Sponsors Link

Anjuran dan Pantangan Transplantasi Ginjal Selama Bedah dan Pasca Bedah

Sponsors Link

Ginjal menjadi salah satu organ vital bagi manusia karena bertugas untuk mengekstrak bahan limbah serta zat beracun darah sekaligus menyeimbangkan cairan dalam tubuh dan meningkatkan fungsi tubuh secara menyeluruh. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami gagal ginjal kronis seperti kurangnya asupan air, melakukan kebiasaan buruk seperti merokok, tekanan darah tinggi, obesitas atau kelebihan berat badan dan dalam beberapa kasus juga bisa disebabkan karena tumor dan juga kista. Pada saat kedua organ ginjal tidak berfungsi, maka sebagian pasien dianjurkan untuk menjalani dialisis sebanyak dua hingga tiga kali seminggu. Dialisis sendiri merupakan pengobatan gagal ginjal dengan cara menghilangkan segala zat beracun dari darah secara artifisial memakai suntikan. Namun jika penyakit ginjal yang dialami pasien sudah kronis, maka transplantasi ginjal harus dilakukan dimana menemukan donor ginjal yang cocok tidaklah mudah untuk dilakukan.

ads

Apabila ada anggota keluarga atau kerabat yang bisa menyumbangkan ginjal dan cocok sebagai salah satu syarat transplantasi ginjal, maka transplantasi ginjal bisa dilakukan dengan mudah. Namun jika tidak, maka pasien harus menunggu donor dan bahkan kemungkinan menunggu sumbangan ginjal dari jenazah yang cocok. Untuk melakukan prosedur ini, ada beberapa anjuran dan pantangan transplantasi ginjal yang harus dipatuhi oleh pasien baik selama bedah berlangsung atau pasca bedah agar kekambuhan dan juga penolakan bisa dicegah.

Apakah Transplantasi Ginjal?

Transplantasi ginjal merupakan tindakan operasi transfer ginjal sehat dari pendonor pada penerima atau recipient. Penerima transplantasi ginjal tersebut umumnya merupakan penderita gagal ginjal kronis. Transplantasi ginjal membutuhkan waktu yang lama sebab pasien kemungkinan harus menunggu ginjal donor yang cocok dan pendonor juga harus mempunyai tipe jaringan serta golongan darah yang sama dengan penerima transplantasi ginjal. Dokter umumnya akan mengevaluasi kondisi pasien penerima transplantasi ginjal dengan beberapa ketentuan seperti:

  • Sedang berada dalam kondisi sehat untuk menjalani operasi.
  • Apabila keuntungan dari transplantasi ginjal lebih besar dibandingkan risiko yang bisa ditimbulkan.
  • Pasien sudah pahan dengan risiko dari komplikasi dan juga efek samping transplantasi ginjal.
  • Pasien juga mengerti jika ada obat immuno suppressant yang akan dikonsumsi dan juga membutuhkan pertemuan tindak lanjut.

Transplantasi ginjal memang merupakan prosedur operasi besar sekaligus membutuhkan biaya transplantasi ginjal yang tidak sedikit sekaligus memiliki banyak risiko di masa yang akan datang sehingga penerima donor nantinya diwajibkan untuk melakukan check up secara teratur dalam beberapa waktu.

Anjuran dan Pantangan Sesudah Transplantasi Ginjal

Sesudah proses transplantasi ginjal berhasil dilakukan, maka penderita juga diharuskan melakukan dan memperhatikan beberapa hal yang biasanya akan direkomendasikan oleh dokter. 

Sponsors Link

  • Jangan pernah menghentikan minum obat yang sudah diberikan dokter.
  • Jangan mengubah jadwal immuno supressan yang sudah diberikan.
  • Hindari kebiasaan merokok dan lebih baik hentikan seluruhnya.
  • Jangan abaikan segala saran dari dokter transplantasi ginjal anda.
  • Jangan konsumsi obat jenis lain kecuali jika dianjurkan oleh dokter transplantasi ginjal.
  • Hindari percikan air pada area insisi karena bisa meningkatkan risiko infeksi.
  • Hindari melakukan aktivitas apa pun juga karena bisa menyebabkan tekanan pada ginjal baru tersebut.

Saran Penting Pasca Transplantasi Ginjal

Ada beberapa saran penting yang harus dipatuhi untuk setiap orang sesudah menjalani prosedur transplantasi ginjal termasuk perawatan pasca transplantasi ginjal dengan tujuan untuk mencegah penolakan atau komplikasi dari transplantasi ginjal tersebut. 

Sponsors Link

  • Sesudah transplantasi ginjal, maka sistem kekebalan tubuh pasien akan menurun sehingga disarankan untuk menjauhi beberapa orang yang mengalami infeksi dalam beberapa bulan berikutnya.
  • Obat obatan yang sudah diresepkan dokter harus diminum secara teratur.
  • Berkonsultasi dengan dokter sangat disarankan sekaligus mengikuti setiap petunjuk yang diberikan saat anda lupa untuk minum obat yang bersifat immuno supressant.
  • Pastikan untuk selalu memeriksa tekanan darah dan juga berat badan yang dilakukan setiap hari.
  • Jaga kebersihan ruangan yang termasuk dalam prioritas utama sesudah melakukan transplantasi ginjal.
  • Apabila mengalami kelelahan dan kurang sehat pasca operasi, maka sesegera mungkin konsultasikan hal tersebut dengan dokter.
  • Apabila terjadi pembengkakan, pendarahan atau rasa sakit yang timbul pada area insisi, maka juga harus sesegera mungkin diperiksakan ke dokter.
  • Apabila pasien memiliki rencana untuk bepergian atau melakukan perjalanan, maka sebaiknya beritahu dokter dan lakukan saran saran yang diberikan.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips