Sponsors Link

Anyang Anyangan Karena Batu Ginjal – Gejala – Penyebab – Pencegahan

Sponsors Link

Anyang anyangan atau buang air kecil sedikit sedikit sering dianggap bukanlah masalah serius oleh banyak orang. Akan tetapi saat anyang anyangan terjadi tanpa henti hingga menimbulkan gejala seperti rasa nyeri tak tertahankan di area pinggang, maka baru membuat penderita menyadari jika ada yang salah dengan sistem kandung kemih mereka. Anyang anyangan bisa dijadikan pertanda jika seseorang mengalami batu ginjal yang nantinya bisa menyebabkan kencing batu. Penyakit kencing batu sendiri merupakan keluarnya kristal mengeras seperti batu berukuran kecil yang terkadang juga berbentuk seperti pasir. Untuk lebih jelas, berikut ini akan kami berikan ulasan lengkap mengenai anyang anyangan karena batu ginjal yang perlu diwaspadai.

ads

Gejala Batu Ginjal

Gejala atau ciri ciri batu ginjal sangat bervariasi dari mulai tanpa menimbulkan gejala sama sekali sampai munculnya anyang anyangan dan sakit pinggang. Namun gejala yang paling sering terjadi dan lebih banyak dikenal orang adalah pegal dan terasa nyeri di area pinggang bagian belakang atas lebih tepatnya di bagian bawah iga urutan terakhir. Pada kadar tertentu, sakit yang ditimbulkan bisa terasa seperti tertusuk yang kemudian menjalar hingga ke saluran kemih. Selain itu, terkadang gejala juga diikuti dengan buang air sedikit sedikit atau anyang anyangan, air seni berubah warna menjadi merah dan timbul mual serta demam.

Anyang Anyangan karena Batu Ginjal

Anyang anyangan selain menjadi ciri ciri batu ginjal awal, sebenarnya juga bisa menjadi penyebab dari batu ginjal itu sendiri. Hal ini bisa terjadi karena kebiasaan buruk seperti sering menahan buang air kecil karena sedang mengerjakan sesuatu atau karena toilet umum yang tidak bersih dan lain sebagainya. Saat menahan berkemih terlalu lama, maka ketika nantinya dikeluarkan jumlahnya sedikit yang juga disertai rasa ngilu atau nyeri atau lebih dikenal dengan sebutan anyang anyangan.

Dalam istilah kedokteran, anyang anyangan yang dikenal dengan istilah disuria ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan nyeri ketika buang air kecil, nyeri di bagian perut bawah atau tulang kemaluan. Namun meskipun rasa ingin berkemih sudah sangat terasa, urin yang keluar nantinya juga akan berjumlah sedikit dan tidak terasa lega sehingga membuat seseorang akan terus bolak balik ke kamar mandi.

Anyang anyangan sebenarnya bukanlah sebuah penyakit namun lebih kepada keluhan. Keluhan saat buang air kecil tersebut bisa saja disertai juga dengan demam atau karena ada sesuatu pada urin yakni batu ginjal yang bisa menyebabkan infeksi. Infeksi yang pada awalnya terletak dibawah tersebut, saat tidak segera diatasi dengan banyak minum air putih, maka infeksi yang terjadi tersebut akan nanik ke saluran kemih bagian atas hingga ke ginjal yang bahkan bisa menyebabkan ginjal rusak.

Seseorang yang mengalami anyang anyangan tersebut nantinya bisa merasakan sensasi nyeri, panas di bagian bawah dan juga kesulitan saat berkemih. Sementara jika terjadi pada bagian atas akan mengalami demam dan juga nyeri di area pinggang sehingga membutuhkan penanganan yang jauh lebih serius.

Sedangkan untuk masalah yang paling sering dikeluhkan penderita anyang anyangan karena batu ginjal adalah kolik renal atau nyeri yang terjadi sangat hebat di area ginjal dan juga saluran kemih. Pada saat kolik renal terjadi, maka rasa nyeri yang dirasakan penderita juga sangat hebat yang bahkan membuat penderita kesulitan untuk tidur. 

Sponsors Link

Penyebab Anyang Anyangan

Selain karena kebiaaan buruk menahan buang air kecil, anyang anyangan ini juga bisa terjadi karena infeksi dan juga dehidrasi. Selain itu, anyang anyangan juga bisa terjadi karena aktif dalam berhubungan seksual khususnya bagi pengantin baru dimana para wanita akan lebih sering menahan kencing dan tidak membasuh kemaluan secara baik sesudahnya sehingga infeksi dan batu ginjal serta macam macam penyakit ginjal bisa terjadi.

Wanita memang lebih rentang mengalami anyang anyangan atau infeksi saluran kemih sebab muara dari saluran kencing berada dekat dengan lubang vagina. Namun, ternyata anyang anyangan juga sering dialami laki laki berusia diatas 50 tahun sebab prostat yang semakin membesar. 

Sponsors Link

Pencegahan Anyang Anyangan

Untuk mencegah anyang anyangan yang bisa menyebabkan dan disebabkan karena batu ginjal selain bisa dilakukan dengan menjauhi pantangan batu ginjal ini, maka mengkonsumsi air putih setidaknya 1.5 hingga 2 liter per hari sangat disarankan. Selain itu, setiap orang khususnya wanita sebaiknya juga tidak menahan berkemih dan juga kelembaban di area kemaluan juga harus dijaga dengan baik meski selalu beraktifitas dengan padat setiap hari.

Sedangkan jika sedang datang bulan, maka para wanita disarankan untuk lebih rajin mengganti pembalut sehingga tidak menyebabkan alergi dan juga iritasi di area vagina. Sementara untuk cara mengeluarkan batu ginjal secara alami dari segi medis, sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi air lain selain air putih. Jika air rebusan herbal seperti rebusan daun sirih atau mengkudu dikatakan belum ada penelitian medis.

Keluhan anyang anyangan karena batu ginjal sebaiknya jangan dibiarkan berlarut larut khususnya jika nyeri pinggang dan demam dalam waktu lama sudah terjadi. Segera berkonsultasi dengan dokter dan lakukan pemeriksaan secara teratur supaya kondisi kesehatan ginjal serta saluran kemih bisa diketahui dengan baik.

Sponsors Link
>
, , ,