Sponsors Link

7 Bahaya Alkohol bagi Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Kebiasaan atau pola makan memang seringkali dinilai dapat mempengaruhi kesehatan seseorang. Orang yang melakukan pola makan sehat akan memiliki kesempatan hidup sehat yang lebih baik daripada mereka yang tidak menerapkan pola hidup sehat. Dalam hal kebiasaan pola makan, memang ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari karena bisa menjadi Penyebab Ginjal Rusak. Salah satunya adalah minuman keras atau alkohol. Alkohol dinilai berbahaya bagi organ tubuh. Lalu apa saja bahaya alkohol bagi ginjal? Berikut penjelasannya.

ads
  1. Menyebabkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah merupakan salah satu indikator umum untuk menilai apakah seseorang sedang sehat atau tidak. Tekanan darah memang berhubungan dengan banyak organ tubuh, dan kebanyakan organ tubuh yang berhubungan dengan permasalahan tekanan darah adalah organ tubuh yang vital, seperti jantung dan ginjal. Ternyata minuman beralkohol atau minuman keras merupakan salah satu bahan yang bisa meningkatkan tekanan darah dalam tubuh.

Jika tekanan darah sudah tinggi atau berada di atas normal, tentunya seluruh metabolisme tubuh akan menjadi terganggu, termasuk ginjal dan jantung. Bahkan, Hubungan Gagal Ginjal dan Hipertensi memang sangat berkaitan erat, sehingga akan sangat berbahaya jika mengonsumsi alkohol.

  1. Mengganggu fungsi hormon

Konsumsi alkohol juga akan mengganggu fungsi hormon pada tubuh, termasuk hormon-hormon yang berkaitan dengan kinerja ginjal. Salah satunya adalah hormon antidiuretik. Saat alkohol masuk ke dalam tubuh, pelepasan hormon antidiuretik (ADH) akan terganggu. Hal ini menyebabkan ginjal tidak bisa mengatur keseimbangan antara cairan yang harus dikeluarkan dan cairan yang harus disimpan oleh tubuh. Dan hal ini akan menyebabkan seseorang menjadi rentan mengalami kelainan dalam berkemih.

  1. Menyebabkan risiko dehidrasi

Selain menyebabkan tekanan darah menjadi meningkat, bahaya alkohol bagi ginjal juga dipengaruhi oleh dehidrasi. Alkohol adalah minuman yang bisa menyebabkan dehidrasi. Akibat Dehidrasi ini tentu juga akan berhubungan langsung dengan ginjal, dimana ginjal menjadi tidak bisa bekerja dengan baik jika tubuh kekurangan cairan. Kondisi ini jika memang menjadi kebiasaan, maka akan memperberat kinerja ginjal, karena pengaruh dehidrasi pada ginjal itu juga sangat erat.

  1. Menyebabkan sering buang air kecil

Minuman beralkohol juga merupakan jenis minuman yang sering kali menyebabkan seseorang lebih sering ingin buang air kecil. Ini adalah efek diuretik dari alkohol. Dan jika sering buang air kecil, tentu saja risiko dehidrasi akan semakin meningkat. Jika cairan tubuh keluar dari tubuh dalam bentuk urine dan penderitanya tidak mengimbangi dengan banyak minum air putih, maka akan meningkatkan risiko dehidrasi dan kegagalan fungsi ginjal.

  1. Gangguan fungsi ginjal

Bahaya alkohol bagi ginjal berikutnya berkaitan dengan fungsi ginjal. Ginjal merupakan organ penting pada tubuh. Ginjal berkaitan dengan tekanan darah dan juga asupan cairan pada tubuh. Jika tekanan darah menjadi tinggi dan tubuh sering dehidrasi akibat konsumsi alkohol, maka tentu saja fungsi ginjal akan terganggu.

Apalagi, ada beberapa kandungan atau senyawa dari alkohol yang bisa jadi memang berbahaya bagi tubuh. Jika senyawa tersebut bercampur dengan darah dan harus disaring oleh organ ginjal, kinerja ginjal akan menjadi lebih berat dari sebelumnya. Dan ini bisa mengganggu fungsi ginjal baik jangka pendek, apalagi jangka panjang.

Sponsors Link

  1. Risiko gagal ginjal meningkat

Seperti yang dijelaskan di atas, jika fungsi ginjal memang sudah terganggu karena pola makan yang sering mengonsumsi alkohol, maka ginjal akan terus menerus mengalami penurunan fungsi. Dan hal ini bisa memicu penyakit Gagal Ginjal Kronis. Alkohol bisa menyebabkan seseorang harus sering-sering cuci darah di kemudian hari. Dan ini tentu bukan penyakit sembarangan. Selain menyebabkan penyakit yang berkepanjangan, biaya yang akan dikeluarkan tentu saja akan lebih banyak untuk kesehatan.

Sponsors Link

  1. Meningkatkan risiko batu ginjal

Selain meningkatkan risiko penurunan fungsi ginjal hingga gagal ginjal kronis, alkohol yang dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh juga meningkatkan risiko dari batu ginjal. Batu ginjal ini sendiri adalah batu-batu yang mengeras dan akhirnya menyumbat saluran kemih sehingga menyebabkan gagguan pada tubuh dan juga rasa sakit saat berkemih. Risiko Penyakit Batu Ginjal akan lebih meningkat jika seseorang memiliki pola makan yang buruk, karena tumpukan limbah di saluran kemih bisa mengeras dan menjadi batu.

Demikianlah beberapa penjelasan menegenai bahaya alkohol bagi ginjal yang perlu diketahui. Segera hentikan kebiasaan minum minuman beralkohol jika Anda memiliki kebiasaan tersebut. Sayangi tubuh Anda dengan melakukan pola hidup sehat dan memilih jenis makanan serta minuman yang sehat. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman