Sponsors Link

Air Seni Berbusa : Penyebab dan Gejala yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Air seni atau urine merupakan salah satu hasil limbah manusia yang diproduksi di saluran kemih dan ginjal. Urine pada manusia ternyata juga bisa menunjukkan tanda-tanda kesehatan seseorang, karena di dalam air seni memang ada kandungan zat tertentu yang bisa menunjukkan Ciri Urine Sehat atau tidak. Salah satu permasalahan yang sering ditanyakan adalah saat air seni berbusa. Apakah hal ini normal, ataukah justru berbahaya bagi kesehatan? Berikut penjelasannya.

ads

Penyebab

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan urine berbusa. Ada yang relatif tidak berbahaya dan ada yang merupakan pertanda dari penyakit tertentu. Berikut penjelasannya.

  1. Mengeluarkan urine terlalu cepat

Kadang, mungkin kita merasa sangat ingin buang air kecil karena measa kandung kemih sudah sangat penuh. Dan saat buang air kecil, kecepatan keluarnya urine menjadi tidak terkontrol. Hal ini bisa menjadi penyebab urine menjadi berbusa. Namun busa pada kasus ini biasanya akan hilang dalam beberapa detik atau menit. Untuk mengatasinya, hindarilah kebiasaan menunda air kencing. Jika memang measa ingin buang air kencing, segera keluarkan.

  1. Efek dehidrasi

Saat mengalami dehidrasi, bukan hanya urine yang akan berubah warna menjadi Urine Berwarna Kuning pekat. Namun bisa juga menjadi berbusa. Kondisi dehidrasi yang menyebabkan air seni berbusa ini sendiri ada beberapa, di antaranya kondisi kehamilan, olahraga yang terlalu berat, atau kurang asupan air. Untuk mengatasinya, cukupi asupan cairan pada tubuh agar bisa mendapatkan urine yang kembali normal.

  1. Efek makanan

Urine yang berbusa menandakan bahwa protein di dalam urine terlalu banyak. Kondisi ini bisa juga disebabkan oleh kebiasaan seseorang yang suka makan makanan berprotein tinggi. Sehingga cara mengatasinya adalah dengan membatasi makanan protein tinggi.

  1. Faktor eksternal

Urine yang berbusa juga bisa disebabkan oleh faktor eksternal. Misalnya adanya zat pembersih lantai di kamar mandi, sehingga saat urine mengenainya, muncul busa yang menjadi hasil reaksi urine dengan sisa pembersih lantai tersebut.

  1. Penyakit tertentu

Penyebab air kecil berbusa berikutnya adalah karena efek dari penyakit tertentu. Kondisi inilah yang perlu diwaspadai, karena bisa menjadi gejala dari penyakit ginjal atau penyakit lain yang berhubungan dengan ginjal. Pada dasarnya, kondisi urine berbusa ini disebabkan oleh terlalu banyaknya kandungan protein pada urine. Berikut beberapa jenis penyakit yang menyebabkan gejala urine berbusa.

  • Infeksi saluran kemih

Infeksi Saluran Kemih pada Bayi , anak, maupun dewasa merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri di dalam saluran kemih. Penyakit ini juga menyebabkan gejala perubahan pada urine, salah satunya air seni berbusa. Kondisi ini juga bisa menyebabkan gejala demam dan rasa sakit di area perut bawah atau kemaluan, terutama saat buang air kecil.

Sponsors Link

  • Ginjal bocor

Penyakit ginjal bocor juga sering disebut sebagai sindrom nefrotik. Penyakit ini bisa disebabkan oleh perubahan sistem imun, peradangan, dan juga beberapa riwayat kesehatan dari pasien itu sendiri. Umumnya, gejala dari penyakit ini adalah penurunan berat badan, pusing, dan muncul pembengkakan atau edema.

  • Gagal ginjal

Penyakit ginjal yang satu ini memang seringkali menyebabkan gejala urine berbusa. Gagal ginjal kronis itu sendiri bisa disebabkan oleh riwayat kesehatan seseorang. Orang yang telah ditetapkan Diagnosa Gagal Ginjal Kronis biasanya adalah mereka yang menderita hipertensi atau diabetes. Keduanya memang akan berisiko tinggi mengalami gagal ginjal kronis ini, sehingga para penderita hipertensi dan diabetes perlu mencegahnya untuk meminimalisir risiko yang lebih parah di kemudian hari.

  • Fistula

Fistula merupakan kondisi yang tidak normal sehingga menyebabkan munculnya saluran yang tidak normal antara usus besar dengan kandung kemih. Kondisi ini akan menyebabkan busa pada air kencing. Selain itu biasanya muncul gejala lain berupa air kencing berbau tidak sedap.

Sponsors Link

Kapan Harus Dibawa ke Dokter?

Dari beberapa penyebab di atas, tentu telah diketahui bahwa air seni berbusa belum tentu selalu disebabkan oleh penyakit. Karena ada banyak sekali kemungkinan penyebabnya. Akan tetapi, segeralah berobat ke dokter jika muncul gejala-gejala sebagai berikut.

  • Muncul rasa sakit di tubuh, terutama di area perut, pinggang, area kemaluan
  • Merasa kelelahan
  • Hilang nafsu makan
  • Mual dan muntah
  • Insomnia
  • Urine berwarna gelap atau keruh
  • Urine Berwarna Merah
  • Volume urine meningkat atau menyusut
  • Urine berbau tidak sedap

Demikianlah beberapa penyebab dari air seni berbusa dan kondisi yang perlu diwaspadai. Perhatikan selalu gejala-gejala pada tubuh Anda agar bisa melakukan penanganan dengan bijak. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,