Sponsors Link

Anatomi Kandung Kemih Manusia yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Kandung kemih merupakan salah satu organ dari sistem kemih manusia. Fungsi dari kandung kemih ini adalah sebagai ruang penyimpanan urine sebelum dibuang dan berperan langsung dalam Proses Terbentuknya Urine manusia. Secara umum, letak kandung kemih pada manusia adalah di lantai rongga panggulPada laki-laki, anatomi kandung kemih berada di belakang simphisis pubis atau di depan rektum. Sedangkan pada wanita, posisi dari kandung kemih berada di bawah uretus, yaitu di depan vagina.

ads

Kandung kemih ini akan berhubungan langsung dengan uretra. Uretra itu sendiri merupakan saluran tabung yang mengarah langsung ke bagian luar tubuh. Proses dari pengeluaran urine dari tubuh adalah proses pengosongan kandung kemih, yang sering juga disebut dengan istilah buang air kecil atau pipis. Anatomi kandung kemih itu sendiri bisa menyimpan cairan urine kurang lebih sebanyak 400 hingga 500 ml. Dan untuk mendapatkan Ciri Urine Sehat, seseorang tidak diperkenankan menyimpan urine di kandung kemih terlalu lama.

Kandung kemih secara anatomi dibentuk dengan beberapa lapisan dinding, antara lain:

  1. Serosa

Serosa merupakan lapisan terluar dari kandung kenih. Lapisan ini berupa perpanjangan dari lapisan peritoneal dari rongga pelvis. Lapisan serosa ini disebut juga sebagai membran serosa dan memiliki jaringan ikat yang elastis.

  1. Otot detrusor

Otot detrusor merupakan lapisan di tengah dinding kandung kemih. Laposan ini tersusun atas otot-otot polos yang bisa berkontraksi secara serentak ke segala arah. Lapisan otot detrusor ini juga memiliki lapisan serat otot polos berupa longitudinal, tengah sirkular, dan luar longitudinal.

  1. Sub mukosa

Lapisan ketiga adalah lapisan sub mukosa. Lapisan ini adalah jaringan ikat di bawah mukosa yang tipis dan longgar. Lapisan ini lah yang menghubungkan lapisan otot detrusor dan juga lapisan mukosa hingga keduanya bisa menempel dengan erat.

  1. Mukosa

Lapisan mukosa adalah lapisan paling dalam dari dinding kandung kemih. Lapsisan ini merupakan lapisan selaput lendir yang bisa merengang karena berisi jaringan epitel. Jaringan ini memang perlu bisa merengang agar bisa menampung cairan urine dan kembali seperti semula saat urine sudah dikosongkan. Mukosa memiliki banyak lipatan yang juga disebut sebagai ruge.

Selain keempat lapisan dinding kandung kemih di atas, anatomi kandung kemih manusia juga dibedakan lagi menjadi 3 bagian, yaitu trigonum vesicae, lubang ureter, dan juga lubang internal uretra. Trigonum vesicae ini sendiri merupakan sebuah area segitiga halus pada dasar kandung kemih yang tidak bisa berkembang. Di area ini terbentuk sudut-sudut yang terbentuk dari tiga lubang. Ketiga lubang yang dimaksud adalah dua lubang di sudut atas (muara ureter) dan satu lubang pada apex (uretra). Jika bagian ini terinfeksi bakteri, dan bakteri tersebut berhasil mencapai ginjal, maka bisa jadi akan muncul penyakit Infeksi Ginjal.

Sponsors Link

Di dalam anatomi kandung kemih itu sendiri juga ada sistem syaraf yang bekerja sama dalam tubuh. Sistem syaraf pada kandung kemih ini diatur oleh syaraf yang berasal dari plexus vesicalis dan plexus prostaticus. Keduanya merupakan satu bagian dari hypogastrium inferior. Anatomi dari sistem persyarafan kandung kemih dijelaskan sebagai berikut.

  1. Serabut motoris

Serabut motoris ini memiliki sifat parasimpatisbagi otot destrutor yang melewati nervus erigentes. Sementara preganglion neuron parasimpatis ini terletak di nervus parasimpatis sakral, yaitu di medula spinalis.

  1. Serabut sensoris

Serabut sensoris memiliki sifat simpatis yang melewati nervus hypogastricus. Area ini akan mendapat rangsangan jika kandung kemih merengang, sehingga akan muncul rasa penuh urine pada manusia. Hal inilah yang akan memicu rasa ingin buang air kecil.

  1. Serabut simpatis

Serabut simpatis juga ada sebagai sistem saraf dari pembuluh darah. Serabut-serabut ini berasal dari neuron yang berada di cabang ventral medula spinalis sakral.

  1. Refleks detrusor

Refleks detrusor akan dimulai dari kontraksi otot kandung kemih. Refleks ini akan aktif jika di dalam kandung kemih ada sekitar 100 hingga 150 ml.

Sponsors Link

Jika sistem persyarafan pada kandung kemih ini mengalami gangguan, misalnya seseorang yang lebih sering merasakan ingin buang air kecil secara terus menerus, maka bisa jadi itu adalah salah satu Tanda Tanda Ginjal Mulai Rusak yang perlu diwaspadai.

Selain itu, anatomi kandung kemih juga memiliki beberapa penahan, yaitu bagian ligamentum. Beberapa ligamentum pada kandung kemih akan dijelaskan sebagai berikut.

  • Ligamentum mediale puboprostaticum – Bagian ini berada pada prostat dan dinding belakang tulang pubis pada laki-laki. Sedangkan pada wanita, bagian ini berada di sekitar belakang pubis dan kolum vesika.
  • Ligamentum laterale puboprostaticum – Ligamentum yang satu ini melekat dengan mediale yang menuju ke arcus tendineus fascia pelvis.
  • Ligamentum laterale vesicae – Ada lagi sistem penahan atau ligamentum yang berada di bagian posterolateral.

Demikianlah beberapa penjelasan dari anatomi kandung kemih manusia yang perlu diketahui sebagai informasi dasar mengenai organ kandung kemih dan juga sistem saraf yang ada di sekitarnya. Jaga selalu kesehatan dari kandung kemih agar terhindar dari Penyakit Infeksi Saluran Kemih bawah yang bisa terjadi karena bakteri. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi