Sponsors Link

Anjuran dan Pantangan Makanan Sindrom Alport Yang Penting Diketahui

Sponsors Link

Sindrom alport adalah salah satu jenis gangguan ginjal yang merupakan penyakit turunan dari orang tua pada anak. Penyakit ini ditandai dengan timbulnya jaringan parut pada organ ginjal, penyakit yang menyebabkan menurunnya fungsi ginjal secara bertahap dan pada akhirnya semakin memburuk sehingga gagal ginjal terjadi. Bagi anda yang menderita salah satu dari macam macam penyakit ginjal ini, berikut akan kami berikan anjuran dan pantangan makanan sindrom alport untuk menambah referensi jenis makanan apa saja yang sebaiknya anda konsumsi dan apa yang harus dihindari.

ads

Anjuran Makanan Sindrom Alport

Makanan sehat untuk penderita sindrom alport merupakan jenis makanan yang bisa meringankan gejala atau setidaknya bukan jenis makanan yang bisa menambah beban kerja ginjal sampai akhirnya menyebabkan ginjal rusak. Beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi diantaranya adalah:

  1. Protein Berkualitas Tinggi

Makanan yang mengandung protein berkualitas tinggi khususnya yang menyediakan sumber asam amino esensial sangat penting bagi pasien penderita penyakit ginjal sehingga limbah yang dihasilkan bisa menurun sekaligus mengurangi beban kerja ginjal. Beberapa makanan tinggi protein yang baik dikonsumsi diantaranya adalah daging tanpa lemak, putih telur, ikan dan juga susu.

  1. Makanan Tinggi Antioksidan

Jenis makanan yang mengandung sifat antioksidan tinggi sangat baik dikonsumsi untuk melindungi organ ginjal dari kerusakan sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita sindrom alport, mencegah ciri ciri ginjal rusak serta infeksi ginjak. Makanan tinggi antioksidan yang baik dikonsumsi adalah jenis buah dan sayur seperti bawang merah, kubis, paprika merah dan aneka jenis buah berry.

  1. Makanan dan Minuman Bersifat Diuretik

Akar dandelion, salvio, daun jelatang, labu pahit atau makanan dan minuman bersifat diuretik lainnya juga disarankan dikonsumsi karena bisa merangsang ginjal dalam memproduksi lebih banyak urin, untuk membersihkan darah dan juga membersihkan saluran kemih.

  1. Makanan Kaya Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 merupakan asam lemak tak jenuh yang tidak hanya bisa mencegah reaksi peradangan ginjal namun juga efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pasien sindrom alport dan macam macam penyakit ginjal lainnya. Minyak biji rami dan minyak ikan menjadi sumber asam lemak omega 3 yang baik untuk dikonsumsi.

Pantangan Makanan Sindrom Alport

Sindrom alport merupakan gangguan ginjal yang tentunya bisa mempengaruhi fungsi ginjal secara menyeluruh sehingga ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari karena bisa menambah beban ginjal. Beberapa jenis makanan tersebut diantaranya adalah:

  1. Makanan Tinggi Fosfor

Makanan yang mengandung fosfor memang sangat penting untuk pengaturan kalsium, menjaga kesehatan tulang dan gigi sekaligus membentuk tulang secara baik. Namun makanan tinggi akan fosfor tidak boleh dikonsumsi pasien sindrom alport karena bisa memperburuk penyebab sindrom alport. Beberapa jenis makanan tinggi fosfor yang harus dihindari diantaranya adalah biji labu, keju, ikan salmon, ikan mas, segala jenis seafood seperti kerang dan kepiting, kacang almond dan mete, daging babi, produk susu seperti yoghurt, makanan kedelai seperti tahu dan tempe serta beberapa makanan tinggi fosfor lainnya.  

Sponsors Link

  1. Makanan Tinggi Natrium

Makanan yang tinggi natrium, sodium atau garam tidak hanya berbahaya untuk penderita sindrom alport namun juga berbahaya untuk kesehatan ginjal secara menyeluruh dan menjadi pantangan ginjal bocor sebab akan memberatkan kerja ginjal akibat cairan berlebih dalam peredaran darah yang disebabkan natrium terlalu tinggi tersebut. Beberapa jenis makanan tinggi natrium yang harus dihindari diantaranya adalah bacon, roti beragi, keju, semua camilan gurih, hidangan yang memakai campuran daging, bumbu berbasis tomat seperti saus tomat, makanan kemasan dan makanan kaleng.

  1. Makanan Tinggi Potassium

Makanan tinggi potassium menjadi pantangan makanan untuk penderita sindrom alport, gagal ginjal akut atau kronis, glomerulomefritis dan juga uropati obstruktif. Beberapa makanan tinggi potassium yang harus dihindari diantaranya adalah pisang, semangka, yoghurt, kacang kacangan, salmon kaleng, ubi, kentang, saus tomat dan sebagainya.

  1. Makanan Mengandung Protein Kualitas Rendah

Makanan yang mengandung protein berkualitas rendah juga sebaiknya tidak dikonsumsi termasuk juga untuk pantangan batu ginjal karena bisa menghasilkan terlalu banyak limbah. Beberapa jenis makanan mengandung protein berkualitas rendah diantaranya adalah: 

Sponsors Link

  • Buah buahan: apel, pisang, pir, peach dan grapefruit.
  • Sayuran: Tomat, asparagus, paprika, brokoli, sayur berdaun hijau.
  • Gandum: Nasi, oat, roti, pasta dan gandum utuh.
  • Minyak esensial: Minyak alpukat, minyak kelapa dan minyak zaitun.
  1. Minuman Beralkohol atau Mengandung Kafein

Minuman beralkohol dan mengandung kafein tinggi memang tidak baik dikonsumsi karena tidak hanya berbahaya untuk ginjal namun bisa menurunkan fungsi tubuh secara menyeluruh. Minuman beralkohol dan mengandung kafein yang harus dihindari adalah kopi, minuman ringan, teh hitam, teh hijau, minuman coklat, es krim, teh kombucha, bir, anggur meskipun banyak juga manfaat minuman anggur untuk ginjal.

Sponsors Link
>
, , ,