Sponsors Link

Bagian Bagian Organ Ginjal dan Fungsinya Untuk Tubuh

Sponsors Link

Mengenal lebih jauh tentang bagian bagian organ ginjal beserta dengan fungsinya sangat penting untuk diketahui sebab fungsi dari organ ini sangatlah vital dan memiliki tugas yang berat dalam menyaring dan mengolah racun sehingga rentan mengalami gangguan ginjal yang sangat bervariasi seperti batu ginjal hingga gagal ginjal yang tentunya berbahaya. Untuk itulah, cara merawat ginjal agar tetap sehat menjadi sangat penting agar tetap bisa berfungsi dengan baik. Berikut ini akan kami berikan penjelasan tentang bagian bagian organ ginjal beserta dengan fungsinya masing masing untuk menambah pengetahuan anda seputar organ yang berbentuk seperti kacang tersebut.

ads

Bentuk dan Fungsi Penting Ginjal

Organ ginjal memiliki bentuk yang terlihat unik yakni seperti kacang dan ada di bagian belakang rongga perut. Ginjal terdiri dari dua bagian yakni kiri dan kanan dan masing masing ginjal tersebut memiliki ukuran sekitar 10 hingga 12 cm atau sekitar sekepalan tangan. Ginjal sendiri memiliki beberapa bagian seperti korteks, vena, medula, arteri, pelvis renalis, kaliks, ureter dan juga beberapa bagian yang juga memiliki fungsi penting.

Ciri ciri ginjal sehat memiliki fungsi paling utama adalah untuk menyaring darah sekaligus membuang sisa metabolisme, memproduksi urin dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Dalam satu hari, nantinya darah dalam tubuh akan melewati organ ginjal selama beberapa kali dan berikut ini adalah beberapa fungsi dari organ ginjal.

  1. Mengatur Zat Asam

Makanan yang dikonsumsi nantinya bisa meningkatkan produksi asam dalam tubuh dan metabolisme tubuh juga ikut menghasilkan asam. Ginjal nantinya akan membantu tubuh dalam menetralisir asam sekaligus membuat kondisi asam seimbang di dalam tubuh jika tanda tanda ginjal rusak tidak terjadi.

  1. Mengatur Tekanan Darah

Pada saat tekanan darah terlalu rendah, maka ginjal akan berusaha untuk meningkatkan tekanan darah dengan cara memproduksi protein bernama angiotensin. Cara ini juga menjadi usaha dari tubuh untuk mempertahankan kadar cairan dan natrium dan ginjal yang akan melakukan tugas tersebut membutuhkan tekanan stabil  dalam menyaring darah.

  1. Mengatur Sel Darah Merah

Ciri ciri ginjal sehat juga berperan penting dalam mengatur sel darah dimana tubuh membutuhkan sel darah merah untuk mengalirkan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Apabila ginjal kekurangan oksigen, maka ginjal akan mendapatkan bantuan dari hormon eritropoietin yang kemudian akan merangsang sumsum tulang untuk memproduksi sel darah merah. 

Sponsors Link

  1. Menyeimbangkan Cairan dan Mengatur Pembuangan

Organ ginjal juga akan bertugas untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh selama 24 jam. Jika tubuh kekurangan cairan, maka ginjal akan menahan agar tubuh tidak mengeluarkan terlalu banyak cairan. Sedangkan jika kadar garam, racun dan juga zat sisa lain terlalu berlebihan, maka nantinya akan diproses organ hati dan kemudian akan diteruskan menuju ginjal yang kemudian akan dibuang dari tubuh bersama dengan urin.

Risiko Masalah Organ Ginjal

Ginjal yang memiliki tugas sangat berat membuat organ tersebut seringkali mengalami masalah. Beberapa gangguan yang bisa dan sering terjadi diantaranya adalah: 

Sponsors Link

  • Batu ginjal: Batu ginjal atau nefrolitiasis terjadi pada saat mineral mengkristal sehingga bisa mengganggu aliran urin. Untuk ukuran batu ginjal yang tidak terlalu besar nantinya bisa keluar bersama dengan urin. Sedangkan untuk ukuran yang besar, maka butuh penanganan medis agar bisa dikeluarkan.
  • Sindrom nefrotik: Sindrom nefrotik merupakan kerusakan ginjal dimana protein akan terbuang bersama dengan urin dan biasanya ditandai dengan gejala pembengkakan atau edema pada wajah dan tungkai.
  • Pielonefritis: Pielonefritis adalah peradangan pada pelvis ginjal atau pielum yang terjadi karena bakteri menyebar pada ginjal dari penyakit infeksi saluran kemih yang tidak segera diobati.
  • Glomerulonefritis: Glomerulonefritis merupakan peradangan atau kerusakan ginjal yang terjadi karena serangan sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif.
  • Penyakit kista ginjal polikistik: Merupakan gangguan ginjal genetik yang menyebabkan kista terbentuk pada ginjal sehingga menurunkan fungsi ginjal.
  • Gagal ginjal kronis: Gagal ginjal kronis adalah penurunan fungsi ginjal, penyumbatan pada saluran kemih atau berkurangnya cairan.

Selain beberapa hal diatas, masih banyak jenis gangguan ginjal lain yang bisa terjadi sehingga sangat penting untuk memahami bagian ginjal beserta dengan fungsinya sehingga semakin menyadari akan pentingnya kesehatan ginjal untuk tubuh.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi