Sponsors Link

Apakah Cuci Darah Harus Seumur Hidup pada Pasien Gagal Ginjal?

Sponsors Link

Cuci darah atau proses dialisis merupakan sebuah proses yang perlu dilakukan oleh seseorang jika ginjalnya tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik sebagai organ ekskresi. Dengan kata lain, cuci darah merupakan proses dimana fungsi ginjal digantikan oleh alat medis dikarenakan limbah pada tubuh memang perlu untuk dibuang. Jika tidak, akibatnya bisa fatal.

ads

Cuci darah itu sendiri dilakukan biasanya untuk pasien gagal ginjal, baik akut maupun kronis. Yang jadi pertanyaan adalah apakah cuci darah harus seumur hidup?

Jenis Gagal Ginjal

Sebelum mengetahui jawaban dari apakah cuci darah harus seumur hidup, ada baiknya mengetahui dulu jenis gagal ginjal. Gagal ginjal itu sendiri terbagi menjadi dua yaitu kronis dan akut. Gagal Ginjal Kronis adalah penyakit jangka panjang yang tidak bisa disembuhkan. Karena penyebabnya kebanyakan adalah hipertensi dan diabetes, yang mana keduanya juga merupakan penyakit jangka panjang.

Sementara gagal ginjal akut adalah gagal ginjal yang terjadi secara mendadak dan bukan merupakan penyakit jangka panjang. Gagal ginjal akut masih memungkinkan untuk disembuhkan, selama penyebab Gagal Ginjal Akut itu sendiri bisa diatas. Misalnya jika gagal ginjal disebabkan oleh pendarahan, sementara pendarahannya sudah diatasi, maka gagal ginjal akut akan bisa disembuhkan.

Cuci Darah Haruskah Seumur Hidup?

Jawaban dari apakah cuci darah harus seumur hidup adalah disesuaikan dengan pasien itu sendiri, karena Kapan Cuci Darah Harus Dilakukan juga tergantung dari kondisi pasien itu sendiri. Pada kasus gagal ginjal akut, proses cuci darah mungkin bisa dihentikan dan tidak perlu dilakukan seumur hidup. Selama gagal ginjal sudah sembuh dan ginjal bisa melakukan tugasnya lagi seperti sedia kala.

Akan tetapi, beda kasusnya dengan gagal ginjal kronis. Seperti yang dijelaskan di atas, gagal ginjal kronis adalah penyakit jangka panjang. Sehingga saat pasien sudah diwajibkan untuk melakukan cuci darah, kemungkinan besar cuci darah diperlukan seumur hidup. Jika tidak, maka pasien bisa semakin mengalami pemburukan dalam kesehatannya sehingga bisa jadi menghentikan cuci darah akan membuat pasien mengalami kematian.

Atau, Efektivitas Cuci Darah pada pasien gagal ginjal kronis bisa dihentikan asalkan pasien sudah berhasil menjalani Transplantasi Ginjal. Tapi yang jadi masalah, tidak mudah untuk menemukan donor ginjal yang sesuai. Selain itu biayanya juga sangat mahal. Sehingga, selama menunggu donor ginjal didapat, atau selama kondisi pasien tidak memungkinkan untuk melakukan operasi transplantasi ginjal, cuci darah perlu dilakukan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Sponsors Link

Orang-orang dengan gagal ginjal kronis memang perlu untuk lebih sabar dalam menjalani prosedur tersebut. Hal ini juga demi kebaikan mereka sendiri. Walau tujuan cuci darah memang bukan untuk menyembuhkan ginjalnya, namun setidaknya cuci darah bisa meningkatkan kualitas hidup pasien gagal ginjal sehingga segala komplikasi bisa dicegah. Selain itu, tetap patuhi segala saran dan rekomendasi dokter agar dapat meningkatkan tingkat harapan hidup agar lebih berkualitas lagi.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai apakah cuci darah harus seumur hidup yang perlu diketahui. Jangan pernah patah semangat untuk menjalani semua rangkaian pengobatan tersebut. Semoga bermanfaat bagi Anda, terutama yang sedang menjalani prosedur cuci darah.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan