindikasikan adanya gagal ginjal pada orang tersebut.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai bahaya kurang minum air putih bagi organ di saluran kemih yang perlu diketahui. Marilah kita memperbaiki kebiasaan sehari-hari menjadi lebih sehat agar terhindar dari berbagai jenis penyakit, yaitu dengan mengonsumsi air putih secara cukup. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup