Sponsors Link

Bahaya Hidup dengan Satu Ginjal dan Cara Menjaganya

Sponsors Link

Ginjal pada manusia normal berjumlah 2 buah atau sepasang. Kedua ginjal ini akan memiliki fungsi selama hidup manusia, yaitu untuk menyaring zat sisa metabolisme dan limbah-limbah yang sudah tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh, lalu membuangnya melalui urine. Tak hanya itu, ginjal juga memiliki fungsi untuk turut serta mengatur kadar cairan dalam tubuh, serta merangksang produksi sel darah merah pada tubuh. Hal inilah yang sering menyebabkan seseorang terlihat mengalami anemia saat ginjal terganggu.

ads

Ginjal yang sehat tentunya akan bisa membuat seluruh sistem metabolisme menjadi lebih lancar. Sebaliknya, ginjal yang tidak sehat bisa membuat sistem metabolisme tidak lancar, yaitu karena limbah tidak bisa dibuang dengan baik dari tubuh.

Namun, dewasa ini, ada berbagai macam penyakit ginjal yang menyerang seseorang. Sehingga kemungkinan, ginjal yang rusak pada seseorang harus diamputasi atau dibuang, dan digantikan dengan ginjal yang baru. Akan tetapi, memang sulit mendapatkan donor ginjal, karena bagaimana pun juga Syarat Donor Ginjal itu tidak mudah. Selain itu mungkin tidak ada orang yang ingin kehilangan satu ginjal dan hanya hidup dengan hanya satu ginjal saja. Namun, mungkin ada juga sebagian orang yang telah mendonorkan ginjalnya kepada keluarga terdekat yang membutuhkan.

Selain itu, seseorang juga bisa saja mengalami kelainan sejak lahir sehingga salah satu ginjalnya tidak berkembang dengan baik. Akibatnya, dia memang harus hidup dengan satu ginjal seumur hidupnya. Seseorang yang pernah menjalani operasi pengangkatan ginjal juga bisa saja memiliki satu ginjal dan hanya hidup dengan satu ginjal saja. Tentunya hal ini membutuhkan Biaya Transplantasi Ginjal yang tidak murah.

Beberapa kondisi di atas memang mungkin saja terjadi. Namun perlu diketahui bahwa hidup dengan satu ginjal tidak akan sama dengan hidup dengan ginjal lengkap. Pasti ada perbedaan antara manusia normal dengan manusia yang hanya hidup dengan satu ginjal. Berikut ini ada beberapa bahaya hidup dengan satu ginjal yang perlu diketahui.

  1. Risiko hipertensi meningkat

Walau ada beberapa orang yang berpendapat bahwa hidup dengan satu ginjal yang sehat tidak akan berbeda jauh dengan kondisi manusia normal yang hidup dengan dua buah ginjal, akan tetapi tetap saja ada bahaya hidup dengan satu ginjal yang perlu diketahui. Salah satunya adalah adanya risiko peningkatan tekanan darah tinggi pada seseorang. Seperti yang dijelaskan di atas, ginjal juga memiliki fungsi yang terkait dengan aliran darah dan juga produksi sel darah merah. Memang ada Hubungan Gagal Ginjal dan Hipertensi.

Ginjal yang rusak bisa meningkatkan risiko hipertensi. Sebaliknya, seseorang yang mengalami hipertensi pun juga bisa meningkatkan risiko terkena kelainan ginjal seperti gagal ginjal kronis. Maka dari itu, jika seseorang hanya hidup dengan satu ginjal, maka risiko untuk menderita hipertensi juga bisa jadi meningkat. Dan hal ini tidak hanya akan berbahaya pada ginjal saja, melainkan juga berbahaya pada organ lain seperti jantung dan pembuluh darah.

Sponsors Link

  1. Risiko penurunan fungsi ginjal meningkat

Seseorang yang normal dan memiliki ginjal sehat berjumlah 2 buah, juga memiliki risiko penurunan fungsi ginjal, yaitu sebesar 1 persen setiap tahunnya. Risiko penurunan fungsi ginjal ini biasanya terjadi pada seseorang yang sudah menginjak usia 40 tahun. Jika seseorang yang normal dengan 2 ginjal saja bisa memiliki risiko untuk penurunan fungsi ginjal, maka tentu demikian pula dengan orang yang hanya hidup dengan satu ginjal.

ads

Walau bahaya hidup dengan satu ginjal memang tidak terlihat secara langsung, akan tetapi risiko jangka panjangnya memang ada. Penurunan fungsi ginjal ini bisa bertambah pada orang yang hidup dengan satu ginjal, karena ginjal yang tersisa harus berjuang sendirian dalam usaha penyaringan dan pelepasan limbah.

  1. Risiko terkena penyakit ginjal meningkat

Seperti yang dijelaskan di atas, seseorang yang hidup hanya dengan satu ginjal tentunya membutuhkan usaha berlebih untuk menyaring zat limbah dan membuangnya sebagai urine. Satu ginjal yang tersisa harus bekerja keras untuk menjalankan fungsinya. Selain penurunan fungsi ginjal yang sudah dibahas di poin sebelumnya, seseorang yang hanya hidup dengan satu ginjal juga memiliki risiko lebih besar untuk terserang Kelainan Ginjal di kemudian hari. Entah itu gagal ginjal kronis, atau kelainan ginjal lainnya.

Bahkan seseorang yang lahir hanya dengan satu ginjal juga bisa mengalami penyakit ginjal yang terdeteksi setelah mereka dewasa nanti. Tentu demikian pula dengan seseorang yang kehilangan ginjalnya setelah dewasa. Maka di masa tuanya, risiko untuk terserang berbagai penyakit ginjal akan meningkat. Maka dari itulah seseorang dengan satu ginjal perlu untuk menjaga kesehatan dan pola hidupnya sebaik mungkin agar kondisi tubuhnya bisa sehat dan kualitas hidupnya terjaga.

Itulah beberapa bahaya hidup dengan satu ginjal yang perlu diketahui. Maka jika Anda baru saja menjalani operasi pengangkatan ginjal, atau memang terlahir dengan kondisi hanya satu ginjal, ada beberapa Cara Hidup Sehat dengan Satu Ginjal yang perlu dilakukan agar kualitas hidup Anda tetap baik. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan.

  • Pemeriksaan fungsi ginjal secara rutin, minimal 1 kali dalam 1 tahun. Pemeriksaan ini bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan darah dan juga pemeriksaan urine. Dari sana akan diketahui senyawa apa saja yang ada pada darah dan urine, sehingga tahu apakah ginjal sehat atau tidak.
  • Mengonsumsi makanan yang rendah garam untuk menghindari risiko tekanan darah tinggi. Dan ada baiknya konsumsilah makanan sehat dan menyehatkan seperti buah dan sayuran untuk tetap menjaga kesehatan jangka panjang.
  • Mengonsumsi cairan yang cukup secara rutin setiap hari agar bisa terhindar dari dehidrasi dan agar urine tetap sehat.
Sponsors Link

  • Menjaga kesehatan dengan melakukan olahraga secara teratur. Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi air yang cukup saat sedang berolahraga. Hindari juga jenis olahraga yang berpotensi untuk menciptajan cidera.
  • Tetap menjaga konsultasi dengan dokter apabila terserang penyakit tertentu, untuk mengetahui pilihan obat mana yang boleh dan obat mana yang tidak boleh dikonsumsi.
  • Hindari menahan air kencing terlalu lama. Jika memang sudah ingin buang air kecil, jangan menahannya dan segera buang.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai bahaya hidup dengan satu ginjal dan beberapa tips sehat yang perlu dijalankan agar tetap bisa hidup secara berkualitas walau hanya memiliki satu ginjal. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan informasi yang berguna.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup