Sponsors Link

3 Bahan Kimia Penyebab Ginjal Rusak Paling Berbahaya

Sponsors Link

Dari hasil riset dibuktikan jika sekitar 0.2% total penduduk di Indonesia mengalami gangguan kesehatan yakni gagal ginjal kronis. Sedangkan menurut data tahun 2014, rata rata pasien gagal ginjal yang menjalani cuci darah umumnya terjadi karena diabetes sebesar 27%, tekanan darah tinggi atau hipertensi sebesar 37% dan juga karena kelainan bawaan sebesar 10%. Namun, ketiga jenis masalah ini bukan menjadi penyebab gagal ginjal paling utama, sebab ada beberapa zat kimia lain yang kemungkinan bisa ditemukan di sekitar rumah anda juga bisa menyebab kerusakan ginjal. Apa sajakah itu, berikut beberapa bahan kimia penyebab ginjal rusak yang akan kami berikan.

ads
  1. Antibiotik

Dari riset yang sudah dilakukan Canadian Medical Association Journal, obat obatan antibiotik resep dari dokter untuk menyembuhkan, ternyata bisa meningkatkan risiko tanda tanda ginjal rusak apabila dikonsumsi berlebihan atau dalam jangka panjang khususnya jika tidak sesuai dengan saran dokter dan aturan pakai. Para peneliti asal Amerika Serikat dan juga Kanda menemukan jik antibiotik jenis levofloxacin, siprofloksasin, fluoroquinolone dan juga moxiflxacin merupakan jenis antibiotik yang bisa meningkatkan risiko kerusakan ginjal hingga mencapai dua kali lipat khususnya pada pria.

Jika anda memang ingin mengkonsumsi antibiotik, maka harus dilakukan di bawah pengawasan dokter. Selain itu, jangan juga membeli dan minum obat antibiotik secara sembarangan apabila anda ingin ginjal tetap dalam keadaan sehat. Meski peluang kerusakan ginjal karena minum obat antibiotik terbilang kecil yakni 1 banding 1500 orang, namun sebaiknya tetap harus dikonsumsi secara bijak. 

Sponsors Link

  1. Pain Killer atau Obat Penghilang Rasa Sakit

Analgesik merupakan obat untuk menghilangkan rasa nyeri yang bisa dibeli tanpa reseo dokter atau dengan kata lain dijual secara bebas. Beberapa contoh analgesik diantaranya adalah ibuprofen, aspirin, naproxen sodium dan juga acetaminophen. Apabila semua jenis obat tersebut memang dikonsumsi sesuai dengan petunjuk pemakaian dan juga dosis, maka obat pereda nyeri atau pain killer tersebut tidak akan berbahaya dan menyebabkan gejala awal penyakit ginjal.

Akan tetapi dalam beberapa kondisi lain, obat penghilang rasa sakit tersebut bisa menyebabkan ciri ciri ginjal bermasalah jika diminum terlalu sering dalam jangka waktu yang juga lama meski terkadang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit bisa menyebabkan macam macam penyakit ginjal dimana yang paling umum adalah gagal ginjal akut dan penyakit ginjal kronis.

Sebagian obat yang bisa membuat kerusakan pada ginjal seperti analgesik umumnya hanya diekskresikan lewat organ ginjal. Ini mengartikan jika obat obatan tersebut tidak dipecah oleh organ hati atau keluar dari tubuh bersama urin. 

Sponsors Link

  1. Alkohol

Jika anda hanya minum satu sampai dua gelas minuman yang mengandung alkohol, maka tidak akan berdampak buruk bagi tubuh. Akan tetapi jika jumlah minuman beralkohol yang anda minum pada satu waktu terlalu berlebihan, maka tentunya hal ini bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh termasuk ginjal rusak.

Organ ginjal sendiri berguna untuk menyaring zat berbahaya dari dalam aliran darah dan salah satu zat berbahaya yang bisa disaring organ ginjal adalah alkohol. Banyak minum minuman beralkohol bisa membuat fungsi ginjal berubah sekaligus menurunkan fungsi ginjal sebab ginjal tidak lagi bisa menyaring darah secara sempurna.

Selain berfungsi untuk menyaring darah tanpa henti, organ ginjal juga berguna untuk memastikan jika jumlah air yang ada di dalam tubuh secara baik dan benar. Namun minuman mengandung alkohol bisa menurunkan ciri ciri ginjal sehat dalam mendetoksifikasi racun karena alkohol bisa menyebabkan dehidrasi. Efek dehidrasi tersebut bisa berpengaruh pada fungsi normal dari sel sel dan juga organ termasuk juga organ ginjal. Jika anda minum antara tiga sampai empat gelas alkohol bahkan lebih dalam satu hari, maka bisa meningkatkan risiko terkena penyakit ginjal kronis.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup