Sponsors Link

Apakah Atropi Ginjal?

Sponsors Link

Umumnya, ginjal memiliki ukuran sekitar kepalan tangan atau 10 sampai 12 cm. Sedangkan atrofi ginjal berarti ukuran ginjal yang lebih kecil dari ginjal normal dan bisa terjadi karena dua alasan mendasar yakni bagian ginjal yang tidak berkembang sejak lahir atau disebut dengan penyakit ginjal bawaan yang umumnya tidak butuh perawatan khusus dan juga tipe kedua yang terjadi sesudah kelahiran pada satu atau kedua bagian organ ginjal.

ads

Untuk jenis atrofi ginjal kedua terjadi karena suplai darah yang lebih rendah ke ginjal atau kehilangan nefron yakni unik kerja dasar ginjal. Infeksi kronis atau penyumbatan ginjal juga bisa menyebabkan atrofi ginjal dan ukuran ginjal yang lebih kecil bisa menyebabkan penyakit. Sedangkan penurunan ukuran ginjal yang lebih besar bisa menyebabkan gagal ginjal kronis.

Penyebab Atrofi Ginjal

Atrofi ginjal bias disebabkan karena banyak hal. Beberapa hal yang bisa menyebabkan atrofi ginjal diantaranya adalah:

  • Arteri yang tersumbat yang dikenal dengan stenosis arteri renal yang menyumbat arteri utama yang memasok darah ke ginjal disebabkan karena pengerasan arteri dengan timbunan lemak atau gumpalan darah.
  • Saluran kemih yang tersumbat sehingga menghalangi aliran normal urin yang menyebabkan tekanan pada ginjal dan merusak nefron.
  • Batu ginjal yang tidak diobati bisa menyebabkan penyumbatan ginjal.
  • Infeksi ginjal kiri atau kanan jangka panjang seperti pielonefritis, penyakit ginjal polikistik dan penyakit ginjal kronis lainnya yang bisa merusak nefron.

Gejala Atrofi Ginjal

Beberapa gejala ginjal atrofi diantaranya termasuk saat buang air kecil terasa sakit, sakit perut atau panggul samping dan belakang, darah dalam urin, kelelahan, kulit gatal, hilang nafsu makan, tidak nyaman di area ginjal, kram otot dan pembengkakan pada tangan dan kaki.

Namun terkadang, atrofi ginjal juga tidak menunjukkan gejala khususnya jika penyebabnya lambat dan bertahun tahun.

Diagnosis Atrofi Ginjal

Tes untuk ginjal atrofi meliputi tes pencitraan seperti ultrasound, computed tomography [CT atau CAT] scan atau magnetic resonance imaging [MRI]. Diagnosis dini dan juga pengobatan atrofi ginjal sangatlah penting untuk menghindari masalah ginjal rusak lebih lanjut.

Pengobatan Atrofi Ginjal

Perawatan untuk atrofi ginjal akan tergantung dari apa yang menyebabkan ukuran ginjal mengecil. Contohnya, seorang pasien dengan atrofi ginjal disebabkan karena penyakit infeksi saluran kemih kronis, maka akan butuh antibiotik.

Dokter nantinya juga akan mengetahui berapa banyak fungsi ginjal yang masih tersisa lewat tes darah dan urin. Jika memang ginjal sudah tidak berfungsi sama sekali, maka pengangkatan ginjal umumnya tidak dibutuhkan kecuali ada masalah berkelanjutan seperti infeksi berulang.

Aturan Emas Ginjal Anak

Ciri ciri penyakit ginjal biasanya terjadi pada orang dewasa. Namun banyak kebiasaan baik yang bisa dilakukan anak untuk menjaga kesehatan ginjal mereka seiring bertambahnya usia. Anda bisa membantu anak anak untuk melindungi kesehatan ginjal mereka sejak din dan berikut adalah aturan emas untuk panduan yang harus diikuti sejak sekarang agar kesehatan ginjal anak di masa depan bisa terjaga dengan baik.

1. Olahraga dan Aktivitas Teratur

Olahraga dengan teratur dan aktivitas fisik bisa membantu anak anak agar merasa lebih baik serta menjaga kesehatan anak dari mulai tulang, jantung, otot dan juga bagian organ ginjal.

2. Kurangi Asupan Gula

Terlalu banyak gula bisa meningkatkan risiko diabetes seiring bertambahnya usia. Gula darah yang tinggi juga bisa membuat ketegangan pada ginjal dan menjadi penyebab utama gagal ginjal akut pada orang dewasa. Anda bisa menurunkan asupan gula anak dengan cara mengurangi minuman manis.

Sponsors Link

3. Cukupi Kebutuhan Air

Air sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal serta membantu ginjal membuang limbah dari darah dalam bentuk urin. Air juga sangat membantu darah mengalir dengan bebas melalui ginjal dan juga seluruh tubuh. Jika dehidrasi ringan terjadi, maka akan membuat anak merasa lelah. Jika dehidrasi yang lebih parah, maka bisa menyebabkan tanda tanda ginjal rusak.

4. Kurangi Garam

Garam memang sangat dibutuhkan, namun jika ada terlalu banyak natrium bisa berbahaya karena akan menahan lebih banyak air di tubuh yang kemudian bisa meregangkan berbagai bagian tubuh termasuk pembuluh darah dan juga ginjal. Tekanan darah tinggi bisa merusak ginjal seiring bertambahnya usia anak dan menjadi penyebab utama gagal ginjal pada orang dewasa.

Sponsors Link
>
, , ,