Sponsors Link

7 Bahaya Ginjal Bocor Wajib Diketahui

Sponsors Link

Ada banyak penyakit ginjal yang dapat menyerang organ ginjal yang kita miliki. Berbagai penyakit tersebut dapat mengakibatkan berbagai macam masalah dan atau komplikasi pada tubuh kita, sehingga diperlukan penanganan dan pencegahan yang serius agar kita bisa mengatasi masalah penyakit ginjal dengan baik. Salah satu penyakit ginjal yang berbahaya adalah ginjal bocor. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui bahaya ginjal bocor beserta hal lainnya tentang ginjal bocor agar kamu dapat mengatasi masalah ginjal bocor dengan baik dan juga cara menjaga kesehatan ginjal atau tips menjaga kesehatan ginjal sehingga kamu bisa melawan penyakit ini dengan sempurna. Apa saja yang perlu kamu ketahui? Silakan simak di bawah ini ya!

ads

Dampak Buruk Ginjal Bocor pada Penderita

Hal pertama yang perlu kamu ketahui dari bahaya ginjal bocor, tentu saja adalah dampak-dampak buruk yang dapat dialami oleh para penderita ginjal bocor. Dengan demikian, kita bisa membayangkan apa yang akan terjadi pada kita dan seberapa permasalahan yang akan terjadi apabila kita menderita ginjal bocor tersebut. Lantas, apa saja dampak buruk atau bahaya ginjal bocor bagi para penderita tersebut? Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Berkurangnya asupan protein

Dampak buruk atau bahaya dari ginjal bocor yang pertama adalah berkurangnya asupan protein yang diperlukan oleh tubuh karena protein tidak berhasil terserap dengan baik. Pada penderita ginjal bocor, protein yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman tertentu, akan sulit untuk diserap dan dapat keluar dari tubuh secara langsung melalui urine yang diproduksi di dalam ginjal. Oleh karena itulah, para penderita ginjal bocor besar kemungkinan akan mengalami kekurangan protein dalam tubuh yang dapat berakibat pada fungsi organ tubuh yang lain, baik dalam hal reproduksi sel atau regenerasi sel dan lain sebagainya.

2. Gangguan pernapasan

Ginjal yang bocor juga akan sulit untuk menyerap air yang masuk ke dalam tubuh. Sebagai akibatnya, air yang masuk ke dalam tubuh melalui minuman-minuman tertentu, memiliki peluang untuk langsung masuk ke dalam jaringan tubuh melalui celah yang tercipta akibat kebocoran ginjal tersebut. Akibatnya, salah satu organ atau sistem yang terkena masalahnya adalah sistem pernapasan. Hal itu bisa terjadi karena cairan yang mengalir ke dalam berbagai jaringan dapat mempersempit celah udara untuk masuk, dan mungkin malah akan menekan beberapa organ pernapasan tertentu sehingga mempersulit penderita untuk melakukan pernapasan.

3. Badan tidak nyaman

Bahaya berikutnya yang lazim terjadi pada semua penderita penyakit ginjal adalah adanya rasa tidak nyaman pada tubuh yang sedang terkena ginjal bocor. Ketidaknyamanan ini bisa muncul akibat banyak hal, akan tetapi pada prinsipnya badan akan merasa tidak nyaman karena secara keseluruhan sistem tubuh sedang mengalami gangguan dan penurunan fungsi, sehingga kenyamanan tubuh juga akan berkurang. Dampaknya adalah penderita menjadi tidak bersemangat, lesu, lemas, dan lain sebagainya. Tentu saja produktivitas pasien jelas akan mengalami penurunan ketika mengalami penyakit ginjal bocor.

4. Tubuh membengkak

Dampak berikutnya dari ginjal bocor adalah terjadinya pembengkakan pada tubuh yang diakibatkan karena cairan yang mengalir masuk ke dalam berbagai jaringan di dalam tubuh. Beberapa titik atau beberapa bagian tubuh yang mungkin akan mengalami pembengkakan dengan jelas antara lain adalah paha, perut, wajah, dan lain sebagainya. Walaupun tidak langsung mengakibatkan dampak-dampak yang berbahaya untuk tubuh kita, akan tetapi pembengkakan pada beberapa bagian tubuh tersebut apabila dibiarkan terlalu lama dapat mengganggu kinerja bagian tubuh yang mengalami pembengkakan. Misalnya, pada bagian wajah karena terlalu lama bengkak, kulit tubuh tidak akan sekencang sebelumnya sehingga bisa mempengaruhi penampilan. Selain itu, masalah yang lebih berbahaya seperti terganggunya saraf karena adanya tekanan yang berlebihan pada jaringan juga bisa terjadi.

Sponsors Link

5. Nafsu makan menurun

Dampak atau bahaya penyakit ginjal bocor berikutnya adalah menurunnya nafsu makan yang dimiliki oleh sang penderita ginjal bocor. Penurunan nafsu makan ini tentunya akan berdampak pada penurunan asupan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk bisa berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, bagi mereka yang menderita ginjal bocor ataupun penyakit yang berbahaya lainnya, sangat disarankan untuk tetap makan atau minum asupan tertentu agar mereka bisa sembuh lebih cepat. Bila memungkinkan, boleh memberi mereka jenis-jenis makanan yang terasa lezat selama tidak mengakibatkan dampak yang lebih parah bagi tubuh mereka.

ads

6. Terganggunya fungsi ginjal

Bahaya berikutnya tentu saja adalah terganggunya fungsi ginjal yang dimiliki oleh tubuh secara keseluruhan. Hal tersebut bisa terjadi karena memang ginjal itu sendirilah yang menjadi ‘korban’ atau sasaran dari penyakit ginjal bocor ini, sehingga tentu saja fungsi-fungsi organ ginjal akan terganggu. Beberapa fungsi yang akan terganggu antara lain adalah fungsi ginjal dalam menstabilkan tekanan darah, fungsi ginjal dalam mengatur kadar air dalam tubuh, dan lain sebagainya.

7. Meningkatnya risiko infeksi jaringan dalam tubuh

Bahaya dari penyakit ginjal bocor berikutnya adalah meningkatnya risiko infeksi jaringan dalam tubuh yang dapat mengakibatkan berbagai masalah lebih lanjut bagi sistem tubuh secara menyeluruh. Oleh karena ginjal mengalami kebocoran, maka bagian yang bocor tersebut sangat rawan akan menjadi tempat perkembangbiakan bakteri yang buruk atau tempat untuk serangan virus tertentu, sehingga infeksi sangat memungkinkan untuk terjadi di dalamnya. Oleh karena itulah penyakit ginjal bocor harus segera disembuhkan agar risiko infeksi tersebut bisa diturunkan.

Penyebab Ginjal Bocor

Lalu apa saja penyebab penyakit ginjal ginjal bocor itu? Mengetahui penyebab ginjal bocor sangat penting, sama pentingnya dengan mengetahui penanganan batu ginjal, cara mencegah gagal ginjal, cara mengobati ginjal bocorgejala sakit ginjal pada wanita atau gejala batu ginjal pada pria. Dengan mengetahui penyebab penyakit ini, maka kamu dapat mencegah munculnya penyakit ginjal bocor pada dirimu. Berikut ini adalah beberapa penyebab ginjal bocor yang bisa kita ketahui.

1. Penyakit diabetes

Salah satu sebab ginjal bocor adalah penyakit diabetes. Diabetes dapat mengakibatkan banyak gangguan fungsi tubuh, salah satunya akan berdampak pada menurunnya fungsi ginjal dan kebocoran pada dinding ginjal.

2. Rendahnya konsumsi protein

Tingkat atau kadar protein yang rendah dapat menyebabkan berbagai macam masalah bagi tubuh, misalnya sulitnya memperbarui jaringan tubuh yang mengalami kerusakan sehingga dapat menyebabkan tubuh mengalami berbagai macam gangguan yang dapat mengganggu keseluruhan fungsi tubuh. Dampak rendahnya atau kurangnya konsumsi protein dapat menyebabkan kebocoran pada ginjal.

3. Terjadinya gangguan sistem imun

Gangguan sistem imun dapat menjadi salah satu penyebab munculnya ginjal bocor yang sulit dideteksi dan biasanya muncul atau terjadi pada masa kanak-kanak. Penyakit gangguan sistem imun yang bisa menyebabkan ginjal bocor disebut dengan minimal change disease karena perubahan yang terjadi pada filter ginjal tampak normal apabila dilihat dengan menggunakan mikroskop. Apabila gangguan ini terjadi, keadaan ginjal relatif masih baik dan dapat sembuh dengan relatif cepat apabila dilakukan penanganan dengan tepat.

Sponsors Link

4. Radang ginjal

Radang ginjal juga merupakan salah satu penyebab umum atas sakit ginjal bocor yang bisa terjadi pada berbagai kelompok usia. Radang pada ginjal ini akan mengakibatkan kerusakan pada filter ginjal atau bagian ginjal lainnya sehingga fungsi dan kemampuan ginjal dalam menyaring limbah dan atau kelebihan air yang berasal dari dalam darah akan terganggu sehingga akan mengakibatkan kebocoran ginjal.

