Sponsors Link

Air Seni Berbau : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Air seni atau urine merupakan cairan yang dikeluarkan tubuh karena memang merupakan limbah yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Warna Urine Sehat adalah kuning. Urine pada umumnya memang berbau pesing. Akan tetapi, ada beberapa keadaan yang menyebabkan air seni berbau menyengat dan berlebihan. Kondisi itu bisa merupakan kondisi yang wajar, namun bisa juga merupakan pertanda dari sebuah penyakit. Maka dari itu, berikut beberapa penjelasannya.

ads

Penyebab Urine Berbau

Seperti yang dijelaskan di atas, ada beberapa penyebab yang mengakibatkan urine berbau. Kondisi tersebut di antaranya sebagai berikut.

  1. Dehidrasi

Kekurangan carian atau dehidrasi merupakan gejala dimana tubuh tidak mendapatkan cairan yang cukup, sehingga menyebabkan urine berubah warna dan bau. Urine pada orang yang dehidrasi warnanya lebih pekat. Baunya pun akan lebih pekat karena memang kekurangan zat pelarut pada Proses Terbentuknya Urine. Kondisi ini tentunya bisa diatasi dengan mengonsumsi cairan yang cukup setiap harinya agar metabolisme tubuh tetap terjaga dan bisa berjalan dengan normal.

  1. Efek makanan tertentu

Beberapa makanan dan minuman memang memiliki bau yang menyengat. Dan sering kali ketika kita mengonsumsinya, urine pun akan menjadi berbau. Hal ini juga merupakan mekanisme tubuh yang terbilang wajar dan normal. Adapun beberapa makanan atau minuman yang seringkali menyebabkan bau pada urine antara lain sebagai berikut.

  • Kopi, yang akan menyebabkan urine berbau seperti kopi
  • Bawang merah atau bawang putih
  • Asparagus, karena mengandung enzim tertentu yang menyebabkan urine menjadi bau
  • Petai atau pete
  • Jengkol

Itulah beberapa jenis makanan atau minuman yang bisa menyebabkan air seni berbau. Namun pada dasarnya, bau itu tidak mengganggu Ciri Urine Sehat karena hanya merupakan efek makanan tertentu.

  1. Infeksi saluran kemih

Penyakit infeksi saluran kemih merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang berada di saluran kemih. Infeksi saluran kemiih ini bisa juga menyebabkan urine menjadi berbau, karena memang aktivitas bakteri pada saluran kemih bisa menyebabkan perubahan pada urine. Penyakit ini ditandai dengan rasa tidak nyaman, rasa sakit saat berkemih, demam, mual, muntah, dan beberapa gejala lainnya. Jika gejala ini terjadi pada Anda, segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

  1. Gangguan metabolik

Penyebab lain dari urine berbau adalah gangguan metabolik. Gangguan metabolik ini bisa terjadi karena proses pemecahan zat dan nurisi di tubuh tidak sempurna atau mengalami gangguan. Gangguan ini sering ditandai dengan penurunan berat badan, penurunan nafsu makan, pingsan, mual dan muntah.

Sponsors Link

  1. Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sering disebut sebagai kencing manis. Penyakit ini sendiri juga mempengaruhi produksi urine dalam tubuh dan bahkan juga ada Hubungan Diabetes Dengan Gagal Ginjal Kronik yang perlu diwaspadai. Biasanya memang penderita diabetes akan memiliki gejala urine yang berbau dan baunya berbeda dengan urine yang normal. Penyebabnya adalah kadar gula pada darah yang meningkat.

  1. Konsumsi obat atau suplemen

Beberapa jenis obat atau suplemen juga bisa menyebabkan urine menjadi berbau. Bau urine karena obat atau suplemen ini masih dikatakan wajar. Akan tetapi, tetap perhatikan dosis dari obat atau suplemen yang dikonsumsi. Jangan sampai terlalu berlebihan.

Sponsors Link

  1. Perubahan hormon

Perubahan hormon pada tubuh juga bisa menyebabkan air seni berbau. Misalnya pada wanita yang sedang dalam masa ovulasi. Wanita yang sedang masuk masa subur biasanya bau urine lebih menyengat dari biasanya. Demikian pula dengan wanita hamil. Perubahan hormon pada wanita hamil juga sering menyebabkan urine berbau dan mungkin juga Air Seni Berbusa, khususnya pada kehamilan awal atau trimester pertama.

  1. Kelainan genetik

Ada satu jenis kelainan genetik yang menyebabkan tubuh memproduksi bau secara berlebihan. Bau ini juga bisa dikeluarkan saat sedang kencing. Nama dari kelainan genetik ini adalah trimethylaminuria.

  1. Usus bocor ke kandung kemih

Ada juga satu penyakit yang bisa menyebabkan usus besar dan kandung kemih menjadi terhubung. Kondisi ini bisa menyebabkan urine berbau, karena bau dari usus masuk ke kandung kemih.

Cara Mengatasi

Berikut cara mengatasi urine berbau yang bisa dilakukan:

  • Kenali gejala Anda. Jika muncul gejala yang tidak wajar, segera periksakan ke dokter untuk pengobatan. Karena bisa jadi itu adalah gejala penyakit tertentu.
  • Jika disebabkan oleh dehidrasi, cukupi asupan cairan sehari-hari agar urine menjadi normal.
  • Hindari makanan dan minuman yang berpotensi menciptakan urine berbau, atau kurangi kadarnya.
  • Hentikan pemakaian obat atau suplemen jika memang tidak dibutuhkan lagi.

Demikianlah beberapa penyebab dari air seni berbau yang perlu diketahui. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,