Sponsors Link

Apa Itu Ginjal Metanefros?

Sponsors Link

Vertebrata mempunyai bagian organ ginjal sama seperti manusia namun memiliki perbedaan dari segi struktur dan juga fungsi ginjal. Perbedaan tersebut bisa dihubungkan dengan lingkungan hidup hewan tersebut. Pada vertebrata, terdapat beberapa tipe ginjal yakni opistonefros, mesonefros dan juga metanefros. Pronefros merupakan ginjal yang berkembang pada fase embrio dan larva yang kemudian akan berubah menjadi mesonefros dan akhirnya berubah menjadi metanefros. Sedangkan untuk opistonefros merupakan tipe ginjal yang ada pada amfibi dan juga ikan. Lalu, sebenarnya apa itu ginjal metanefros?, berikut penjelasan selengkapnya untuk anda.

Tipe Ginjal Metanefros

Fungsi ginjal amniota adalah ginjal tipe metanefros yang tumbuh di bagian kaudal dari ductus mesonefros embrio. Saluran ekresinya berkembang dari blastema dan perkembangan saluran pengumpul ginjal dimulai dengan pembentukan tunas ureter kemudian menembus blastema mesonephroganecia sebagai penutup kepala meliputi ujung distal. Piala ginjal sederhana lalu akan pecah menjadi bagian kranial dan juga kaudal.

Tipe calyx akan membentuk dua tunas baru dan pada masing masing tunas tersebut akan terus membelah sampai terbentuk 12 generasi saluran atau bahkan lebih. Pada bagian tepi, secara terus menerus akan terbentuk saluran sampai akhir bulan ke-5 sampai calyces terbentuk.

Jumlah keseluruhan saluran saluran pengumpul yang masuk ke calyx minor adalah antara 10 hingga 25 buah. Tunas ureter akan membentuk ureter, piala ginjal, calyces majores dan juga minores kurang lebih 1 sampai 3 juta buah saluran pengumpul.

Saluran tersebut akan membentuk simpai Bowman. Pada ujung yang berlawanan, saluran ini akan bermuara ke dalam saluran pengumpul memanjang yakni saluran mesonefros atau saluran Wolff. Di pertengahan bulan ke-2, saluran kranial dan glomeruli akan mengalami perubahan degeneratif dan pada akhirnya bagian proksimal tunas metanefros menjadi ductus metanefros atau ureter.

Bagian distal dari tunas metanefros akan melebar menjadi pelvis ginjal pembuluh penampung. Ureter akan bermuara ke ductus mesonefros dan kemudian akan bermuara ke kloaka untuk reptilia, aves dan monotremata atau di kantung urine untuk placentalia.

Struktur Nefron

Ginjal atau ren disebut dengan buah pinggang karena buahnya seperti kacang merah. Ginjal terletak pada kanan dan kiri tulang pinggang yakni dalam rongga perut di dinding tubuh dorsal. Ginjal berjumlah sebanyak 2 buah berwarna merah agak keunguan dan yang kiri terletak lebih tinggi dibandingkan dengan kanan.

Pentingnya organ ginjal yakni lapisan ginjal bagian luar disebut dengan korteks atau kulit ginjal. Sedangkan lapisan dalam disebut dengan medulla atau sumsum ginjal dan lapisan paling dalam berupa rongga ginjal disebut dengan pelvis renalis.

Saluran struktural dan fungsi ginjal yang terkecil disebut dengan nefron dan setiap nefron terdiri dari badan malphigi yang tersusun dari kapsul bowman, glomerulus yang terdapat di bagian korteks dan juga tubulus tubulus yakni tubulus kontertus proksimal, tubulus kontertus distal, tubulus pengumpul dan juga lengkung henle yang terdapat di bagian medulla.

Lengkung henle tersebut merupakan bagian saluran ginjal yang melengkung pada daerah medulla dan berhubungan dengan medulla dan berhubungan dengan proksimal atau tubulus di daerah korteks.

Demikian ulasan dari kami tentang apa itu ginjal metnefros dan pada vertebrata memiliki beberapa tipe ginjal yakni pronefros, opistonefros, mesonefros dan juga metanefros tersebut. Pronefros merupakan ginjal yang berkembang pada fase embrio atau larva yang kemudian berubah menjadi mesonefros dan pada akhirnya berubah menjadi metanefros. Sedangkan opistonefros merupakan tipe ginjal yang ada pada amfibi dan juga ikan.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi