Sponsors Link

Apakah Ginjal Mengecil Harus Cuci Darah? (#Anda Wajib Tahu)

Sponsors Link

Semua orang pasti ingin agar ginjal mereka selalu sehat dan dapat berfungsi dengan sempurna. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai kesehatan ginjal adalah keharusan bagi semua orang. Pengetahuan tersebut misalnya meliputi tentang bagaimana cara mencegah gagal ginjal, cara mengobati ginjal bocor, gagal ginjal kronis, cara mengatasi gagal ginjal akut, cara mengobati gagal ginjal kronik, etiologi gagal ginjal, dan masalah penyakit ginjal lainnya yang berbahaya bagi tubuh. Salah satu hal yang menjadi pertanyaan bagi setiap orang, khususnya bagi para penderita ginjal mengecil adalah apakah ginjal mengecil harus cuci darah atau tidak.

ads

Apakah ginjal mengecil harus cuci darah? Sekilas, jawaban iya mungkin merupakan jawaban yang sering diberikan oleh orang yang mengenal penyakit ini. Akan tetapi, berdasarkan rangkuman dari beberapa narasumber, mungkin jawaban yang lebih tepat adalah tergantung. Maksudnya adalah, pada kondisi tertentu, ketika pengecilan ginjal sudah sangat parah sehingga ginjal benar-benar kehilangan fungsinya, maka cuci darah tentu perlu dilakukan apalagi ketika zat-zat racun yang ada di dalam tubuh sudah mulai menyebar dan meningkat kadarnya, melebihi kadar darah segar yang seharusnya ada di dalam darah.

Akan tetapi, kita tidak harus melakukan cuci darah apabila pengecilan ginjal itu tidak sampai membuat ginjal benar-benar kehilangan fungsinya, alias masih bekerja akan tetapi mengalami penurunan fungsi. Pada saat ini terjadi, maka langkah yang tepat seharusnya adalah memperbaiki tingkat kesehatan ginjal kita dan tidak perlu sampai melakukan cuci darah apabila dirasa ginjal masih dapat berfungsi, dan kadar zat racun di dalam darah tidak terlalu banyak sehingga masih dapat ditangani oleh ginjal. Terlebih lagi apabila ternyata yang mengalami pengecilan hanya salah satu di antara dua ginjal kita, maka cuci darah tidak perlu untuk dilakukan.

Lantas apakah ginjal mengecil harus cuci darah dilakukan secara terus menerus? Sekali lagi jawabannya tergantung pada tingkat penyakit ginjal mengecil yang kita alami. Apabila ginjal sudah benar-benar mengecil dan tidak lagi dapat berfungsi, maka cuci darah tentu perlu dilakukan, diiringi dengan transplantasi ginjal untuk mengganti organ ginjal kita yang tidak dapat berfungsi tersebut dengan organ lain yang lebih sehat.

Setelah mengetahui apakah ginjal mengecil harus cuci darah atau tidak, maka ada baiknya kita juga mendalami masalah ginjal mengecil agar kita dapat mencegah atau menghindari dari penyakit ginjal mengecil, dan mungkin mengenali pertolongan pertama yang perlu kita lakukan apabila ada indikasi kita sedang mengalami ginjal mengecil. Informasi di bawah ini pasti sangat bermanfaat untukmu, tidak peduli apakah kamu muda atau tua, agar kamu dapat menjaga kesehatan ginjalmu dengan lebih baik. Informasi apa saja yang perlu kamu ketahui tentang ginjal mengecil? Silakan simak di bawah ini ya!

Penyebab Ginjal Mengecil

Informasi pertama yang perlu kita ketahui adalah mengenai penyebab ginjal mengecil itu apa saja. Penyebab ginjal mengecil secara umum bisa berasal dari penyakit ataupun karena hal lainnya. Beberapa penyebab tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Pielonefritis

Pielonefritis merupakan nama lain dari infeksi saluran kemih. Saluran kemih adalah salah satu saluran yang berhubungan dengan produksi dan penyaluran urine dari ginjal. Adanya infeksi pada saluran kemih berpotensi untuk mengganggu atau merusak organ ginjal yang kita miliki. Secara umum, saluran kemih terdiri atas bagian kandung kemih, uretra, ureter, dan juga ginjal.

Sponsors Link

Infeksi yang terjadi pada saluran kemih dapat menyebar ke bagian-bagian organ yang lain dari saluran kemih meskipun pada awalnya hanya terjadi pada salah satunya saja. Oleh karena itu, para penderita pieloneftritis atau infeksi saluran kemih harus segera mendapatkan pertolongan yang cepat dan tepat untuk menghindari penyebaran infeksi yang pada akhirnya akan memicu kerusakan ginjal. Apabila infeksi dari saluran kemih menyebar ke kandung kemih maka disebut sebagai cystitis. Cystitis sama berbahayanya dengan infeksi saluran kemih karena merupakan salah satu penyebab munculnya gagal ginjal. Oleh karena itu, kita harus mewaspadai adanya infeksi pada saluran kemih ataupun kandung kemih agar tidak sampai pada gagal ginjal.

2. Displasia ginjal

Penyebab ginjal mengecil berikutnya adalah displasia ginjal. Penyakit ini merupakan suatu kelainan pada pembentukan struktur ginjal yang muncul sebagai akibat adanya pertumbuhan jaringan metanefrik pada ginjal yang mengalami keterhambatan. Untuk mengetahui apakah terjadi displasia ginjal pada ginjal kita, dapat dilakukan dengan berbagai macam metode pemeriksaan seperti USG dan PIV. Oleh karena itu rutinlah mengecek kesehatan ginjalmu secara berkala untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan displasia pada ginjal yang kamu miliki.

ads

3. Pola makan dan minum yang buruk

Pola makan dan minum yang tidak sehat merupakan salah satu penyebab masalah ginjal yang paling sering terjadi. Seharusnya makanan yang kita makan atau minuman yang kita minum mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Sayangnya, banyak orang dan mungkin juga kita sendiri, jarang memperhatikan hal tersebut karena mungkin terlalu sibuk atau bahkan tidak mau peduli terhadap pola makan yang ia miliki. Padahal, salah satu organ tubuh yang dapat terkena dampak buruk akibat pola makan dan minum yang salah adalah ginjal. Termasuk di antaranya menjadikan ginjal kita mengalami penurunan ukuran alias mengecil.

Pada prinsipnya makanlah makanan yang bergizi, kurangilah konsumsi garam dan protein hewani yang berlebihan, jangan terlalu banyak makan makanan berkalium tinggi, minumlah air dengan cukup, kurangi konsumsi obat-obatan yang membahayakan tubuh, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk memakanan makanan untuk penderita ginjal mengecil agar kesembuhan Anda terbantu dengan cepat.

4. Hipertensi

Hipertensi atau dikenal pula dengan nama penyakit tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab dari ginjal mengecil. Hipertensi sangat erat hubungannya dengan kolesterol, pembuluh darah, dan jantung. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan hipertensi. Di antaranya adalah adanya penyempitan pada pembuluh darah secara, yang secara tidak langsung juga dapat menyebabkan penyakit gagal ginjal.

Apabila seseorang terkena hipertensi, maka tekanan darah yang dimilikinya akan sangat tinggi dan membuat organ-organ di dalam tubuh bekerja dengan lebih keras untuk menyeimbangkan diri. Oleh karena itulah hipertensi pada akhirnya dapat membuat ukuran ginjal menjadi mengecil bahkan lebih parahnya lagi akan membuat ginjal kehilangan fungsinya karena sel-sel ginjal banyak yang mati.

Oleh karena itu kita harus menghindari hipertensi, salah satunya dengan cara menerapkan gaya hidup yang sehat serta rutin mengecek kesehatan ke dokter kepercayaan kita. Misalnya adalah menerapkan cara menjaga agar ginjal tetap sehat  atau cara menjaga kesehatan ginjal yang dapat kamu lakukan kapan saja.

5. Merokok atau kecanduan rokok

Merokok juga sebagai salah satu penyebab ginjal bisa mengecil. Hal tersebut dikarenakan kandungan nikotin yang ada di dalam rokok. Nikotin merupakan racun bagi tubuh manusia, sehingga tidak hanya akan mengakibatkan dampak negatif bagi paru-paru seperti yang selama ini umumnya diketahui, akan tetapi juga bagi ginjal baik langsung ataupun secara tidak langsung. Tingkat dampak nikotin tersebut akan semakin besar apabila diiringi dengan pola atau gaya hidup yang buruk.

Tingginya kadar kreatinin, serangan TBC ginjal, adanya stenosis arteri pada ginjal, glomerulonefritis, sindrom Alport, dan lain sebagainya.

Sponsors Link

Ciri-ciri Ginjal Mengecil

Mengetahui ciri-ciri ginjal mengecil juga perlu untuk kita lakukan, agar kita dapat mengindentifikasi sejak dini apabila terjadi gangguan ginjal mengecil pada tubuh kita. Di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri ketika seseorang mengalami ginjal mengecil. Ciri-ciri tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Sering buang air kecil, yang diakibatkan karena menurunnya kemampuan produksi urine per satuan waktu.
  2. Saat buang air kecil terasa nyeri karena adanya infeksi atau hal lain di sekitar kandung kemih dan ginjal.
  3. Terjadinya pembengkakan wajah.
  4. Adanya pembengkakan pada kaki.
  5. Munculnya pembengkakan di kepala.
  6. Perubahan warna urine alias hematuria (dapat menjadi cokelat, merah, hitam, yang disertasi dengan adanya kandungan darah di dalam urine)
  7. Mual dan muntah yang cukup serius dan mengganggu aktivitas sehari-hari.
  8. Kelelahan yang cukup sering terjadi karena tubuh kesulitan dalam menyaring energi dari cairan.
  9. Anemia atau rendahnya jumlah darah merah dalam tubuh.
  10. Munculnya sakit punggung.
  11. Gatal-gatal pada kulit.
  12. Tekanan darah tinggi.
  13. Pembengkakan jaringan longgar.
  14. Nyeri pada panggul.

Cara Mengatasi Ginjal Mengecil

Lantas bagaimana cara untuk mengatasi ginjal mengecil tanpa melakukan cuci darah? Pertanyaan ini juga penting untuk kita jawab karena dengan demikian kita dapat mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi ginjal mengecil sedari awal tanpa harus menunggu keadaan ginjal menjadi semakin buruk.

Ada banyak cara untuk mengatasi ginjal mengecil. Salah satu cara untuk mengobati ginjal mengecil adalah dengan memanfaatkan ramuan-ramuan tradisional yang berbahan buah atau tanaman obat tertentu. Salah satu ramuan itu misalnya adalah dengan merebus beberapa lembar daun sirsak, kemudian meminumnya dalam jangka waktu tertentu. Dengan melakukan hal ini kita dapat membantu mengatasi ginjal yang mengecil agar dapat sembuh kembali. Selain itu mengonsumsi makanan sehat untuk ginjal juga sangat disarankan.

Kita juga bisa mengobati ginjal mengecil dengan cara mengonsumsi air rebusan daun sukun sebanyak tiga kali sehari, dengan menambahkan pula susu dan vitamin khusus untuk ginjal. Apabila kamu ingin yang lebih ampuh, tambahkan dengan meminum air rebusan buah mahkota dewa yang telah dicampur dengan madu.

Selain cara di atas, tentunya kita juga dapat memanfaatkan obat-obatan medis yang banyak dijual di apotek seperti obat batu ginjal di apotek ataupun sesuai dengan saran dokter ketika melakukan pemeriksaan ginjal.

Tips Mencegah Ginjal Mengecil

Mengetahui penyebab dan cara mengobati ginjal mengecil tanpa mengetahui cara untuk mencegah ginjal mengecil, sama saja tidak ada artinya. Memang masalah apakah ginjal mengecil harus cuci darah untuk sembuh atau tidak sudah terjawab, akan tetapi ada baiknya apabila kita melakukan pencegahan agar tidak sampai terkena penyakit ginjal mengecil itu sendiri. Dengan melakukan pencegahan yang tepat, maka secara tidak langsung kita juga akan menurunkan risiko terserang penyakit ginjal mengecil. Apa saja yang perlu kita lakukan untuk mencegah atau menghindari ginjal mengecil itu?

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi ginjal mengecil. Salah satu caranya adalah dengan menjaga pola makan dan minum kita. Dengan menjaga pola makan dan minum yang kita miliki, maka kita dapat menjaga agar tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari ginjal yang mengecil. Selain itu, kita juga perlu menjaga tekanan darah, kadar air, kadar garam, dan kadar gula yang ada di dalam tubuh agar tidak berlebihan atau terlalu rendah, karena hal-hal tersebut sangat erat kaitannya dengan kesehatan ginjal. Jangan lupa untuk menjaga berat badan dan rajin melakukan olahraga. Dengan melakukan hal-hal tersebut, maka risiko ginjal mengecil dapat kita hindari.

Itulah beberapa hal yang dapat kita bahas mengenai ginjal mengecil. Kesimpulan yang dapat kita ambil dari artikel ini adalah bahwa ginjal yang mengecil, tidak harus diatasi dengan cuci darah. Apabila itnkat sakit atau rusaknya sudah sedemikian parah maka cuci darah perlu dilakukan, tetapi apabila tingkat kerusakan masih pada batas tertentu maka tidak perlu sampai melakukan cuci darah, akan tetapi tetap dibutuhkan penanganan yang serius.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya, selamat menjaga kesehatan ginjalmu!

Sponsors Link
>
, ,