Sponsors Link

5 Akibat Ginjal Bengkak – Cara Mengatasi dan Pencegahannya

Sponsors Link

Salah satu organ vital yang dimiliki oleh tubuh kita adalah ginjal. Fungsi utama ginjal adalah menyaring semua kotoran dan zat sisa metabolisme yang tidak dipakai oleh tubuh. Namun terkadang meski kita sudah melakukan yang terbaik, datangnya penyakit ginjal tidak bisa dihindari lagi. Ada berbagai macam penyakit yang mengancam kesehatan ginjal, salah satunya adalah ginjal bengkak.

ads

Ginjal bengkak atau hidronefrosis adalah kondisi dimana terjadi penumpukan urine pada ginjal, baik keduanya atau sebelah ginjal. Pembengkakan ginjal adalah tanda tanda ginjal rusak yang harus diwaspadai. Karena jika tidak segera ditangani dengan baik, maka ancaman ginjal rusak akan semakin nyata.

Akibat Ginjal Bengkak

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang memicu terjadinya ginjal bengkak sebelah yang wajib untuk Anda ketahui:

1. Infeksi Saluran Kemih

Penyakit infeksi saluran kemih terjadi ketika organ sistem kemih yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra mengalami infeksi. Infeksi yang terjadi biasanya disebabkan oleh bakteri E.coli yang masuk ke dalam tubuh melalui alat kemaluan. Infeksi saluran kemih bisa menyerang siapa saja, baik pria, wanita, bahkan anak anak sekalipun. Namun infeksi saluran kemih pada wanita lebih sering terjadi karena wanita memiliki saluran uretra yang pendek sehingga bakteri lebih mudah menyebar.

2. Infeksi Kandung Kemih

Sebagai bagian dari sistem kemih, infeksi kandung kemih juga menjadi hal yang sulit dihindari. Kandung kemih mengalami infeksi atau peradangan yang disebabkan oleh bakteri. Jika kondisi ini semakin parah, maka bakteri bisa naik ke ginjal dan bisa menjadi pemicu kanker kandung kemih. Agar tidak terjadi infeksi pada kandung kemih, jangan terlalu sering menahan kencing. Melancarkan pembuangan urine adalah cara mengosongkan kandung kemih yang tepat.

3. Prostat Membesar

Prostat akan membesar seiring dengan bertambahnya usia. Belum diketahui secara pasti apa penyebabnya, namun fenomena ini banyak ditemukan pada pria berusia 50 tahun ke atas. Prostat merupakan salah satu penyebab ginjal bermasalah yang paling utama, karena bisa memicu penyakit lain seperti ginjal bengkak sebelah. Kenali ciri ciri ginjal bermasalah sejak dini agar dapat dilakukan penanganan yang tepat dan segera periksakan diri ke dokter ahli.

4. Batu Ginjal

Inilah penyakit ginjal yang paling banyak menyerang masyarakat. Penyakit batu ginjal adalah sebuah kondisi dimana ditemukan sebuah material keras mirip batu di dalam ginjal. Penyebab batu ginjal salah satunya adalah karena seseorang suka mengonsumsi makanan atau minuman dengan yang memicu terbentuknya zat oksalat, material penyusun batu ginjal. Jenis minuman yang berbahaya jika dikonsumsi berlebihan adalah teh dan kopi.

5. Penyempitan Ureter

Penyempitan ureter adalah kondisi kesehatan yang terjadi karena berbagai macam penyebab. Ureter adalah saluran tempat keluarnya urine dari kandung kemih menuju tempat pembuangan. Sehingga menyempitnya ureter akan menghambat urine keluar dari tubuh. Kondisi ini bisa terjadi pada wanita hamil atau pada seseorang yang mempunyai kelainan bawaan sejak lahir. Penumpukan urine di ginjal membuat bakteri dan kotoran menumpuk serta berkembang di dalamnya. Inilah salah satu hal yang menyebabkan terjadinya gagal ginjal kronis.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Akibat Ginjal Bengkak

Selain menempuh cara medis, cara mengatasi ginjal bengkak juga dapat dilakukan dengan menggunakan tanaman obat herbal yang mudah didapatkan. Beberapa tanaman obat yang baik untuk mengatasi ginjal bengkak adalah:

  • Ramuan Daun Sirsak. Manfaat daun sirsak untuk ginjal bengkak sebelah sangat banyak. Daun ini bisa menghambat pertumbuhan bakteri, mencegah infeksi pada ginjal dan saluran kemih, serta mencegah kanker ginjal. Minum ramuan yang terbuat dari air rebusan daun sirsak secara rutin 2 kali sehari sebagai pengobatan. Cara membuat ramuan dari daun sirsak sangat mudah, rebus daun sirsak dan air secukupnya. Tunggu hingga mendidih dan air hanya tersisa sepertiga saja. Saring air rebusan tersebut dan tunggu hingga dingin.
  • Ramuan Daun Tempuyung. Daun yang satu ini termasuk tanaman obat untuk ginjal bengkak yang terkenal ampuh. Daun tempuyung mengandung banyak vitamin dan mineral alami yang mampu membantu menyembuhkan berbagai masalah dan penyakit yang menyerang ginjal. Rebus daun tempuyung bersama dengan air secukupnya, tunggu hingga mendidih dan air hanya tersisa sepertiganya saja. Minum ramuan ini secara rutin setiap pagi hingga ginjal bengkak sembuh.
    Sponsors Link

Pencegahan Akibat Ginjal Bengkak

Tidak ada seorang pun yang ingin menderita ginjal bengkak. Oleh karena itu sebelum hal tersebut terjadi, lakukan langkah langkah pencegahan seperti di bawah ini:

  • Olahraga Rutin. Olahraga adalah kunci penting dalam mencegah ginjal bengkak sebelah. Dengan berolahraga, sel sel tubuh yang rusak akan cepat diregenerasi oleh sel baru yang lebih sehat.
  • Tidak Menahan Kencing. Menahan kencing sama saja dengan menumpuk racun dan bakteri pada ginjal. Kebiasaan buruk ini harus segera dihentikan jika Anda tidak ingin terkena ginjal bermasalah.
  • Makan Makanan Bergizi. Konsumsi makanan yang menyehatkan bagi ginjal. Ada bermacam macam makanan seperti makanan pencuci ginjal yang bisa membantu meringankan kerja ginjal.

Itulah dia penjelasan mengenai ginjal bengkak sebelah yang patut diwaspadai siapa saja. Selalu ingat bahwa penyakit ginjal dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Penting untuk menjaga ginjal agar tetap sehat dan terhindar dari segala macam penyakit berbahaya.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :