Sponsors Link

Akibat Dehidrasi yang Berbahaya dan Cara Mencegahnya

Sponsors Link

Dehidrasi merupakan sebuah kondisi dimana tubuh kekurangan cairan. Padahal air atau cairan adalah kebutuhan wajib bagi tubuh. Jika seseorang kekurangan cairan, entah itu karena kehilangan cairan atau memang karena kebiasaan yang kurang banyak minum, maka secara tidak langsung metabolisme akan terganggu. Dan ini bisa menyebabkan beberapa akibat dehidrasi yang tidak baik bagi tubuh. Maka dari itu jika muncul Tanda Tanda Dehidrasi, segera atasi dengan baik. Jika tidak, akan muncul berbagai dampak.

ads

Dampak Dehidrasi

Berikut beberapa dampak dari dehidrasi pada tubuh yang sebaiknya diwaspadai.

  1. Mudah merasa lelah

Salah satu dampak dari dehidrasi pada tubuh adalah tubuh menjadi cepat lelah. Hal ini dikarenakan tubuh yang kekurangan cairan akan menyebabkan sel darah merah jumlahnya tidak lagi normal. Jika kondisi ini terus berlanjut, maka sirkulasi nutrisi dan oksigen dari darah tidak akan maksimal. Dan akibatnya, energi ata tenaga tidak akan bisa tercipta dengan maksimal juga. Tubuh akan menjadi lebih mudah lelah.

  1. Hipertensi

Selain tubuh lebih mudah merasa lelah, akibat dehidrasi lainnya adalah bisa memicu hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena cairan pada tubuh yang digunakan untuk mengencerkan darah, menjadi berkurang. Sehingga darah pun menjadi lebih kental dari darah normal. Dan kondisi ini dapat memicu tekanan darah tinggi. Padahal tekanan darah tinggi juga berbahaya bagi keberlangsungan metabolisme di organ tubuh lainnya, seperti Hubungan Gagal Ginjal dan Hipertensi dan juga jantung.

  1. Asma

Saat seseorang terserang dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh, asma juga bisa menjadi dampak yang terjadi. Dehidrasi akan membuat saluran pernafasan menyempit atau lebih sempit dari biasanya. Hal ini dikarenakan tubuh sedang menghemat pengeluaran cairan dari tubuh, yaitu dengan mempersempit saluran pengeluaran cairan, termasuk saluran pernafasan yang juga terdiri dari uap air. Maka dari itu, orang yang memiliki riwayat asma pasti akan selalu disarankan untuk tidak sampai kekurangan cairan.

  1. Rentan terkena penyakit kulit

Seseorang yang memiliki kebiasaan kurang minum akan lebih rentan untuk terkena penyakit kulit. Penyebabnya adalah kulit yang kehilangan kelembaban. Selain itu, dehidrasi juga akan menghambat pengeluaran cairan dari tubuh. Hal ini juga akan menghambat keluarnya keringat. Padahal keringat itu juga bertujuan untuk membuang racun. Jika keringat tidak keluar sebagaimana mestinya, maka racun yang seharusnya keluar bersama keringat juga tidak akan keluar. Racun bisa jadi mengendap di bawah kulit dan menjadikan seseorang rentan terkena penyakit kullit.

  1. Kolesterol meningkat

Air memang sangat kompleks peranannya dalam tubuh. Jika kebutuhan air tidak dipenuhi dan seseorang mengalami dehidrasi, maka kolesterol pun bisa meningkat sebagai akibat dehidrasi. Jika sudah demikian, maka akan berbahaya juga bagi organ tubuh lainnya.

Sponsors Link

  1. Gangguan ginjal dan saluran kemih lainnya

Salah satu organ yang berhubungan langsung dengan pasokan air dalam tubuh adalah ginjal dan saluran kemih. Seseorang yang dehidrasi tentunya akan meningkatkan Hubungan Dehidrasi dengan Ginjal. Dehidrasi akan menurunkan volume urine pada tubuh, dan hal ini jika berlangsung terus menerus juga tidak baik bagi ginjal. Bahkan dehidrasi juga merupakan salah satu penyebab gagal ginjal yang perlu dicegah.

Dehidrasi juga akan menyebabkan saluran kemih terganggu. Urine yang tidak bisa diproduksi secara normal, akan meningkatkan aktivitas bakteri pada kandung kemih, sehingga bisa meningkatkan risiko Penyakit Infeksi Saluran Kemih.

  1. Sembelit

Sembelit juga bisa menjadi salah satu akibat dehidrasi yang mungkin cukup banyak terjadi. Saat tubuh kekurangan cairan, maka tentunya proses pencernaan juga ikut terpengaruh. Feses di dalam tubuh akan kehilangan kelembaban dan menjadi lebih keras. Akibatnya, feses akan lebih sulit dikeluarkan dari tubuh. Selain itu usus besar yang kekurangan cairan juga bisa membuat gerakan otot menjadi lebih lambat, sehingga sembelit tidak bisa dihindarkan.

Sponsors Link

  1. Nyeri di persendian

Dehidrasi juga bisa menyebabkan nyeri di persendian. Hal ini disebabkan oleh massa otot yang tidak mendapat cairan yang cukup, sehingga sistem gerak juga akan menjadi lebih berat dari biasanya. Hal ini bisa menyebabkan rasa nyeri saat bergerak.

Cara Mengatasi

Itulah beberapa akibat dari dehidrasi yang parah. Untuk mengatasi dehdirasi atau mencegahnya, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

  • Biasakan diri untuk mengonsumsi cairan yang cukup setiap harinya, setidaknya 8 gelas per hari.
  • Kurangi konsumsi minuman yang mengandung soda, gula, atau kafein berlebihan.
  • Biasakan minum air putih.
  • Saat melakukan aktivitas fisik yang lebih berat dari biasanya, asupan cairan bisa ditambah.
  • Segera minum saat mulut mulai terasa kering.
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang sehat.
  • Hindari segala macam Penyebab Dehidrasi, seperti minuman beralkohol.
  • Kurangi makanan yang mengandung lemak berlebihan.

Demikianlah akibat dehidrasi dan cara mengatasinya yang perlu diketahui agar bisa melakukan pencegahan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,