5. Malaria

Selain diabetes, penyakit malaria adalah penyakit lain yang dapat menyebabkan ginjal bocor. Oleh karena itu, apabila kamu menderita malaria, secepatnya harus segera disembuhkan karena selain berbahaya bagi keselamatan jiwamu, secara umum malaria juga akan mengakibatkan komplikasi yaitu ginjal bocor yang berbahaya bagi tubuh kita secara keseluruhan.

Ciri-ciri atau Gejala Ginjal Bocor

Kamu juga perlu mengetahui apa saja ciri-ciri atau gejala ginjal yang mengalami kebocoran agar kamu dapat mengidentifikasi apabila kamu terserang penyakit ini dengan cepat. Beberapa ciri-ciri atau gejala ginjal bocor di bawah ini dapat kamu amati untuk menilai apakah kamu menderita ginjal bocor atau tidak. Silakan simak di bawah ini ya, berikut beberapa ciri-ciri atau gejala ginjal bocor.

  • Berkurangnya nafsu makan secara drastis
  • Berkurangnya volume urine yang diproduksi oleh ginjal
  • Terjadinya infeksi karena adanya peradangan di daerah perut
  • Munculnya busa pada air kencing
  • Terjadinya sesak nafas karena penimbunan cairan pada rongga tubuh yang ada di sekitar paru-paru
  • Pembengkakan pada lutut dan buah zakar pada pria
  • Tubuh terlihat menggelembung karena terjadi akumulasi cairan pada jaringan-jaringan tubuh
  • Terjadi proteinuria atau adanya protein di dalam urine

Cara Mengatasi Ginjal Bocor

Untuk mengatasi bahaya ginjal bocor, tentu saja kita juga perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi penyakit ginjal bocor itu sendiri. Tanpa mengetahui bagaimana cara mengatasinya dengan baik dan benar, tentu saja kita akan kesulitan untuk menyembuhkan penyakit ginjal bocor tersebut. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk bisa mengatasi ginjal bocor agar bisa sembuh sehingga bahaya ginjal bocor dapat diatasi dengan baik. Apa saja cara untuk mengatasi ginjal bocor ini? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Mengonsumsi biji rami

Biji rami adalah salah satu obat herbal untuk ginjal yang dapat kamu dapatkan dari tanaman rami. Biji rami memiliki kandungan asam alfalinoleat dan lignan yang dapat mendukung kinerja ginjal. Biji rami dapat membantu memperbaiki ginjal bocor dengan efektif

2. Memakan buah manggis dengan teratur

Buah manggis adalah salah satu jenis buah yang mengandung banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Selain mampu membantu menjaga kesehatan tubuh, buah manggis juga bisa membantu kita dalam menjaga kesehatan ginjal, melawan berbagai masalah ginjal termasuk salah satu di antaranya adalah masalah ginjal bocor.

3. Mengonsumsi temulawak

Tanaman tradisional yang bernama temulawak, sejak dulu telah dikenal sebagai salah satu obat herbal yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Dengan memakan temulawak ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan, salah satunya adalah membantu mengatasi masalah ginjal bocor dan juga masalah kenaikan asam lambung yang berlebihan. Oleh karena itu kamu bisa mengonsumsi temulawak untuk membantu mengatasi masalah ginjal bocor.

4. Mengonsumsi rumput mutiara

Rumput mutiara, walaupun mungkin jarang disebut dan dikenal, adalah salah satu jenis tanaman tradisional yang memiliki fungsi sangat banyak dalam membantu menjaga kesehatan tubuh manusia. Salah satu jenis manfaat yang bisa kita rasakan apabila kita mengonsumsi rumput mutiara secara rutin adalah kesehatan ginjal yang semakin meningkat atau terjaga dengan baik. Selain itu, cara mengonsumsi yang relatif mudah juga membuatmu dapat memanfaatkan temulawak sebagai obat dengan cukup efektif.

Itulah beberapa hal tentang bahaya ginjal bocor beserta masalah lain tentang ginjal bocor yang dapat kita bahas dalam artikel kali ini. Jangan lupa untuk menjauhi makanan penyebab sakit ginjal, dan juga memakan makanan yang baik untuk ginjal. Semoga dengan membaca artikel ini kamu bisa mengantisipasi penyakit ginjal bocor dengan lebih baik ya. Selamat merawat ginjalmu!

Sponsors Link
>
, ,