Sponsors Link

Waspada Air Kencing Berbusa Sebagai Tanda Masalah Ginjal

Sponsors Link

Jika anda pernah memperhatikan urin atau air kencing yang keluar, mungkin terkadang beberapa orang akan melihat jika air kencing mereka berbusa. Mungkin banyak orang yang beranggapan jika hal ini sangat umum terjadi bahkan dialami oleh setiap orang. Namun sepertinya anda harus waspada sebab mungkin saja air kencing berbusa tersebut merupakan tanda dari penyakit serius seperti salah satunya gangguan ginjal.

ads

Air Kencing Berbusa Normal atau Tidak?

Ada banyak hal yang bisa membuat seseorang mengeluarkan air kencing berbusa dan beberapa penyebab paling umum yang biasanya terjadi diantaranya adalah:

  • Kandung kemih cepat penuh sehingga harus mengeluarkan air kencing secara cepat dan akhirnya menghasilkan busa namun bisa tersebut akan hilang hanya dalam beberapa menit saja.
  • Air kencing terkonsentrasi yang biasanya terjadi ketika tubuh kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi ringan seperti saat hamil atau berolahraga. Minum banyak air bisa dengan mudah mengatasi masalah kencing berbusa yang disebabkan karena masalah tersebut.

Apa Bahaya Kencing Berbusa

Sebenarnya, air seni berbusa merupakan hal normal yang dialami setiap orang asalkan tidak terjadi terlalu sering. Akan tetapi jika air kencing secara terus menerus berbusa, maka ini bisa menjadi pertanda jika ada masalah yang terjadi dalam tubuh anda.

  1. Proteinuria

Dalam air kencing bisa menjadi tanda jika ada protein dalam urin atau air kencing yang disebut dengan proteinuria. Protein dalam urin akan bereaksi dengan udara sehingga akhirnya membentuk bisa. Ini bukanlah hal yang wajar sebab dalam ginjal seharusnya sudah bisa menyaring protein dalam urin sebelum nantinya dikeluarkan dari dalam tubuh sehingga urin normal seharusnya tidak mengandung protein dan protein berada tetap di aliran darah.

Urine mengandung protein atau proteinuria ini juga bisa menjadi tanda dari masalah ginjal serius seperti diabetes, penyakit ginjal kronis, tekanan darah tinggi yang bahkan bisa menyebabkan ginjal rusak. Proteinuria ini juga bisa disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan mengandung protein atau suplemen protein sehingga proteinuria bisa terjadi.

  1. Ejakulasi Retrograde

Air kencing berbusa juga bisa terjadi karena ejakulasi retrograde pada pria meski memang jarang terjadi. Ejakulasi retrograde merupakan kondisi air mani pria yang dikeluarkan dari kandung kemih dan bukan dari penis. Hal ini bisa terjadi karena otot sfingter kandung kemih mengalami gangguan yang membuat air mani terdorong masuk ke kandung kemih. Ketika air kencing bercampur dengan air mani itu keluar, maka akan menyebabkan busa. Ejakulasi retrograde juga bisa terjadi karena mengkonsumsi obat tekanan darah tinggi, perbedaan urine normal dan diabetes, kerusakan saraf karena cedera tulang belakang dan karena operasi uretra atau prostat. 

Sponsors Link

  1. Penggunaan Obat Tertentu

Air kencing yang berbusa juga bisa terjadi ketika mengkonsumsi beberapa jenis obat tertentu seperti obat phenazopyridine yang umumnya digunakan sebagai obat penyakit infeksi saluran kemih atau ISK. Ketika seseorang mengalami ISK, maka air kencing berbusa bisa terjadi bersamaan dengan beberapa gejala lain seperti sensasi seperti terbakar ketika buang akr kecil, buang air kencing yang lebih sering dan terkadang air kencing disertai dengan darah.

Gejala Serius Kencing Berbusa

Air kencing yang berbusa meskipun normal terjadi, namun juga bisa menjadi gejala dari penyakit serius apabila diikuti dengan beberapa gejala tambahan lain, seperti: 

Sponsors Link

  • Menurunnya nafsu makan
  • Kelelahan
  • Mual dan muntah
  • Berubahnya jumlah urin yang keluar
  • Sulit untuk tidur
  • Air kencing berwarna keruh, gelap dan terkadang bercampur dengan darah sehingga urine berwarna merah
  • Pembengkakan di wajah, tangan, kaki dan perut yang terjadi karena menumpuknya cairan pada ginjal.

Apabila beberapa gejala diatas selain air kencing berbusa selalu terjadi setiap kali buang air kecil, maka segera periksakan diri anda ke dokter untuk memeriksa kemungkinan adanya protein dalam air kencing yang menjadi penyebab terbesar dari air kencing berbusa.

Sponsors Link
>
, , , ,