Sponsors Link

Albuminuria : Penyebab, Ciri Ciri, Gejala, Pencegahan dan Cara Mengobati

Sponsors Link

Pada masyarakat awam penyakit ginjal yang sering didengar dan dialami antara lain batu ginjal,kanker ginjal dan gagal ginjal. Namun ada beberapa penyakit lainnya yang dapat menyerang ginjal dan meskipun hanya sedikt penderitanya bukan berarti penyakit ini tidak berbahaya. Albuminuria salah satunya. Albuminuria adalah suatu kondisi dimana protein albumin yang terdapat di dalam urin jumlahnya berlebih. Seperti diketahui bahwa tubuh kita memerlukan berbagai macam zat zat untuk membuat tubuh kita dapat beraktivitas dengan baik. Tubuh kita memerlukan mineral,garam,zat besi, vitamin A B C D E, karbohidrat, lemak dan protein. Zat zat tersebut kita butuhkan dalam keadaan yang cukup tidak berlebih atau berkurang. Zat zat tersebut dikonversi menjadi energi yang membuat tubuh kita bersemangat. Ketika tubuh kita kekurangan zat zat tersebut maka penyakit akan mudah datang dan tubuh kita akan mudah sekali lemah. Zat zat tersebut bisa kita dapatkan melalui makanan yang kita konsumsi sehari hari.

ads

Albumin adalah sejenis protein yang fungsinya adalah untuk mencegah merembesnya cairan yang terdapat didalam darah yang akan keluar menuju ke jaringan yang lain. Albumin itu sendiri adalah protein utama yang terdapat pada darah sementara protein merupakan senyawa komples yang tersebar di hampir seluruh bagian tubuh kita hingga bagian kecil seperti kuku. Protein yang terdapat dalam aliran darah manusia memiliki berbagai fungsi penting diantaranya untuk proses pembekuan darah, melindungi tubuh dari berbagai infeksi dan menjaga cairan yang ada di dalam tubuh manusia agar dalam keadaan yang seimbang. ( Baca juga : glukosaria )

Fungsi ginjal adalah untuk menyaring dan memilih mana zat zat yang akan dibuang keluar dari tubuh manusia dan zat zat apa yang masih berguna bagi tubuh manusia. Ketika fungsi ginjal ini rusak maka ginjal tidak mampu menyaring zat zat tersebut sehingga zat zat yang seharusnya terbuang dari dalam tubuh justru akan mengendap di dalam tubuh dan zat zat masih berguna bagi tubuh dikeluarkan dari dalam tubuh bersama urin. Albumin dan protein merupakan zat zat yang masih berguna bagi tubuh manusia, rusaknya fungsi ginjal dalam penyaringan membuat tubuh manusia kekurangan banyak protein dan kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan ginjal dan bahkan dapat menyebabkan gagal ginjal. Berikut ini berbagai macam penyebab terjadinya Albuminuria. (Baca juga : kebiasaan penyebab gagal ginjal  )

Penyebab Albuminuria

  1. Diabetes

Diabetes merupakan kondisi dimana kadar gula yang terdapat pada tubuh manusia melebihi kadar normal rata rata manusia. Keadaan ini yang menyebabkan rusaknya ginjal sehingga ginjal gagal melakukan proses filtrasi. (Baca juga : kelainan ginjal )

  1. Hipertensi

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal pula. ( Baca juga : ginjal polikistik )

  1. Pre eklampsia

Pre eklampsia dan hipertensi gestasional terjadi pada wanita yang sedang hamil. Hipertensi gestasional adalah tekanan darah tinggi yang terjadi pada ibu hamil. ( Baca juga : tanda awal gagal ginjal )

  1. Daya tahan tubuh yang lemah

Sistem imun yang lemah akan membuat bakteri dan virus dengan mudah menyerang ginjal. Sehingga yang terjadi adalah rusaknya ginjal dan beberapa fungsi ginjal tidak bekerja dengan baik. ( Baca juga : macam macam penyakit ginjal )

  1. Kurangnya cairan

Kurangnya cairan dalah tubuh menyebabkan terjadinya dehidrasi yang menyebabkan penumpukkan protein di dalam ginjal sehingga tidak mampu diproses dengan baik oleh ginjal. ( Baca juga : penyebab radang ginjal )

  1. Kurangnya protein

Protein yang masuk ke dalam tubuh manusia jumlahnya di bawah jumlah yang dibutuhkan tubuh. Sementara, Vitamin C dan kalsium jumlahnya terlalu melimpah sehingga dapat merusak glomerulus. ( Baca juga : ciri ciri ginjal bocor )

  1. Obat obatan

Sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai obat apa saja yang dapat dikonsumsi dengan aman dan tidak menyebabkan alergi pada tubuh. Bagi sebagian orang mereka terkena alergi apabila mengonsumsi obat yang mengandung zat zat tertentu. ( Baca juga : ciri ciri ginjal bermasalah )

Sponsors Link

Ciri ciri Albuminuria

  1. Urin mengandung protein

Urin yang mengandung protein biasanya ditandai oleh warna urin yang berubah menjadi keruh, adanya nanah ketika buang air kecil, dan memiliki bau yang menusuk. ( Baca juga : ciri ciri penyakit batu ginjal )

