Sponsors Link

Kenapa Bisa Air Kencing Berbau Kopi?

Sponsors Link

Bau urin mencerminkan dari kesehatan tubuh seseorang. Biasanya, berubahnya bau pada urine terjadi karena perubahan pola makan yang dilakukan baru baru ini. Lalu, bagaimana dengan air kencing berbau kopi?. Apakah memang air kencing yang berbau kopi tersebut disebabkan karena terlalu banyak minum kopi atau karena ada kondisi medis tertentu yang bisa menyebabkan urine berbau kopi?, berikut penjelasan selengkapnya untuk anda.

ads

Proses Produksi Urin

Urin atau air kencing diproduksi oleh organ ginjal dari berbagai zat sisa yang sudah tidak lagi dipakai oleh tubuh dan harus segera dikeluarkan agar tidak menjadi racun. Berbagai zat tersebut kemudian akan menjadi penentu faktor perbedaan warna urine serta bau pada urin anda. Beberapa zat tersebut bisa berasal dari banyak hal seperti:

  • Sisa dari hasil pencernaan makanan dan minuman.
  • Racun atau alergen yang terhirup masuk ke dalam tubuh.
  • Hormon atau beberapa bahan kimia lain di dalam tubuh.
  • Residu obat obatan yang dikonsumsi.

Urin sebenarnya sebagian besar terbuat dari air sehingga warna urin yang normal dan sehat memiliki warna kuning pucat dan tidak berbau menyengat.

Penyebab Kencing Berbau Kopi

Air kencing berbau kopi bisa serta urine berwarna kuning disebabkan karena banyak hal dan memang penyebab paling utama adalah karena terlalu banyak minum kopi dan bahkan lebih banyak dari empat cangkir sehari. Dalam kopi mengandung lebih dari seribu senyawa kimia berbeda yang bisa berpengaruh pada bau, rasa dan juga penampilan. Antioksidan yang terkandung di dalam kopi juga memiliki peran besar dalam menimbulkan aroma kopi.

Selain itu, kopi juga memiliki sifat diuretik yang bisa membuat seseorang bolak balik untuk sering buang air kecil di malam hari yang pada akhirnya bisa menyebabkan dehidrasi. Salah satu tanda dari dehidrasi tersebut adalah urine yang berubah warna menjadi kuning pekat dan bau yang sangat pesing. Untuk beberapa orang, dehidrasi juga bisa menyebabkan air kencing berbau kopi meski tidak minum kopi. Semakin banyak seseorang minum kopi dalam satu hari, maka urin juga akan semakin keruh dan berbau kopi.

Tanda Terlalu Banyak Minum Kopi

Selain bisa terdeteksi lewat bau urin, seseorang yang terlalu banyak minum kopi juga bisa dirasakan dari beberapa tanda dan gejala dalam proses terbentuknya urine, seperti:

  • Insomnia yang kronis.
  • Terasa mual dan ingin muntah.
  • Sakit kepala.
  • Kesulitan ketika bernafas.
  • Halusinasi.
  • Kejang jeang.
  • Detak jantung tidak beraturan.

Penanganan Kencing Berbau Kopi

Untuk mengatasi air kencing berbau kopi, maka cara terbaik yang bisa dilakukan tentunya dengan menghentikan minum kopi sesegera mungkin dan ganti dengan memperbanyak minum air putih. Cara ini juga sekaligus solusi paling tepat untuk mencegah dehidrasi yang terjadi karena terlalu banyak minum kopi dan mengembalikan warna urine sehat.

Idealnya, batas maksimal untuk minum kopi dalam satu hari adalah sebanyak dua hingga tiga cangkir. Sedangkan untuk mendapat suplai energi lebih yang sama seperti kopi bisa anda dapatkan juga dari beberapa jenis teh seperti teh hitam atau teh hijau. Kedua jenis teh ini sama sama mengandung kafein akan tetapi untuk dosisnya terbilang lebih kecil jika dibandingkan dengan minum kopi.

Ada beberapa bau urin yang harus anda waspadai dan air kencing berbau kopi biasanya tidak akan menyebabkan sesuatu yang berbahaya bagi tubuh. Namun, untuk beberapa tanda dari urin yang harus anda waspadai diantaranya adalah:  

Sponsors Link

  • Urin berwarna merah atau merah muda.
  • Bau urin tercium busuk meski tidak sedang mengkonsumsi beberapa jenis obat obatan atau baru saja mengkonsumsi makanan yang baru.
  • Terasa nyeri di area punggung.
  • Sakit di area perut.
  • Demam disertai juga dengan keringat dingin.
  • Meningkatnya nafsu makan dan sering merasa haus.

Meski minum kopi dalam jumlah yang wajar tidak berbahaya dan bahkan bisa bermanfaat untuk tubuh, namun jika dikonsumsi terlalu berlebihan tidak hanya bisa menyebabkan air kencing berbau kopi namun juga bisa berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu, sebaiknya minum kopi tidak melebihi batas untuk menghindari beberapa efek samping tersebut.

Sponsors Link
>
, , , , ,