  1. Nyeri pinggang

Ketika mengalami penyakit ginjal maka bagian yang paling merasakan sakit ialah pinggang. Karena ginjal berada di bagian belakang atas kanan dan kiri tubuh manusia. Nyeri pinggang terjadi karena jaringan penyaringan cairan dalam ginjal mengalami kerusakan. ( Baca juga : ciri ciri ginjal sehat )

  1. Pembengkakan pada bagian tubuh

Pada orang yang terkena Albuminuria akan mengalami pembengkakan yang terjadi pada beberapa anggota tubuh. Pembengkakan ini terjadi karena adanya cairan yang menumpuk pada ginjal.( Baca juga : penyebab ginjal bengkak )

  1. Tubuh cepat lelah

Albuminuria menyebabkan tubuh kekurangan protein, kekurangan protein ini menyebabkan tubuh lebih gampang lelah dan letih. ( Baca juga : ciri ciri ginjal rusak )

Gejala gejala Albuminuria

ads
  1. Pembengkakan pada perut

Pembengkakan pada perut terjadi karena adanya kerusakan atau ketidaknormalan yang terjadi pada proses eskresi. Metabolisme yang terjadi di dalam tubuh tidak berjalan dengan baik dan menyebabkan pembengkakan yang terjadi pada perut. ( Baca juga :  cara mengobati batu ginjal)

  1. Pembengkakan pada kaki

Pembengkakan pada kaki bisa menandakan adanya penyakit yang menyerang tubuh manusia. Misalnya penyakit jantung dan ginjal atau bisa juga penyaki penyakit lainnya. Selain hal ini dapat menganggu aktivitas sehari hari, pembengkakan pada kaki juga harus diperiksa dengan segera ke dokter untuk mengetahui adakah penyakit lain yang bersarang di dalam tubuh. ( Baca juga : penyebab ginjal mengecil )

  1. Pembengkakan pada wajah

Pembengkakan pada wajah sangat menganggu pada sebagian besar orang. Selain itu rasa sakit yang diderita juga membuat badan merasa tidak enak. Pembengkakan pada wajah dapat terjadi karena kenaikan berat badan, sakit gigi atau albuminuria. ( Baca juga : makanan penyebab sakit ginjal )

  1. Pembengkakan pada tangan

Pembengkakan pada tangan bisa menjadi tanda terjadinya asam urat atau juga albuminuria.

  1. Tidak ada gejala khusus

Pada sebagian orang yang terkena Albuminuria bisa jadi mereka tidak memiliki tanda tanda khusus. Mereka baru mengetahui mereka terkena Albuminuria ketika mereka datang ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Diagnosa Albuminuria

Pemeriksaan diagnostik Albuminuria dilakukan dengan melakukan tes urin yang kemudian akan diuji berapa kadar albumin yang terdapat pada urin manusia. Normalnya kadar albumin berada dikisaran kurang atau sama dengan 2,5 mg/mmol pada pria dan kurang dari atau sama dengan 3, mg/mmol pada wanita.

Pencegahan Albuminuria

  1. Minum air putih yang cukup

Dalam sehari manusia minimal mengonsumsi air putih paling sedikit 8 gelas sehari. Kurangi minuman alkohol dan berasa untuk menstabilkan kadar albumin yang ada dalam tubuh untuk menghidari penyakit Albuminuria.

  1. Mengonsumsi buah buahan berserat

Mengonsumi buah buahan sangat baik untuk tubuh agar tubuh terasa sehat dan segar. Buah buahan yang berserat seperti apel dan anggur baik untuk mencegah terjadinya kelebihan zat protein di dalam tubuh manusia sehingga fungsi ginjal dapat berlangsung dengan baik.

  1. Kurangi makan garam

Garam ternyata dapat menganggu fungsi ginjal dalam mengendalikan cairan yang ada dalam tubuh.

Sponsors Link

Pengobatan albuminuria

  1. Melakukan pengontrolan kadar gula dalam tubuh

Albuminuria dapat terjadi karena diabetes. Untuk mengurangi risiko Albuminuria semakin parah maka cara yang bisa dilakukan adalah mengontrol kadar gula yang ada didalam darah. Untuk mengontrol darah ini biasanya dokter menyarankan pasien untuk melakukan diet, olahraga yang cukup dan makan makanan yang mengandung sedikit gula dan juga dengan mengonsumsi obat untuk menekan kadar gula dalam darah

  1. Ace inhibitor

Ace inhibitor biasanya direkomendasikan untuk orang yang memiliki hipertensi. Para penderita yang terkena Albuminuria dikarenakan hipertensi disarankan untuk menjaga tekanan darah mereka pada angka dibawah 140/90 mmHg.

  1. Penggunaan diuretik dosis

Diuretik dosis digunakan untuk mengurangi jumlah albumin dalam tubuh dan dilakukan secara berulang agar kadar albumin dalam keadaan normal.

  1. Terapi steroid

Terapi ini digunakan untuk mengurangi kadar protein dalam urin

Albuminuria merupakan salah satu penyakit ginjal yang seringkali membuat tubuh penderita lemah karena kekurangan protein. Kekurangan protein ini terjadi karena gagalnya fungsi ginjal dalam menyaring zat zat yang masih berguna bagi tubuh. Hal hal yang dapat membuat tubuh kita terhindar dari  Albuminuria ialah minum yang cukup dan juga menjaga berat badan.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :